Jumat, Desember 9, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Menghilangkan Tanda Headset di HP Akibat Error, Mudah!

Cara Menghilangkan Tanda Headset di HP Akibat Error, Mudah!

Cara menghilangkan tanda headset di HP ternyata sangat dibutuhkan. Ada beberapa cara untuk menghilangkan tanda headset di HP Anda. Ya, sebagian orang mungkin pernah mengalami HP error yang mengakibatkan tanda headset on padahal sedang tidak terpasang.

Banyak orang yang memilih mengenakan headset saat mendengarkan musik maupun ketika menelpon seseorang. Tetapi, jika Anda keseringan menggunakan headset, Anda mungkin pernah mengalami masalah ini.

Salah satunya yaitu munculnya tanda headset padahal sudah dilepas. Keadaan tersebut berpotensi bakal berdampak ke audio ponsel yang menjadi kecil. Bahkan bisa menyebabkan HP tidak dapat mengeluarkan suara lagi.

Baca Juga: Cara Mengisi Daya Smartphone Baterai Tanam Agar Lebih Awet

Cara Menghilangkan Tanda Headset di HP untuk Semua Merek

Lazimnya, icon atau tanda headset di handphone memang bakal muncul ketika ponsel tengah memakai headset. Baik untuk mendengarkan musik dan sebagainya. Kadang ketika headset dicabut, justru icon masih muncul.

Celakanya, ketika icon masih terlihat ketika headset dilepas, pengguna tidak dapat mendengarkan suara HP.  Hal tersebut tentu saja bakal sangat merepotkan jika tidak lekas Anda perbaiki. Sebab, jika terdapat notifikasi, Anda tidak bisa mendengarnya.

Nah, apabila hal itu terjadi, segera memperbaikinya merupakan langkah yang tepat. Icon headset yang tidak mau hilang juga merupakan pertanda jika HP Anda dalam keadaan tidak bagus atau punya bug.

Walaupun terbilang gangguan yang cukup umum, namun masih banyak yang tahu cara menghilangkan icon headset di HP karena error. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi gangguan tersebut.

Restart Perangkat

Cara menghilangkan tanda headset di HP yang pertama adalah dengan merestart perangkat. Cara ini dapat Anda lakukan apabila masalah tersebut terjadi karena error pada bagian software (perangkat lunak).

Semestinya, restart atau menghidupkan ulang perangkat sudah cukup untuk mengatasi. Merestart perangkat juga bisa mengatasi berbagai masalah pada perangkat.

Seperti suhu ponsel yang meningkat, memori penuh, performa lambat, sampai layar freeze. Sesudah perangkat kembali hidup, pastikan tanda headset sudah hilang. Apabila icon headset masih tampak pada layar, coba cara selanjutnya!

Baca Juga: Cara Mengisi Daya Smartphone Baterai Tanam Agar Lebih Awet

Nonaktifkan Perangkat Kemudian Lepas Baterai

Memang, saat ini sebagian besar ponsel sudah menggunakan baterai tanam. Namun masih ada sejumlah perangkat yang dibekali baterai bisa dilepas.

Untuk Anda yang memakai HP dengan baterai removable, melepas baterai dapat menjadi solusi guna mengatasi permasalahan icon headset tidak mau hilang.

Cara ini juga bisa menangani masalah layar freeze. Degan mencopot baterai, maka sumber daya pun akan menghilang. Sehingga, perangkat akan mati dengan sendirinya.

Perlu Anda ingat, jangan terlalu kerap melakukan langkah ini. Sebab, dapat berpengaruh terhadap software yang Anda pakai. Sehingga, diterapkan apabila benar-benar diperlukan saja.

Pasang Kembali Headset Lalu Lepaskan

Walaupun cara menghilangkan tanda headset di HP ini sifatnya masih asumsi lantaran tidak terdapat pembahasan teknis yang melatarbelakanginya, namun tidak ada salahnya untuk mencoba bukan?

Terlebih lagi, banyak teknisi HP yang merekomendasikan cara ini. Dapat disimpulkan jika memasang headset kemudian melepaskannya mampu mengatasi masalah tersebut.

Rajin Membersihkan Kotoran dan Debu di Port Colokan Headset

Tanpa Anda sadari, colokan HP punya saklar kecil. Kegunaannya adalah untuk mengidentifikasi ponsel. Saat sakelar tersebut tertutup oleh debu, maka dapat menyebabkan macet.

Dengan demikian, tanda headset terus muncul bahkan ketika telah dilepas. Sehingga, Anda mesti memastikan apakah terdapat tumpukan debu di colokan headset.

Apabila ada, segera bersihkan colokan tersebut. Anda dapat memakai cotton bud atau kapas. Hindari memakai benda tajam. Sebab, berpotensi merusak saklar HP yang terdapat di dalam.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Memory Card Smartphone Error Tidak Terbaca

Matikan HP dan Copot SIM Card

Cara menghilangkan tanda headset di HP selanjutnya adalah menonaktifkan ponsel lalu lepas SIM Cardnya. Terkadang restart HP juga belum cukup memperbaiki terjadinya sistem error pada ponsel.

Sehingga, tidak sekadar merestart, kadang Anda juga harus menonaktifkan ponsel lalu mencopot kartu SIM untuk sesaat. Selain kartu SIM, Anda juga dapat sekalian mencopot SD card yang terpasang pada ponsel.

Tetapi, Anda melakukan cara ini secara berurutan. Artinya, nonaktifkan ponsel lebih dulu baru kemudian melepas kartu SIM dan SD card. Sebab, jika tidak berurutan justru dapat merusak sistem di handphone.

Nah, itulah ulasan mengenai cara menghilangkan tanda headset di HP. Tetap tenang apabila Anda sedang menghadapi permasalah tersebut. Lakukan cara-cara di atas, kemudian Anda dapat melihat icon headset pun menghilang. (R10/HR-Online)