Minggu, November 27, 2022
BerandaBerita NasionalBersama Panglima TNI, Pangdam I Bukit Barisan Tinjau Latihan Serbuan Pendaratan Amfibi

Bersama Panglima TNI, Pangdam I Bukit Barisan Tinjau Latihan Serbuan Pendaratan Amfibi

harapanrakyat.com,-, Latihan Serbuan Pendaratan Amfibi, di Kepulauan Riau ditinjau langsung Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, bersama Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, Pangdam I Bukit Barisan, Minggu (20/11/2022).

Pelatihan bersandi “Ausindo Amphibious Assault Exercise” ini merupakan, latihan bersama antara TNI Angkatan Laut RI dengan TNI AL dari negara Australia, dilaksanakan 2 hari 19-20 November 2022.

Program latihan bersama ini rutin dilaksanakan setiap tahun, oleh Royal Australian Navy (RAV) bersama dengan Angkatan Laut dari negara mitra yang berada di kawasan Indo-Pasifik semenjak tahun 2017. TNI AL Indonesia menjadi salah satunya.

Baca juga: Sambut Kepulangan Prajurit Usai Latma di Hawaii, Pangdam I/BB Beri Pesan Ini

Pada latihan tersebut, TNI AL mengerahkan KRI Banjarmasin-592 dengan dukungan 500 prajurit, terdiri dari pasukan pendarat Korps Marinir TNI AL, Kopaska, Taifib, Helikopter TNI Angkatan Laut, Tim Kesehatan, dan juga dukungan pesawat udara F-16 milik TNI AU.

Sementara Angkatan Laut Australia mengerahkan personilnya dan juga Kapal Perang HMAS Adelaide, LCC, helikopter, zodiac, ambulance serta truk logistik.

Kegiatan ini dalam rangka menjalin hubungan kerjasama bilateral kedua negara, yakni antara TNI AL dan ADF (Australian Defence Force).

Dalam peninjauan latihan serbuan pendaratan Amfibi itu, hadir pula Danrem 033/Wira Pratama, Brigjen TNI Yudi Yulistyanto, MA, MSi, dan para pejabat TNI lainnya serta unsur Forkopimda. (R8/HR Online/Editor Jujang)

Diskominfo Kota Banjar