Sabtu, November 26, 2022
BerandaBerita BanjarAjang Porprov ke XIV di Kota Banjar Dongkrak Ekonomi Masyarakat

Ajang Porprov ke XIV di Kota Banjar Dongkrak Ekonomi Masyarakat

harapanrakyat.com,- Ajang Porprov ke XIV yang berlangsung di arena Gelora Banjar Patroman (GBP) Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat, tak hanya menjadi ajang pertandingan untuk mengukir prestasi para atlet. Tapi juga mendongkrak ekonomi masyarakat.

Panitia Pelaksana Daerah Kota Banjar, Yoyo Suharyono mengatakan, sebagai tuan rumah untuk dua pertandingan cabang olahraga, hal itu cukup berdampak positif untuk menghidupkan geliat ekonomi masyarakat.

Terutama bagi pelaku usaha tempat penginapan seperti hotel maupun homestay. Hampir semuanya untuk penginapan terisi penuh oleh para atlet yang datang dari berbagai daerah.

Terlebih lagi, gelaran Porprov Jabar ke XIV berlangsung selama dua pekan. Mulai dari pelaksanaan pertandingan cabor sepakbola putri sampai cabor grasstrack dari tanggal 15-17 November ini.

“Dengan adanya Porprov ini tentunya cukup berdampak positif untuk peningkatan ekonomi. Terutama tempat penginapan hotel dan homestay, semuanya terisi penuh,” terang Yoyo, Kamis (17/11/2022).

Lanjutnya menyebutkan, selain sektor penginapan atau homestay, omset jualan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang setiap akhir pekan biasa berjualan di kawasan kuliner Gelora Banjar Patroman (GBP) juga meningkat.

Karena selama gelaran Porprov berlangsung, banyak atlet dari kontingen luar daerah, seperti cabor sepakbola yang setiap kontingen hampir kebanyakan membawa 22 atlet.

Baca Juga: Cabor Grasstrack Kota Banjar Sumbang 2 Perak di Ajang Porprov XIV Jabar

Ajang Porprov ke XIV Dongkrak Penjualan Produk UMKM

Selain itu, pada saat pertandingan cabang olahraga grasstrack, anak-anak sekolah juga diliburkan untuk memberikan dukungan. Sehingga suasana di kawasan GBP jadi meriah.

“Ajang Porprov ke XIV di Kota Banjar juga mampu mendongkrak penjualan produk UMKM. Yang mana setiap akhir pekan mereka biasa berjualan di GBP,” kata Yoyo.

Sementara itu, pedagang yang berjualan merchandise dan perlengkapan olahraga balap motor, May, mengatakan, sudah sejak dua hari yang lalu membuka lapak jualan di kawasan GBP Langensari.

Ia mengaku, sejak buka dua hari yang lalu memang banyak pembeli berbagai perlengkapan olahraga balap motor. Seperti jersey dan sepatu, serta payung untuk penonton.

“Lumayan sih, banyak yang beli. Banyak pembeli yang nyari jersey untuk anak-anak. Tapi memang untuk pengunjung masih lebih ramai kalau event balap motor hari libur. Kalau ini kan hari-hari kerja,” kata May yang mengaku selalu berjualan dalam berbagai event balap motor. (Muhlisin/R3/HR-Online/Editor-Eva)

Diskominfo Kota Banjar