Minggu, November 27, 2022
BerandaBerita TerbaruAC Mobil Panas Tiba-Tiba? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

AC Mobil Panas Tiba-Tiba? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

AC mobil panas merupakan masalah yang sering terjadi. Biasanya AC yang panas pada mobil itu bisa terjadi karena beberapa hal. Anda hanya perlu mengetahui penyebab rusaknya AC mobil tersebut agar bisa membenarkannya kembali seperti semula.

Karena pada dasarnya AC mobil memang harus memberikan suhu yang sejuk. Dengan suhu tersebut, maka para penumpang di dalam mobil juga akan merasa nyaman.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab AC menjadi panas. Yuk simak di sini penyebabnya.

Baca Juga: AC Mobil Tidak Dingin, Ternyata Bisa Disebabkan Hal Sepele Ini!

Kenali Penyebab AC Mobil Panas

Salah satu komponen yang penting pada mobil adalah AC. Komponen ini berkaitan dengan kenyamanan para penumpang dan juga pengemudinya.

Karena keberadaan AC, maka penumpang di dalam mobil tidak akan merasa kepanasan atau kegerahan di tengah kemacetan yang melanda.

Apalagi Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki sinar Matahari terik. Jika tanpa AC, maka sudah pasti di dalam mobil akan terasa sangat panas dan menyiksa.

Seperti komponen mobil yang lainnya, AC juga bisa mengalami masalah, salah satunya adalah tidak dingin. AC mobil panas dapat terasa ketika Anda menyalakannya.

Alih-alih dingin, justru Anda akan merasakan kabin yang panas karena AC mobil tidak berfungsi. Pastinya ada beberapa faktor yang menyebabkan hal ini terjadi, yaitu:

1. Kipas Pendingin Mati

Penyebab pertama adalah kipas pendingin yang mati. Selain untuk mendinginkan mesin, kipas pendingin juga berfungsi sebagai pendingin kondensor AC.

Kipas pendingin bermasalah tentunya dapat berpengaruh pada kinerja AC. Jika kipas pendingin rusak, maka indikator overheat pada dashboard juga akan menyala.

2. Freon Habis

AC menggunakan freon sebagai bahan untuk memindahkan panas udara dari dalam kabin. Ketika AC menghembuskan suhu dingin, maka diperoleh dari freon.

Jika freon habis, maka tentu saja AC akan terasa panas. Jadi, Anda harus lebih sering mengisi atau mengganti freon AC mobil.

Baca Juga: Perawatan Filter AC Mobil Agar Fungsinya Tetap Optimal

3. Kopling Kompresor Mati

Penyebab AC mobil panas yang selanjutnya adalah karena kopling kompresor yang mati. Fungsi dari komponen ini layaknya kopling pada transmisi, yaitu memutus dan menghubungkan putaran.

Ketika freon dalam tekanan maksimal, komponen akan terhenti secara otomatis. Jika kopling magnet ternyata tidak bekerja, kompresor AC maka tidak akan terhubung pulley.

4. Magnetic Clutch

Terakhir yang menjadi penyebab AC mobil menjadi panas adalah karena magnetic clutch. Kemudian jika komponen yang satu ini bermasalah, maka AC dalam kabin akan terasa panas.

Ketika magnetic clutch lemah dan terkena hawa panas dari mesin, maka AC akan mati saat itu juga.

Apa yang Harus Dilakukan Jika AC Mobil Tidak Dingin?

Jika melihat dari informasi di atas, maka ternyata ada beberapa faktor yang menyebabkan AC mobil terasa tidak dingin. Namun, Anda tidak perlu panik dulu.

AC yang panas pastinya masih dapat Anda atasi. Berikut ini beberapa cara untuk menghadapi AC mobil panas

  • Selalu menjaga kebersihan kabin mobil agar tidak menumpuk debu.
  • Menutup jendela selama berkendara.
  • Hindari menyalakan AC langsung. Nyalakan AC ketika mesin mobil kinerjanya sudah cukup stabil.
  • Membersihkan kondensor ketika mencuci mobil.
  • Ketika parkir, usahakan memilih tempat yang teduh agar tidak langsung terkena panas Matahari.
  • Memasang filter kabin untuk menyaring kotoran yang masuk.
  • Memeriksa kipas kondensor secara rutin.

Baca Juga: Ciri Freon AC Mobil Bocor Penting Diketahui, Simak Ulasan Ini!

Bagaimana Cara Mengisi Freon AC Mobil?

Selain cara di atas, Anda juga bisa mengatasi AC mobil panas dengan mengisi freonnya. Hal ini bisa Anda lakukan jika yang menjadi penyebabnya adalah freon AC habis. Berikut ini cara mengisi freon AC:

  1. Bersihkan dulu freon lama dan bersihkan AC sekali lagi.
  2. Setelah itu, lumasi sistem AC agar mesin bagian tersebut tetap terjaga dengan pelumas khusus freon sebanyak 5-10 cc.
  3. Apabila sudah, maka Anda hanya perlu mengisi freon baru. Ketika mengisi freon, maka pastikan bahwa AC mobil harus dalam keadaan mati.

Jika memang takut dan ragu, sebaiknya Anda pergi ke bengkel mobil. Nantinya Anda akan terima jadi tanpa harus repot melakukan bongkar pasang AC.

Pastikan Anda mengetahui terlebih dahulu penyebab dari AC mobil panas untuk dapat mengatasinya. Jika sudah, maka semua akan jadi lebih mudah. (R10/HR-Online)

Diskominfo Kota Banjar