Sabtu, November 26, 2022
BerandaTeknologiAplikasiAplikasi Deteksi Dini Psikosis, Mampu Membantu Tenaga Medis

Aplikasi Deteksi Dini Psikosis, Mampu Membantu Tenaga Medis

Aplikasi Deteksi Dini Psikosis telah diciptakan oleh tim UI siap rilis. Deteksi Dini Psikosis menjadi aplikasi pengembangan analisis. Hal ini atas kerjasama dari FKUI dan IMERI bersama Fasilkom UI, melalui Tokopedia-UI Artificial Intelligence Center of Excellence, beserta PT Bahasa Kita aplikasi berhasil berkembang.

Dengan adanya kolaborasi kerjasama ini menjadi awal inovasi yang membantu untuk dapat mewujudkan hilirisasi inovasi untuk teknologi kedokteran. Aplikasi ini memiliki sebutan dengan Stetho Soul. Lantas apa aplikasi ini sebenarnya? Mari simak ulasan selengkapnya.

Baca Juga: Aplikasi Smart RSCM, Hadirkan Konsultasi Kesehatan Online!

Aplikasi Deteksi Dini Psikosis dari Tim UI

Departemen Psikiatri Fakultas Kedokteran UI dan juga Indonesian Medical Education and Research Institute/IMERI FKUI bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) menunjukkan adanya inovasi baru.

Kerjasama antara mereka sudah mulai sejak bulan Februari 2020 lalu. Penelitian ini merupakan riset terkait dengan koherensi berbicara pasien skizofrenia.

Sedangkan untuk pengembangan aplikasi ini datang dari 3 sisi penelitian yang mendasari kesehatan jiwa, pengembangan aplikasi mobile, dan kecerdasan artifisial.

Untuk komponen kecerdasan artifisial ini datang dari PT Bahasa Kita. Selain itu, Medical Technology cukup berperan dalam menjembatani kolaborasi interdisiplin antara beberapa pihak tersebut.

Baca Juga: Aplikasi Pengukur Tekanan Darah yang Efektif, Berikut Rekomendasinya!

Alasan Adanya Penelitian

Aplikasi dengan nama Stetho Soul ini menjadi salah satu bukti adanya penelitian deteksi dini psikosis. Sehingga memanfaatkan teknologi speech-to-text dan text classification dengan machine-learning.

Penyakit ni menunjukkan suatu kondisi seseorang yang kehilangan kontak dengan kenyataan. Adanya gejala yang timbul mulai dari perilaku kacau, halusinasi, delusi, dan bicara yang koheren.

Saat seseorang mengalami gejala ini menunjukkan jika kondisi psikosis yang mengakibatkan tumbuhnya penyakit skizofrenia.

Sayangnya masih banyak masyarakat yang enggan dan kurang peka dengan kondisi seperti ini. Sehingga butuh teknologi yang dapat membantu mendeteksi penyakit tersebut sejak dini.

Baca Juga: Aplikasi BKKBN Elsimil untuk Cegah Stunting, Intip Manfaatnya Ini!

Fungsi Aplikasi Street Soul

Adanya aplikasi Deteksi Dini Psikosis ini cukup membantu mengetahui gejala awal dari penyakit. Sehingga melalui Stetho Soul ini terdapat tes berupa menjawab pertanyaan melalui aplikasi.

Jawaban dari pertanyaan tersebut akan terekstraksi dan mesin yang menganalisanya. Hasilnya itulah yang akan membantu menunjang diagnosis dokter. Adanya aplikasi ini lebih awal mampu mengatasi kondisi tersebut lebih baik.

Dengan pengembangan yang harus terus terjadi pada aplikasi ini dapat bermanfaat untuk semua masyarakat Tanah Air. Invasi kehadiran Stetho Soul ini sebenarnya sudah ada sejak Maret 2021.

Kemudian mulai publikasi perdana pada acara Psychiatric Updates in Medical Practice (PUMP) 2021: Hollistic Approach Towards Mental Health in Geriatric Population.

Program aplikasi Deteksi Dini Psikosis ini untuk bisa memberikan fasilitas pengembangan hasil penelitian UI. Sehingga dapat segera berfungsi untuk semua masyarakat. Tahapan model dan produk sudah melalui uji coba dalam lingkungan sebenarnya. (R10/HR-Online)

Diskominfo Kota Banjar