Minggu, November 27, 2022
BerandaBerita CiamisBrolendo, Brownies Galendo Oleh-oleh Khas Ciamis

Brolendo, Brownies Galendo Oleh-oleh Khas Ciamis

harapanrakyat.com,- Dapur Cool Kedai, salah satu UMKM di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat ini, mempunyai inovasi terbaru dalam pengelolaan makanan, yaitu Brolendo atau Brownies Galendo.

Galendo yang merupakan makanan khas dari Kabupaten Ciamis ini, adalah perpaduan dengan brownies. Sehingga, mempunyai rasa khas dan juga gurih manis dari galendo.

Dengan cita rasa yang unik tersebut, Brolendo ini makin banyak peminatnya. Terbukti, setelah adanya inovasi terbaru dari Dapur Cool Kedai yang berada di Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis tersebut selalu ada pesanan.

“Alhamdulilah Brolendo ini diterima oleh masyarakat. Kalau pemasaran selain off line di pameran-pameran atau rumah. Kita juga ada penjualan onlinenya,” kata Owner Dapur Cool Kedai, Rian kepada HR Online, Selasa (22/11/2022).

Baca Juga: Ubi Cilembu Asal Sumedang Jabar Diekspor ke Hongkong Senilai 300 Ribu USD

Lanjutnya menambahkan, bahwa ia mendirikan Dapur Cool Kedai itu pada tahun 2017 lalu. Sementara untuk produk inovasi Brolendo alias Brownies Galendo itu dari tahun 2018.

Sebetulnya, katanya, inovasi tersebut sudah ada sejak tahun 2017. “Namun karena adanya beberapa kesalahan, jadinya sempurnanya itu pada tahun 2018, dan mulai dipasarkan,” katanya.

Rian menuturkan, untuk Brolendo ini meskipun brownies panggang, tapi bisa tahan selama 7 hari. Sedangkan jika menyimpannya di kulkas bisa sampai 14 hari.

“Itu yang menjadi kendala kita. Tapi kita lagi cari solusi dan inovasi lagi terkait hal tersebut,” tuturnya.

Baca Juga: Keren! Abon Rajawali Ciamis Juara di UKM Pangan Award 2022

Adapun kesulitan dalam produksi Brolendo, Rian menjelaskan, yakni pada proses pertama dalam menyatukan rasa. Sebab, meski tetap menyatu tapi tidak meninggalkan rasa Galendo maupun Brownies itu sendiri.

“Kalau peminatnya alhamdulillah bagus. Kemarin di acara Porprov Jabar banyak yang pesan untuk jadi oleh-oleh dari Kabupaten Ciamis,” pungkasnya. (Ferry/R5/HR-Online/Editor-Adi)

Diskominfo Kota Banjar