Minggu, November 27, 2022
BerandaTeknologiAplikasiAplikasi Detektor Gempa Membantu Deteksi Bencana Sejak Dini

Aplikasi Detektor Gempa Membantu Deteksi Bencana Sejak Dini

Aplikasi detektor gempa kini sudah bisa digunakan oleh masyarakat luas. Semakin banyak pengguna aplikasi detektor di HP akan mempermudah gempa terdeteksi. Sehingga akan mengurangi risiko banyaknya korban yang berjatuhan ketika gempa terjadi.

Mengingat kemajuan dunia teknologi yang semakin maju membuat aplikasi ini cukup membantu. Tidak ada salahnya bagi Anda memiliki aplikasi tersebut untuk mendeteksi terjadinya gempa sewaktu-waktu.

Baca Juga: Aplikasi Simpeg Kemenkumham Versi Baru dengan Fitur Lengkap

Apa itu Aplikasi Detektor Gempa?

Indonesia menjadi salah satu negara yang sering terguncang bencana alam gempa bumi. Ada dua macam gempa yang bisa terjadi kapan saja yaitu tektonik dan vulkanik.

Keduanya memiliki risiko bencana alam yang cukup serius. Seperti halnya yang baru saja terjadi di Cianjur, Jawa Barat. banyak korban yang berjatuhan akibat kurangnya kepekaan akan terjadinya bencana.

Gempa bumi menjadi salah satu bencana alam yang cukup memberikan trauma besar bagi masyarakat. Apalagi Indonesia paling sering mengalami gempa.

Untuk bisa memberikan penanganan yang cepat salah satu inovasi yang dilakukan yaitu dengan kehadiran detektor gempa. Aplikasi yang satu ini menjadi salah satu paling komprehensif terkait tentang gempa bumi.

Bagi sebagian besar negara yang ada di dunia bisa menggunakan aplikasi yang satu ini. Detektor gempa menjadi satu satunya sistem peringatan dini ketika gempa terjadi. Sehingga masyarakat dapat mendapatkan peringatan sebelum gelombang seismik terjadi.

Baca Juga: Aplikasi Share Car, Sewa Mobil dalam Genggaman

Pentingnya Detektor Gempa

Peringatan gempa secara cepat dan tepat melalui ponsel kini semakin mudah. Hal ini berkat adanya aplikasi detektor gempa yang terbukti mampu memberikan sensor lebih cepat.

Di negara lain seismik menjadi salah satu sistem peringatan yang terbuka untuk umum. Aplikasi ini menggunakan accelerometer on-board smartphone sehingga mampu mendeteksi secara real time guncangan yang disebabkan oleh gempa bumi.

Saat gempa terdeteksi peringatan akan terkirim ke semua smartphone yang terkena dampak gempa.

Namun ketika Anda berada di daerah yang tidak terlalu dekat dengan pusat gempa, akan mendapat peringatan lebih dulu. Sehingga dapat berlindung sebelum jangkauan getaran gempa merusak dan menghampiri.

Ada banyak jenis aplikasi yang bisa digunakan untuk mendeteksi gempa. Bagi Anda yang ingin mencoba menggunakan bantuan aplikasi tersebut bisa simak rekomendasi berikut ini:

Info BMKG

Seperti yang telah banyak masyarakat ketahui jika terjadinya gempa berkekuatan besar maupun kecil akan mengakibatkan dampak yang cukup serius.

Karena itulah ada beberapa aplikasi deteksi gempa terbaik untuk bisa membantu mengetahuinya sejak dini. Salah satu aplikasi paling akurat dan terpercaya yaitu info BMKG.

Aplikasi terpercaya dan akurat ini menjadi sumber resmi melalui Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Dengan adanya aplikasi pendeteksi gempa ini akan mendapatkan notifikasi informasi langsung dari BMKG.

Selain memberikan informasi terkait dengan bencana gempa, aplikasi ini juga membantu memberikan informasi mengenai perkiraan cuaca yang update setiap jam.

Info gempa akan diberikan secara akurat sesuai dengan kekuatan, lokasi, serta jarak titik gempa dengan lokasi pengguna aplikasi.

Baca Juga: Aplikasi Layar Ceria Hadir untuk Menangani Masalah pada Anak

Earthquake Network – Real Time Alerts

Aplikasi detektor gempa selanjutnya yaitu Earthquake Network – Real Time Alerts. Dari segi tampilannya aplikasi ini menampilkan panel informasi lebih beragam.

Tab yang tersedia pada aplikasi juga cukup banyak. Aplikasi cukup direkomendasikan untuk Anda jadikan pilihan.

Fitur yang baru Anda temukan pada aplikasi Earthquake Network yaitu deteksi gempa real-time notification.

Pengguna akan memperoleh informasi langsung ketika gempa baru terjadi. Melalui aplikasi pengguna bisa mendapatkan informasi langsung, cepat dengan membantu melakukan antisipasi lebih cepat.

Anda bisa dapatkan aplikasi ini di Google Play Store. Ada dua pilihan versi dari aplikasi ini yaitu gratis dan berbayar. Aplikas Earthquake Network – Real Time Alerts hadir dengan fitur lengkap membantu mendeteksi gempa lebih cepat dan akurat.

Sebenarnya banyak sekali jenis aplikasi deteksi gempa yang bisa Anda gunakan melalui smartphone. Melalui aplikasi tersebut membantu lebih cepat mengetahui dimana terjadinya gempa.

Pilih aplikasi terbaik yang direkomendasikan bagi Anda untuk mengetahui gempa baik dari lokasi, kekuatan, dan yang lainnya. Aplikasi deteksi gempa juga cukup mudah Anda dapatkan.

Cukup cari di Google Play Store jenis aplikasi yang Anda inginkan. Aplikasi detektor gempa solusi tepat membantu mengetahui informasi gempa sejak dini. (R10/HR-Online)

Diskominfo Kota Banjar