Kamis, Desember 1, 2022
BerandaBerita Ciamis162 Lansia di Cihaurbeuti Ciamis Dapat Program Permakanan dari Kemensos

162 Lansia di Cihaurbeuti Ciamis Dapat Program Permakanan dari Kemensos

harapanrakyat.com,- Pemerintah Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, membagikan program permakanan (bantuan makanan) kepada 162 lansia dari 11 desa. Kegiatan ini merupakan program langsung dari Kementerian Sosial (Kemensos). 

Camat Cihaurbeuti, Edy Yulianto mengatakan, program tersebut sudah berjalan selama 4 hari.

“Adapun pelaksanaan program ini oleh Pokmas atau Kelompok Masyarakat di Kecamatan Cihaurbeuti. Begitu juga terkait masakan dan lainnya itu dari Pokmas,” katanya kepada harapanrakyat.com, Selasa (15/11/2022).

Baca Juga: Peringatan HLUN, Mensos RI: Lansia Tunggal Terbanyak Ada di Tasikmalaya

Lanjutnya  menambahkan, bahwa untuk pembagian program permakanan ini, dilakukan dua kali dalam satu hari, yakni pagi dan sore hari setiap harinya. Sementara untuk makanannya, juga harus memenuhi unsur 4 sehat 5 sempurna. 

“Jadi makanan-makanannya juga yang bergizi harus 4 sehat 5 sempurna. Seperti ada buah-buahan, sayuran dan juga daging,” tuturnya.

Baca Juga: Pangandaran Dapat Hibah Truk Serbaguna dari Kementerian Sosial

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan dan Rehabilitas Sosial pada Dinas Sosial Ciamis, Siti Fatonah menjelaskan, program permakanan untuk lansia ini merupakan program dari Kemensos. 

“Pelaksanaan program ini untuk satu bulan. Selain itu, kegiatan ini juga dilaksanakan di 27 kecamatan di Kabupaten Ciamis,” jelasnya.

Siti menambahkan, Kementerian Sosial yang memiliki langsung data penerima program tersebut, termasuk anggaran juga langsung dari pusat. Jadi menurutnya, Kabupaten Ciamis ini hanya penerima dan monitoring saja. 

“Untuk yang membagikannya juga dari Pokmas setiap Kecamatan. Kegiatan program permakanan ini hanya untuk bulan November saja, jadi satu bulan,” pungkasnya. (Ferry/R5/HR-Online/Editor-Adi)