Kamis, Desember 1, 2022
BerandaBerita CiamisAkibat Hujan Angin, Puluhan Rumah di Purwadadi Ciamis Rusak

Akibat Hujan Angin, Puluhan Rumah di Purwadadi Ciamis Rusak

harapanrakyat.com,- Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi pada Selasa (15/11/2022) sore, membuat puluhan rumah di Kecamatan Purwadadi dan Lakbok Kabupaten Ciamis, Jabar, mengalami kerusakan.

Anggota Tagana Kabupaten Ciamis, Edi Sudrajat mengatakan, akibat dari hujan angin tersebut, sekitar 43 rumah warga di Dusun Pasungsari, Desa Sidarahayu Kecamatan Purwadadi, alami kerusakan.

“Dari data sementara yang kami catat itu, sudah ada 43 rumah yang mengalami kerusakan di bagian atap akibat disapu oleh angin kencang, sementara untuk korban jiwa hingga saat ini masih belum ada laporan,” ujar Edi.

Baca juga: Diduga Lapuk Termakan Usia, Rumah Warga Linggasari Ciamis Ambruk

Selain merusak bagian atap rumah, lanjut Edi, hujan angin juga merobohkan dua bangunan warung UMKM milik warga, belum ditambah banyaknya pohon besar yang bertumbangan.

“Dari hasil asesmen kami bersama muspika kecamatan Purwadadi, total kerugian seluruhnya mencapai sekitar lima puluh jutaan,” terangnya.

Sementara itu, akibat hujan dan angin kencang yang terjadi di wilayah Lakbok, sebuah rumah warga di Desa Kalapasawit rusak akibat tertimpa pohon kelapa yang tumbang.

Anggota Tagana Kabupaten Ciamis, Mumu Wahyudin mengatakan, pohon tumbang tersebut menimpa rumah milik Tuwito (38) di Dusun Kalapasawit.

“Rumah korban mengalami kerusakan di bagian atapnya, kejadian tadi pukul 14.00 WIB,” katanya.

Akibat kejadian ini, kata Mumu, korban mengalami kerugian material hingga mencapai lebih dari lima juta rupiah.

“Kami bersama perangkat desa dan di bantu oleh warga tadi telah melakukan evakuasi pohon kelapa yang menimpa rumah korban,” pungkasnya. (Suherman/R8/HR Online/Editor Jujang)