Minggu, Februari 5, 2023
BerandaTeknologiAplikasiAplikasi Cuti Online, Bermanfaat Bagi Karyawan dan Perusahaan

Aplikasi Cuti Online, Bermanfaat Bagi Karyawan dan Perusahaan

Aplikasi cuti online membantu karyawan WFH untuk mengelolanya. Aplikasi cuti para karyawan bisa dilakukan via online. Sehingga dapat membantu menghitung berapa lama jumlah cuti karyawan dengan semua komponen gaji secara otomatis. 

Seperti yang sudah banyak diketahui jika selama pandemi Covid-19 banyak kegiatan yang dibatasi. Termasuk aktivitas kerja yang dilakukan dari rumah.

Dari kondisi ini dapat disimpulkan jika kehadiran aplikasi menjadi solusi terbaik. Termasuk aplikasi cuti untuk para karyawan.

Baca Juga: Aplikasi Kunjung Pajak, Manfaat dan Cara Daftar Nomor Antrian

Program Aplikasi Cuti Online

Penggunaan aplikasi di berbagai platform juga berfungsi untuk kegiatan dalam dunia kerja. Selama pandemi berlangsung kini kehadiran aplikasi cukup memiliki peran penting.

Seperti halnya keberadaan aplikasi cuti. Aplikasi ini hadir berdasarkan pemrograman PHP dan database MySQL. Hadir dengan fitur program aplikasi input master data, lihat detail, hapus, cari, hingga laporan.

Aplikasi online ini untuk para pegawai yang merupakan client server berbasis web. Di mana diimplementasikan dalam sebuah jaringan komputer client server dengan server localhost menggunakan apache pada XAMPP.

Aplikasi cuti pegawai ini juga bisa Anda instal secara online menggunakan web hosting. Aplikasi ini tersedia dalam 2 forum yaitu cuti umum dan cuti tahunan.

Program aplikasi cuti cocok sebagai alat bantu administrasi cuti pegawai atau ketenagakerjaan.

Cuti tersebut pengajuannya pada instansi pemerintah atau perusahaan. Sehingga proses administrasi cuti pegawai online dengan data yang lebih akurat semakin mudah.

Baca Juga: Aplikasi Merangkum Online, Solusi Buat Anda yang Malas Baca!

Konten yang Ada Pada Aplikasi

Mengingat kini adanya aplikasi cuti online menawarkan berbagai kemudahan. Selain bisa Anda download secara gratis, namun aplikasi juga berisi berbagai konten yang tersedia dalam program aplikasi. Adapun konten yang tersedia pada aplikasi antara lain:

  • Form permohonan cuti online
  • Master input data user kepegawaian dan pegawai
  • Fitur Export to Excel
  • Proses Approval cuti online
  • Edit data user dan pegawai
  • Memiliki 3 hak akses meliputi kepegawaian, pegawai, dan admin
  • Master input data cuti online
  • History data cuti online seluruh pegawai, dan masih banyak yang lainnya.

Semua konten yang ada pada aplikasi ini bisa terlihat jika Anda mengunjungi demo page aplikasi. Selain itu, bisa juga download program aplikasi secara gratis. Dengan menggunakan aplikasi cuti pegawai ini aktivitas jadi lebih mudah.

Bahkan tidak hanya untuk karyawan saja, namun mempermudah perusahan untuk melihat total cuti online secara menyeluruh. Hal ini mengingat cuti adalah hak para karyawan sehingga dapat mereka ambil kapan saja sesuai kebijakan perusahaan.

Cara Kerja Aplikasi

Dalam sebuah perusahaan ada yang namanya cuti untuk para karyawannya selama periode tertentu. Karyawan berhak memperoleh cuti jika sudah bekerja lebih dari 12 bulan.

Jumlah karyawan yang banyak pada sebuah perusahaan membuat HRD perlu mengalokasikan waktu untuk mengelola cuti mereka.

Namun kini keberadaan dunia teknologi yang semakin maju membuat kehadiran aplikasi cuti online memiliki banyak manfaat. Adapun cara kerja dari aplikasi ini antara lain:

  • Ketika cuti disetujui akan muncul notifikasi pemberitahuan pada aplikasi tersebut.
  • Karyawan mengajukan cuti melalui aplikasi yang tidak dibutuhkan lagi untuk pembuatan pengajuan cuti melalui surat.
  • HRD atau atasan sebuah perusahaan terkait akan menerima pengajuan cuti online secara real time.
  • Sehingga HRD akan memberikan keputusan apakah karyawan yang mengajukan tersebut berhak mendapatkannya atau tidak. Selain itu HRD juga perlu mengetahui alasan pengajuan cuti dan persetujuan atasan secara langsung.

Baca Juga: Aplikasi Belanja Online Titipku Hadir untuk Memudahkan Para Konsumen

Manfaat Aplikasi Cuti

Kehadiran aplikasi cuti online memberikan banyak manfaat baik untuk para karyawan maupun HRD. Manfaat tersebut tidak bisa Anda dapatkan ketika menggunakan cara cuti secara manual. Beberapa manfaat dari aplikasi ini antara lain:

  • Mampu terlacak secara real time, sehingga lebih memudahkan perusahaan melacak karyawan mana saja yang mengajukan cuti.
  • Manfaat yang lain yaitu lebih fleksibel. Adanya aplikasi online ini juga tentu lebih hemat waktu. Prosedur mudah, cepat dan sederhana dan menghemat waktu.
  • Koordinasi mengenai cuti para karyawan dan perusahaan dilakukan menggunakan aplikasi tersebut. Sehingga membuat para karyawan bisa mengajukan cuti secara mendadak. Bahkan akan ditindaklanjuti secara langsung oleh perusahaan.

Menggunakan aplikasi cuti online lebih memudahkan karyawan dalam mengajukan cuti. Apalagi cuti menjadi salah satu hak para karyawan perusahaan. (R10/HR-Online)