Minggu, November 27, 2022
BerandaBerita TerbaruBukti Mars Pernah Kebanjiran, Ditemukan Ilmuwan China!

Bukti Mars Pernah Kebanjiran, Ditemukan Ilmuwan China!

Bukti Mars pernah kebanjiran mencengangkan. Ilmuwan China mengatakan bahwa Mars pernah mengalami kebanjiran. Hal itu menjadi suatu hal yang baru untuk ilmu luar angkasa manusia.

Mars menjadi planet yang tidak asing lagi. Seringkali mendapat julukan planet merah dan Mars menjadi tetangga Bumi.

Seperti halnya Bumi, Mars juga menjadi bagian Tata Surya dalam. Planet ini semakin populer setelah muncul teori bahwa Mars cocok untuk manusia tinggali.

Faktanya, Mars ternyata pernah mengalami beberapa kejadian yang menggemparkan dunia, salah satunya adalah dugaan bencana banjir.

Baca Juga: Warna Asli Planet Mars Bukanlah Merah? Ini Penjelasannya!

China Temukan Bukti Mars pernah kebanjiran

Sebenarnya, banjir merupakan suatu bencana yang sudah biasa manusia hadapi. Biasanya banjir akan muncul ketika curah hujan sedang tinggi.

Banjir bisa terjadi karena sistem drainase di wilayah tersebut kurang baik. Ya, banjir merupakan hal biasa apabila terjadi di Bumi.

Namun, apa jadinya jika planet Mars ternyata pernah mengalami kejadian banjir? Hal itu tentu saja menjadi hal yang tidak biasa.

Faktanya, ternyata planet Mars pernah mengalami kejadian yang tidak biasa, salah satunya adalah banjir.

Hal tersebut menggemparkan dunia. Salah satu pesawat penjelajah milik China bernama Zhurong baru saja menemukan bukti kuat bahwa Mars pernah mengalami fenomena banjir.

Baca Juga: Ngarai Valles Marineris di Mars Terlihat Memukau, Sangat Besar!

Penemuan Sedimen

Pesawat penjelajah milik China yang bernama Zhurong berhasil menemukan sebuah sedimen atau endapan yang muncul di permukaan planet Mars.

Menurut para ilmuwan, sedimen tersebut terbentuk akibat dari bencana banjir di planet merah tersebut. Bukti Mars pernah kebanjiran yang terjadi pada jutaan tahun lalu tersebut meninggalkan sebuah endapan yang kini mulai terlihat.

Rover dengan radar penembus tanah berhasil mengidentifikasi dua lapisan horizontal yang berada di bawah lokasi pendaratannya, yaitu di Utopia Planitia, tepatnya di bagian utara Mars.

Utopia Panitia merupakan sebuah dataran halus strata vulkanik dan juga sedimen yang memenuhi tubrukan Utopia. Bagian ini sudah sejak lama menjadi target utama untuk eksplorasi semacam itu, karena kabarnya telah menampung samudera purba di Mars.

Saat melihat bagian tersebut, maka tidak akan terdapat air di sana. Akan tetapi, masing-masing lapisan tersebut berada di kedalaman 10 hingga 80 meter dan memiliki batuan lebih kecil tersebar di atasnya.

Para ilmuwan berpikir bahwa lapisan tersebut terbentuk karena adanya banjir yang mungkin terjadi jutaan hingga miliaran tahun lalu.

Baca Juga: Pembuatan Oksigen di Mars oleh MOXIE Milik NASA Berhasil!

Bukti Eksplorasi NASA

Selain China, NASA juga pernah menemukan fakta bahwa pernah ada air di permukaan planet Mars beserta banjir yang besar dalam misi eksplorasi mereka.

Pada tahun 2016, NASA sempat melaporkan penemuan sejumlah es di bawah tanah di wilayah sekitar Utopia. Volume es tersebut setara dengan air di Danau Superior.

Penemuan tersebut semakin meyakinkan dan menjadi bukti Mars pernah kebanjiran. Bahkan banjir tersebut berskala besar. (R10/HR-Online)

Diskominfo Kota Banjar