Kamis, Desember 1, 2022
BerandaBerita TerbaruAlat Pernapasan Ular, Sistem, dan Fakta Uniknya, Simak di Sini!

Alat Pernapasan Ular, Sistem, dan Fakta Uniknya, Simak di Sini!

Alat pernapasan ular seringkali menjadi pertanyaan bagi sebagian orang. Tak sedikit yang belum tahu sehingga penasaran sebenarnya apa alat pernapasan yang digunakan ular untuk respirasi. Apabila Anda juga belum mengetahuinya, alangkah baiknya simak pembahasan berikut ini.

Baca Juga: Sistem Penglihatan Gurita, Otaknya Tersusun dari 26.000 Sel

Mengenal Alat Pernapasan Ular

Sebagaimana yang kita tahu bahwa ular merupakan salah satu hewan reptil melata. Sama dengan manusia, ular juga memiliki paru-paru. Hal yang membedakannya, ular hanya menggunakan satu paru-paru saja untuk pernapasan, pada manusia terdapat dua paru-paru.

Masih berbicara seputar alat pernapasan ular, sistem pernapasan tersebut berbeda dengan ular laut. Jika ular biasanya salah satu paru-parunya tidak berfungsi, maka ular laut menggunakan satu paru-parunya sebagai organ vestigial.

Paru-parunya ini terisi dengan udara supaya tetap bisa mengambang di atas air.

Sistem Pernapasan Ular

Setelah mengetahui alat pernapasan ular, ada baiknya juga memahami bagaimana sistem pernapasannya.

Dari ulasan di atas telah terungkap bahwa paru-paru menjadi alat pernapasan, namun tahukah Anda bahwa nyatanya terdapat alat pernapasan lain yang menunjang respirasinya. Lantas apa saja sistem pernapasan ular tersebut?

Lubang Hidung

Dengan paru-paru sebagai alat pernapasan utama, ular juga menggunakan lubang hidung untuk bernapas. Alat pernapasan terluar ini berfungsi sebagai keluar masuknya udara dari tubuh.

Glotis

Lubang kecil di belakang lidah ini berupa celah vertikal yang bisa tertutup dan terbuka ketika melakukan pernapasan. Alat pernapasan ini mempengaruhi suara ular yang berdesis.

Hal ini karena ada tulang rawan di dalamnya yang akan bergetar apabila ular sengaja mengeluarkan udara dari paru-paru namun bukan bernapas.

Trakea

Saluran pernapasan lainnya yaitu udara melewati trakea atau tenggorokan. Ular memiliki trakea memanjang dengan cincin tulang rawan di sekitarnya.

Baca Juga: Fakta Menarik Tentang Kelinci, Punya Penglihatan Luar Biasa?

Bronkus

Sebelum sampai ke paru-paru, udara akan melewati bronkus terlebih dahulu. Di sistem pernapasan ular terdapat dua bronkus utama.

Fakta Unik Cara Ular Bernapas

Dalam cara ular bernapas, terdapat berbagai fakta unik yang menarik untuk diketahui. Berikut beberapa diantaranya.

Tidak Memiliki Diafragma

Perlu untuk Anda ketahui bahwa ular tidak memiliki diafragma. Dengan alasan tersebut, maka ular mengandalkan otot tubuh dan tulang rusuk sebagai jalan oksigen. Dalam artian, oksigen yang ular hirup akan langsung masuk ke alat pernapasan ular.

Lidah Sebagai Organ Penciuman

Sudah bukan rahasia lagi bahwa lidah selama ini dikenal sebagai indra perasa. Kemudian untuk hidung, berperan penting sebagai organ penciuman. Namun berbeda dengan ular.

Ular memiliki lidah yang berfungsi sebagai organ penciuman, akan tetapi bukan berarti ular tidak memiliki hidung. Nyatanya ular mempunyai dua lubang hidung untuk bernapas.

Apabila mengamati ular, seringkali terlihat kebiasaan mengeluarkan lidah yang bercabang. Hal ini sebenarnya bukan tanpa alasan. Ketika mengeluarkan lidah, ular tengah mencoba menangkap partikel aroma yang ada di udara.

Kemudian ketika lidahnya dimasukkan kembali, berarti partikelnya sudah diterima sehingga ular dapat menciumnya dengan lebih baik. Dari penjelasan tersebut, bisa kita bilang bahwa ular mampu mencium aroma melalui lidahnya.

Berkaitan dengan fakta unik alat pernapasan ular, reptil ini tak hanya bisa bernapas melalui hidung saja, melainkan juga mulut. Kebiasaan ini menyerupai manusia. Hanya saja, untuk ular memanfaatkan glotis.

Baca Juga: Hewan Paling Bau di Dunia yang Harus Dihindari Saat Bertemu!

Mempunyai Kantong Udara

Faktor lainnya seputar cara ular bernapas yaitu mempunyai kantong udara. Kantong udara ini berperan penting sebagai organ penerus proses hidrostatik. Proses ini akan mengatur banyaknya tekanan udara yang ada di dalam tubuh ular.

Perlu untuk Anda ketahui bahwa adanya kantong udara membuktikan bahwa alat pernapasannya memang baik. Bahkan apabila ular memangsa binatang lain yang berukuran besar sekalipun, masih tetap bisa bernapas dengan baik.

Hal ini karena ular bisa menggunakan sistem pernapasan yang lainnya. Kebiasaan ini tak hanya membuktikan baiknya sistem pernapasan ular, melainkan juga sistem reproduksinya.

Setelah menyimak review di atas, kini Anda sudah tahu apa alat pernapasan ular. Bukan hanya itu saja, Anda juga lebih mengenal sistem pernapasan ular lengkap dengan fakta unik saat ular bernapas. Tak bisa kita pungkiri bahwa cara ular bernapas terbilang cukup unik dan menarik dipelajari. (R10/HR-Online)