Minggu, November 27, 2022
BerandaBerita TerbaruAC Mobil Tidak Dingin, Ternyata Bisa Disebabkan Hal Sepele Ini!

AC Mobil Tidak Dingin, Ternyata Bisa Disebabkan Hal Sepele Ini!

AC mobil tidak dingin bisa terjadi kapan saja. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab AC mobil menjadi tidak dingin. Bahkan, terkadang faktor penyebab AC mobil tersebut bermasalah hanyalah hal sepele.

Sepertinya hampir semua mobil penumpang saat ini memiliki AC atau pendingin udara. Keberadaan AC ini tentunya untuk menambah kenyamanan para pengguna.

AC mobil akan sangat berguna untuk sebagian besar orang, terutama jika tinggal di daerah yang panas. Dengan adanya AC, maka Anda tidak akan merasa kepanasan saat berkendara.

Baca Juga: Perawatan Filter AC Mobil Agar Fungsinya Tetap Optimal

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Kendaraan roda empat modern saat ini semakin nyaman karena adanya fitur AC atau pendingin. Udara dingin yang AC hasilkan mampu membantu pengguna mobil lebih nyaman saat terjebak macet di tengah udara panas.

Namun, terkadang AC mobil bisa bermasalah. Satu masalah yang paling umum terjadi adalah suhunya yang tidak dingin.

Ketika hal ini terjadi, maka sudah pasti ada masalah pada AC mobil tersebut. Karena, AC mobil harus mampu memberikan udara sejuk untuk para penggunanya.

Jika Anda merasa AC mobil tiba-tiba tidak dingin atau justru panas, maka tidak dapat langsung disimpulkan penyebabnya. Ada beberapa alasan kenapa AC mobil tidak dingin, yaitu sebagai berikut:

1. Fanbelt atau Drivebelt Putus

Di dalam AC mobil ada komponen fanbelt yang berfungsi untuk menyalurkan putaran mesin pada kompresor. Sehingga, jika fanbelt putus maka kompresornya tidak akan bisa berputar.

Alhasil itu akan mempengaruhi freon yang tidak bisa bersirkulasi dan menyebabkan kabin mobil pun juga akan terasa panas.

2. Freon Habis atau Kurang

Selanjutnya, penyebab dari AC yang tidak dingin bisa jadi karena freon yang habis atau kurang. Ini menjadi penyebab paling umum. Kebocoran ini bisa terjadi pada sambungan pipa, relief valve pada kompresor, dan saft.

3. Evaporator Kotor

Debu menjadi musuh terbesar evaporator AC karena dapat membuat komponen di dalamnya menjadi kotor. Jika kotor, maka AC mobil tidak bisa dingin dan menyebabkan sirkulasi udara tidak lancar.

Apalagi jika debu tidak bisa tersaring oleh filter, maka sudah pasti akan berakibat lebih parah. Jadi, bersihkan AC secara berkala.

Baca Juga: Cara Mengatur Temperatur AC Mobil dengan Langkah Tepat Berikut

4. Kondensor Kotor

Saat AC mobil tidak dingin, bisa jadi itu karena kondensor kotor atau berkarat. Kondisi tersebut tentu saja akan membuat kondensor tidak bisa berfungsi sempurna.

5. Motor Extra Fan Mati atau Lemah

AC tidak dingin juga bisa karena extra fan di dalamnya mati atau lemah. Jika komponen ini lemah, maka proses kondensasi dalam kondensor juga tidak bisa berjalan sempurna.

Bagaimana Cara Membuat AC Dingin Kembali?

Ketika AC mobil sudah tidak berfungsi, Anda harus segera mengatasinya. Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengembalikan kondisi AC mobil seperti semua.

Jika AC mobil tidak bekerja, maka Anda bisa membongkarnya terlebih dahulu. Pembongkaran ini bertujuan untuk mengetahui komponen apa yang rusak.

Jangan lakukan hal ini sendiri karena sangat rentan. Anda bisa membawa ke bengkel mobil karena pastinya sudah sangat profesional.

Karena jika tidak ditangani oleh tenaga profesional, bisa jadi kondisi AC mobil tidak dingin semakin parah dan justru merusak komponen lainnya.

Baca Juga: Cara Membersihkan AC Mobil, Bisa Anda Lakukan di Rumah

Bagaimana Cara Merawat AC Mobil Agar Awet?

AC mobil yang rusak memang bisa Anda atasi dengan service. Hanya saja, Anda sebenarnya bisa mencegah kerusakan AC mobil tersebut dengan melakukan perawatan berkala.

Karena sebenarnya AC mobil tidak akan rusak apabila Anda rawat dengan benar dan secara rutin. Untuk itu, Anda sebaiknya rutin membawa mobil ke tempat service.

Selalu jaga kondisi bagian interior, eksterior, hingga komponen yang ada di dalamnya. Dengan begitu, maka risiko kerusakan AC mobil juga akan semakin berkurang.

Rekomendasi waktu yang tepat untuk melakukan pengecekan AC mobil adalah dalam jangka 3 hingga 5 bulan sekali. Jika Anda kurang paham, maka sebaiknya lakukan pengecekan di tempat service mobil.

Jangan anggap remeh AC mobil tidak dingin karena bisa sangat mengganggu kenyamanan berkendara. Anda juga bisa mencegah kerusakan itu dengan selalu merawatnya secara berkala. (R10/HR-Online)

Diskominfo Kota Banjar