Kamis, Februari 2, 2023
BerandaBerita TerbaruCara Mengatasi Bluetooth Tidak Terdeteksi di Perangkat Lain, Mudah!

Cara Mengatasi Bluetooth Tidak Terdeteksi di Perangkat Lain, Mudah!

Cara mengatasi bluetooth tidak terdeteksi sebetulnya mudah. Ada berbagai penyebab bluetooth tidak terdeteksi dan cara mengatasinya. Bluetooth yang tidak terdeteksi di dalam perangkat ponsel ketika hendak mengirimkan file cukup menjengkelkan bukan?

Ya, pastinya permasalahan bluetooth tersebut sangat merepotkan serta bisa menghambat pekerjaan Anda.  Bluetooth sendiri merupakan salah satu alat yang berfungsi untuk mengirim berkas dari perangkat satu ke perangkat lainnya. 

Baca Juga: Cek Versi Bluetooth Android, Pakai Aplikasi Hingga Situs Resmi

Cara Mengatasi Bluetooth Tidak Terdeteksi di Ponsel Lain

Memang ada begitu banyak ponsel yang memakai, bahkan hampir seluruh ponsel cerdas mempunyai alat satu ini. Apabila berbicara tentang ponsel cerdas, terkadang terdapat kekurangan pengaturan pada bluetooth.

Dengan begitu menyebabkan bluetooth tersebut tidak terdeteksi pada perangkat lain. Hal tersebut punya dua sebab, pertama bluetooth rusak.

Sementara yang kedua yakni setelan bluetooth yang salah. Singkatnya, bluetooth sudah aktif serta menyala dan ikon telah berada pada posisi on.

Akan tetapi, sesudah melakukan pengiriman berkas, nama bluetooth perangkat Anda tidak terdeteksi. Kasus semacam ini memang kerap kali terjadi. 

Di setiap ponsel pintar, bluetooth punya opsi tersendiri pada halaman pengaturan. Selain itu, pada beberapa versi operasi ponsel juga punya menu yang berbeda-beda. Tetapi, tidak menjadi masalah, sebab setelannya sama saja.

Berikut merupakan beberapa penyebab bluetooth tidak terdeteksi di ponsel lain serta cara untuk mengatasinya.

Baca Juga: Cara Mematikan WiFi Otomatis di Android Agar Baterai Lebih Awet

Pastikan Pengaturan Bluetooth Anda Terlihat untuk Seluruh Perangkat

Pertama, Anda mesti memastikan bahwa perangkat bluetooth di ponsel yang Anda punya terlihat di seluruh perangkat. 

Nah, untuk mencari tahu apakah bluetooth ponsel Anda terlihat di seluruh perangkat atau tidak, Anda dapat memeriksanya lewat pengaturan bluetooth.

Cara mengatasi bluetooth tidak terdeteksi yang pertama yaitu masuk ke menu Pengaturan lalu pilih Bluetooth. Kemudian silahkan Anda periksa setelan bluetooth Anda.

Apabila bertuliskan “Hanya terlihat pada perangkat yang disandingkan”, maka silahkan Anda tab di tulisan tersebut. Kemudian ubah setelah menjadi “Terlihat untuk semua perangkat”.

Sesudah setelan berubah terlihat untuk semua perangkat, maka bluetooth Anda bakal langsung terdeteksi di perangkat lain.

Kadang, sejumlah ponsel bakal menunjukkan menit guna menampilkan bluetoothnya untuk proses pairing. Tetapi, ada pula yang bisa memilih.

Apabila pada ponsel Anda bisa memilih, maka silahkan klik pada opsi “Waktu dapat ditemukan” sebagai “Jangan pernah”. Sekarang, silahkan Anda coba untuk mengirimkan filenya lagi. Apakah sudah terdeteksi?

Bluetooth Tidak Aktif Sempurna

Hal ini merupakan salah satu penyebab bluetooth tidak terdeteksi di perangkat lain yang paling kerap terjadi. Seperti yang Anda tahu, fitur bluetooth pada smartphone baik iOS maupun Android, dapat Anda nyalakan tanpa perlu masuk ke setelan bluetooth.

Pasalnya, Anda dapat mengaktifkannya melalui notifikasi bar. Nah, apabila Anda mengaktifkan bluetooth tanpa masuk ke setelan bluetooth, maka bisa jadi bluetooth tersebut tidak akan aktif secara sempurna.

Dengan kata lain, apabila perangkat lain ada yang ingin mengirimkan berkas ke perangkat milik Anda, maka perangkat Anda tidak bisa terdeteksi. Sehingga, cara mengatasi bluetooth tidak terdeteksi ini yakni mengaktifkan bluetooth lewat menu “Pengaturan Bluetooth”.

Bluetooth Error

Penyebab bluetooth yang tidak terdeteksi di perangkat lain selanjutnya adalah sedang mengalami error. Biasanya, faktor penyebab bluetooth error ini yakni akibat dinyalakan kemudian dinonaktifkan dalam jangka waktu yang dekat secara berulang kali.

Nah, guna mengatasi hal tersebut, Anda bisa melakukan reboot pada perangkat yang Anda pergunakan.

Baca Juga: Cara Membatasi Kecepatan WiFi di Android agar Koneksi Lancar

Cara Mengatasi Bluetooth Laptop Tak Terdeteksi

Adapun cara mengatasi bluetooth tidak terdeteksi pada laptop yakni dengan memakai enable Bluetooth pada Device Manager.

  1. Tekan pada tombol Start lalu ketik Device Manager dan tekan enter di keyboard
  2. Silahkan cari bluetooth kemudian klik kanan “adapter Bluetooth” dan pilih “Enable Device”.

Apabila masih belum terdeteksi, lakukan update driver pada menu yang sama. Jika belum terdeteksi juga, Anda dapat melakukan uninstal device pada menu yang sama pula. Berikutnya restart laptop guna menerapkan setelan.

Nah, itulah penyebab serta cara mengatasi bluetooth tidak terdeteksi di perangkat lain. Baik di handphone maupun laptop. Cara menangani bluetooth yang tak terdeteksi paling mudah yakni dengan menonaktifkan lalu menyalakan ulang perangkat. (R10/HR-Online)