Kamis, Desember 1, 2022
BerandaTeknologiAplikasiAplikasi SiPendi PAUD Fitur Lengkap Mempermudah Penilaian

Aplikasi SiPendi PAUD Fitur Lengkap Mempermudah Penilaian

Aplikasi SiPendi PAUD menjadi bukti adanya kemajuan dunia teknologi saat ini. SiPendi menjadi aplikasi untuk mempercepat penilaian anak PAUD. Dengan bantuan aplikasi SiPendi penilain harian yang biasa guru lakukan akan menjadi lebih mudah.

Apalagi dengan banyaknya fitur lengkap di dalamnya. Agar tidak membuat Anda penasaran, berikut ini ada penjelasan tentang apa itu SiPendi dan cara menggunakannya.

Baca Juga: Aplikasi WMS 2CE Resmi Hadir, Simak Beberapa Manfaatnya Ini!

Mengenal Aplikasi SiPendi PAUD dan Fitur Lengkapnya

Beragam aplikasi kini muncul demi membantu memenuhi dan memudahkan kebutuhan masyarakat. Sebab, saat ini sudah banyak kegiatan yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi canggih.

Seperti halnya kemunculan aplikasi SiPendi. SiPendi adalah singkatan dari penilain Perkembangan Anak Usia Dini. Fungsi adanya aplikasi ini yaitu untuk mempermudah dan mempercepat guru dalam menilai anak didiknya.

Adanya fitur lengkap yang ada dalam aplikasi SiPendi berdasarkan Kompetensi Dasar, input nilai harian lebih cepat. Bahkan tersedia juga fitur untuk menilai perkembangan jasmani dan emosi anak.

Aplikasi SiPendi itu sendiri merupakan aplikasi website resmi yang dkembangkan oleh Lembaga Pusat Pengembangan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PP PAUD dan Dikmas) Jawa Tengah.

Dulunya hanya sebuah software yang hanya terinstal di laptop. Namun perkembangan teknologi merubah aplikasi ini menjadi berbasis website.

Baca Juga: Aplikasi Microsoft Designer Resmi Hadir dengan Banyak Kelebihan

Fitur Lengkap Aplikasi SiPendi

Seperti yang sudah dijelaskan sejak awal jika SiPendi dilengkapi dengan banyak fitur. Fitur-fitur yang tersedia tersebut untuk membantu mempermudah penggunanya.

Laporan grafik dan cetak menjadi fitur aplikasi untuk bisa menilai dan mengetahui perkembangan dalam dua bentuk. Grafik dapat dilihat naik atau turun untuk setiap hari atau bulannya.

Sedangkan fitur yang kedua yaitu penilaian harian. Fitur ini berfungsi untuk memberikan penilaian berdasarkan kompetensi dasar yang perlu siswa kuasai.

Catatan perkembangan dapat menilai jasmani, emosi, dan kesehatan dari siswa setiap bulannya.

Guru dapat menilai secara lengkap mulai dari kesehatan, mata, mulut, hidung, telinga, berat badan, dan masih banyak yang lainnya. Ada opsi yang bisa guru gunakan yaitu baik, cukup, dan kurang.

Baca Juga: Aplikasi Mendeley Desktop, Kenali Manfaat dan Cara Menggunakan!

Cara Registrasi Akun SiPendi

Sebenarnya aplikasi SiPendi memang bisa Anda gunakan dengan mudah. Hanya saja pastikan untuk melakukan registrasi terlebih dulu.

Untuk setiap sekolah membutuhkan registrasi 1 saja. Namun pastikan sebelum registrasi, sekolah memiliki akun yang masih aktif. Adapun cara untuk registrasi yaitu:

  1. Silahkan isi formulir registrasinya dengan data akun sekolah melalui link https://sipendi.id/registrasi.
  2. Selanjutnya bisa konfirmasi email pendaftaran, klik tautan pada kotak masuk email yang terdaftar.
  3. Verifikasi admin untuk akun yaitu dengan chat ke Admin SiPendi akan memverifikasi data Anda dengan mengirimkan format : Nama Instansi, Nama Kota/Kabupaten, dan provinsi.
  4. Silahkan login menggunakan akses yang email kirim dengan link login https://sipendi.id/login.

Dengan memanfaatkan aplikasi SiPendi PAUD penilaian terhadap siswa pun jauh lebih cepat. Apalagi dengan kehadiran fitur lengkap dalam aplikasi. (R10/HR-Online)