Kamis, Desember 1, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Kerja AC Mobil serta Berbagai Komponen dan Fungsinya!

Cara Kerja AC Mobil serta Berbagai Komponen dan Fungsinya!

Cara kerja AC mobil bergantung pada komponen di dalamnya. AC mobil memiliki cara kerja untuk menghasilkan udara sejuk. Sehingga, komponen mobil satu ini akan memberi kenyamanan untuk para penumpang dan supir.

Apalagi Indonesia adalah negara yang panas. AC mobil ini membantu menyejukkan tubuh dari teriknya sinar matahari di tengah kemacetan.

AC pada mobil tentu saja memiliki sistem kerja tersendiri. Dengan bantuan berbagai komponen pendukung lainnya, AC mobil mampu memberikan kenyamanan kepada para pengguna di dalamnya.

Baca Juga: AC Mobil Panas Tiba-Tiba? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Ternyata Begini Cara Kerja AC Mobil!

Sistem AC mobil sebenarnya merupakan rangkaian komponen yang dibuat sedemikian rupa. Tujuan adanya AC ini adalah agar mengatur suhu dan kelembaban di dalam kabin.

Bayangkan saja mobil merupakan ruang tertutup. Jika tidak ada AC di dalamnya, maka udara pasti akan pengap dan panas tidak terkira.

Sistem AC ini juga sebenarnya tidak hanya untuk mendinginkan kabin, tetapi ada juga yang untuk menghangatkan. Keberadaan AC ini merupakan hal yang sangat penting.

Pastinya AC pada mobil juga memiliki sistem kerja sendiri yang sangat menarik. Namun sebelum itu, mari kita lihat apa saja fungsi sebenarnya dari AC.

Apa Fungsi dari Sistem AC Mobil?

AC mobil merupakan komponen yang dapat membantu pergantian sirkulasi udara. Dengan AC, maka udara kabin mobil akan terasa segar dan tidak pengap.

Sistem AC itu sendiri pada dasarnya adalah sebuah rangkaian komponen yang berfungsi untuk mengatur suhu. Sistem AC ini memiliki artian Heating, Ventilating, dan juga Air Conditioning.

Sehingga, dalam rangkaian tersebut cara kerja AC mobil tetap berfokus pada pendingin kabin saja. Dengan kehadiran AC, maka akan membuat perjalanan dengan mobil jauh lebih nyaman.

Apabila sopir merasa nyaman dan tenang, maka pastinya hal itu tidak akan mengganggu konsentrasinya. Alhasil, keselamatan diri dalam perjalanan akan tetap terjamin.

Baca Juga: AC Mobil Tidak Dingin, Ternyata Bisa Disebabkan Hal Sepele Ini!

Bagaimana Sistem AC Mobil dapat Menghasilkan Udara yang Dingin?

Anda kini sudah mengerti apa saja sebenarnya fungsi dari komponen AC yang ada di mobil. Oleh karena itu, ini saatnya Anda mengetahui bagaimana cara kerja AC sesungguhnya.

Sebab, sebagian besar orang sepertinya masih belum mengetahui bagaimana cara kerja AC mobil untuk menghasilkan udara sejuk yang nyaman.

Pada dasarnya, cara kerja dari sistem AC tidaklah rumit. AC pada mobil akan melakukan sirkulasi udara dengan cara tertutup ketika mobil menyala.

Sirkulasi ini terjadi di antara refrigerant atau freon yang menjadi salah satu komponen AC tersebut. Kompresor nantinya akan berserak saat kendaraan menyala, kemudian memompa, dan memberikan sirkulasi freon.

Setelah itu, sirkulasi freon tersebut akan berbentuk gas dan bergerak ke dalam sistem AC. Setelah itu, freon akan mengalir menuju ke kondensator untuk melepaskan udara melalui sirip kondensor.

Dalam kondisi ini, freon akan berubah menjadi cair yang kemudian menghasilkan suhu dingin. Freon cair selanjutnya terus mengalir ke filter untuk melalui proses penyarikan.

Hasil penyaringan nantinya akan mengalir ke katup ekspansi untuk menurunkan tekanan. Sehingga, otomatis temperatur menurun dan freon menjadi kabut.

Dari sinilah proses evaporator terjadi sehingga bersuhu dingin. Kemudian udara yang panas dari ruang kabin melalui komponen tersebut akan terserap masuk.

Pada akhirnya, cara kerja AC mobil akan menghasilkan udara dingin di dalam kabin.

Baca Juga: AC Mobil tidak Keluar Angin Sebaiknya Kenali Apa Saja Penyebabnya

Komponen AC Mobil Apa Saja?

Dalam melakukan kinerjanya, seluruh komponen di dalam AC mobil akan saling berhubungan. Komponen tersebut adalah:

  • Kompresor untuk mengalirkan freon ke sistem AC.
  • Kondensor untuk mengubah freon yang masih berbentuk gas menjadi cair. Komponen ini akan bergerak melalui mesin agar hidup dan mati saat terhubung dari putaran ke mesin.
  • Filter atau dryer sebagai penyaring kotoran. Selain itu, komponen ini juga berfungsi untuk mengubah bentuk dalam bentuk kabut.
  • Evaporator untuk menyerap udara panas di dalam kabin. Udara yang terserap nantinya akan berhembus ke luar sebagai udara dingin.

Apabila salah satu komponen tersebut terganggu atau rusak, maka cara kerja AC mobil akan menjadi tidak maksimal. Alhasil berbagai masalah umum seperti AC tidak dingin atau mati total bisa saja terjadi. Jika sudah begitu, maka segera bawa ke tempat perbaikan mobil. (R10/HR-Online)