Minggu, November 27, 2022
BerandaBerita TerbaruBentuk Atap Rumah Minimalis yang Indah dan Menawan

Bentuk Atap Rumah Minimalis yang Indah dan Menawan

Bentuk atap rumah Minimalis akan menarik perhatian. Atap rumah yang berbentuk minimalis sangat menakjubkan. Desain atap rumah ini sangat cocok untuk Anda yang memang menyukai hal-hal simpel.

Atap rumah merupakan bagian yang kerap kali terlupakan. Sebagian orang hanya memberikan atap rumah dengan desain biasa tanpa repot-repot memikirkan keindahannya.

Padahal, faktanya atap rumah juga menjadi bagian dari rumah yang harus Anda perhatikan. Hal itu karena atap rumah akan menjadi bagian yang pertama kali orang lain lihat dari rumah Anda.

Baca Juga: Model Rumah Minimalis Tampak Depan, Sederhana namun Elegan

Rekomendasi Bentuk Atap Rumah Minimalis

Atap merupakan bagian rumah yang sangat penting. Tanpa adanya atap, maka rumah tidak akan bisa menjadi tempat berlindung dari berbagai cuaca.

Itulah kenapa, bentuk atap harus Anda sesuaikan. Buatlah atap menjadi semenarik mungkin sehingga akan memperindah bentuk rumah.

Apalagi setiap orang pertama kali akan melihat halaman muka rumah beserta dengan atapnya. Apabila atap memberikan kesan pertama yang buruk, maka orang-orang yang melihatnya akan merasa bahwa rumah kurang menarik.

Sebenarnya untuk membuat atap yang menarik itu tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Karena nyatanya, saat ini atap rumah dengan desain sederhana minimalis semakin populer.

Atap rumah yang simpel dan sederhana ini menciptakan nuansa yang sangat modern. Nah, berikut ini pilihan bentuk atap rumah minimalis yang bisa Anda gunakan.

Bentuk Atap Sandar atau Skillion

Pertama ada bentuk sandar atau skillion yang saat ini sudah banyak digunakan. Umumnya penggunaan atap model ini banyak di rumah kontemporer.

Atap sandar juga bisa Anda gunakan untuk model rumah minimalis. Bentuk atap ini umumnya memang berguna untuk bangunan tambahan seperti emperan.

Hingga saat ini bahkan banyak arsitek yang memilih bentuk atap rumah sandar atau skillion untuk mereka kombinasikan dengan atap pelana. Pada bagian tepinya akan melekat dengan tembok vertikal.

Tidak hanya atraktif, tetapi bentuk atap rumah minimalis ini juga bermanfaat untuk mengalirkan air. Aliran air nantinya akan menuju ke satu tempat saja, seperti sisi rumah.

Baca Juga: Desain Rumah Minimalis Tanpa Plafon Pilih Atap Terbaik Ini

Bentuk Atap Pelana

Pelana merupakan model atap rumah yang bisa Anda gunakan. Di Indonesia, model pelana ini sudah cukup populer.

Pasalnya, bentuk atap pelana terbilang lebih aman meskipun sederhana. Sehingga, hal itu akan sangat pas untuk berbagai macam model rumah.

Atap pelana terdiri dari dua bidang miring yang pada ujung atasnya terhubung satu garis lurus, orang menyebutnya dengan bumbungan.

Keunggulan dari bentuk atap rumah minimalis ini adalah menjadi lebih mudah untuk mengetahui tempat kebocoran. Selain itu, ini juga memiliki daya serap radiasi dan panas yang cukup baik.

Sehingga, memang atap model pelana ini sangat cocok untuk diterapkan di rumah-rumah yang ada di Indonesia. Dengan kemiringan 30 derajat, maka air hujan atau teritis dapat berada di tepi bawah atap.

Bentuk Atap Rumah Datar

Selanjutnya ada bentuk atap yang datar. Bentuk atap satu ini juga menjadi salah satu ciri khas dari arsitektur rumah bergaya minimalis modern.

Sesuai dengan namanya, atap datar ini memiliki bentuk yang hampir rata dan sangat kontras dengan jenis atap miring. Kemiringan pada atap ini terkenal sebagai pitch.

Selain itu, atapnya juga memiliki kemiringan rata-rata hingga 10 derajat. Bentuk atap minimalis ini menciptakan bidang horizontal yang memanjang.

Sehingga, siapapun yang melihatkan akan langsung teringat pada garis horizontal lebar yang natural. Menariknya, bentuk atap rumah seperti ini merupakan contoh yang baik dari prinsip arsitektur modern.

Bentuk atap seperti ini bisa menjadi penopang yang kuat, terutama untuk memberikan perlindungan dari teriknya sinar Matahari.

Selain itu, atap datar juga bisa membuat hunian lebih teduh dan sejuk karena biasanya atap bisa dijadikan sebagai ruang hidup. Karena datar, Anda juga bisa menggunakan atap sebagai rooftop.

Baca Juga: Desain Rumah Minimalis Modern Terkesan Unik dan Menarik

Di atas rooftop tersebut Anda bisa memberikan berbagai barang seperti kursi, meja, dan lainnya untuk bersantai. Anda juga bisa menjadikan rooftop untuk tempat tanaman.

Sesuaikan bentuk atap rumah minimalis dengan gaya rumah. Jangan sampai Anda justru memilih atap yang asal karena itu bisa membuat rumah terlihat aneh dari luar. (R10/HR-Online)

Diskominfo Kota Banjar