Minggu, Desember 4, 2022
BerandaTeknologiAplikasiCara Sinkronisasi Kontak Telegram dan Menonaktifkannya

Cara Sinkronisasi Kontak Telegram dan Menonaktifkannya

Cara sinkronisasi kontak Telegram memiliki tujuan agar mudah terhubung dengan kontak. Cara sinkronisasi dilakukan ketika HP sedang di reset dengan kontak Telegram. Sayangnya meski tergolong mudah, namun masih banyak orang yang belum tahu cara tersebut.

Sinkronisasi kontak ini mempermudah pengguna agar dapat terhubung dengan teman. Meski demikian, ada beberapa cara sinkronisasi yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga: Cara Menyembunyikan Nomor di Telegram dengan Mudah

Cara Sinkronisasi Kontak Telegram, Pengguna Wajib Tahu

Melakukan sinkronisasi di iPhone maupun Android bisa Anda lakukan dengan langkah berbeda. Saat instal aplikasi Telegram biasanya akan ada notif yang membutuhkan hak izin untuk akses.

Misalnya video, audio, dan kotak. Namun setelah beberapa waktu ketika terinstal dan aplikasi digunakan, akan muncul beberapa nama yang secara otomatis ter-sinkronisasi.

Hal ini akan membuat ketidaknyamanan ketika menggunakan aplikasi Telegram. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika sinkronisasi kontak Telegram terjadi. Berikut ini ada beberapa cara sinkronisasi yang wajib Anda tahu antara lain:

Sinkronisasi Ketika Aplikasi Sudah Terpasang

Cara sinkronisasi kontak Telegram sebenarnya cukup mudah. Namun tidak bisa dilakukan begitu saja.

Untuk sinkronisasi ketika aplikasi sudah terpasang berbeda dengan cara lainnya. Cara sinkronisasi setelah memberikan izin secara manual dengan beberapa langkah mudah berikut ini:

  1. Buka dan jalankan aplikasi Telegram sebagai langkah awal.
  2. Setelah itu, ketika aplikasi sudah terbuka silahkan tekan tombol garis 3 yang terletak pada bagian pojok kiri atas.
  3. Kemudian untuk langkah selanjutnya bisa pilih menu ” Pengaturan”.
  4. Tekan pada pilihan menu bertulisan “Privasi dan Keamanan”.
  5. Geser ke bawah > pada tab kontak perhatikan pilihan Sinkronisasi Kontak. Geser ke tombol yang ada pada bagian samping hingga menyala.
  6. Dengan mengikuti langkah yang tepat dari awal, maka snkronasi pun berhasil Anda lakukan.
  7. Ciri-ciri sinkronisasi kontak berhasil yaitu adanya pop-up dengan munculnya kalimat “kontak dari perangkat ini sudah ditambahkan ke akun Anda”.

Baca Juga: Cara Membagikan File Telegram ke WA, Praktis tak Perlu Ribet

Sinkronisasi Saat Pemasangan Aplikasi

Selain cara yang pertama untuk melakukan sinkronisasi saat pemasangan aplikasi. Cara sinkronisasi kontak Telegram ini bisa Anda lakukan saat melakukan pemasangan aplikasi sedang berlangsung.

Bahkan cara ini bisa Anda lakukan ketika aplikasi tersebut meminta beberapa perizinan dalam menjalankan semua fungsinya. Melakukan sinkronisasi saat pemasangan aplikasi cukup lakukan cara berikut ini:

  1. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan membuka aplikasi Telegram dari pusat Aplikasi Play Store maupun App Store.
  2. Tunggu sampai download dan pemasangan aplikasi terselesaikan.
  3. Ketika pemasangan selesai baru jalankan aplikasi Telegram.
  4. Setelah aplikasi membuka Telegram dan terbuka, aplikasi akan meminta perizinan. Untuk itu, Anda harus membuka izin agar sinkronisasi bisa Anda lakukan.
  5. Langkah berikutnya tekan tombol izinkan ketika terdapat permintaan untuk mengakses kontak. Itulh cara utama aplikasi sinkronasi diri dengan kontak.
  6. Setelah sampai dengan langkah ini silahkan untuk log in atau masuk menggunakan akun Telegram. Isi data yang dibutuhkan agar dapat masuk melalui akun milik Anda.
  7. Jika proses log in sudah berhasil, silahkan segera cek apakah daftar dalam kontak sudah lengkap atau belum. Cara sinkronisasi saat pemasangan aplikasi memang secara otomatis ketika memberikan izin aplikasi untuk akses kontak.

Baca Juga: Cara Menghapus Pesan di Grup Telegram dengan Sederhana

Menonaktifkan Sinkronisasi

Setelah Anda tahu cara sinkronisasi kontak Telegram baik saat memasang atau sesudah aplikasi ada, kini ketahui cara untuk menonaktifkannya.

Melakukan sinkronisasi kontak terkadang cukup mengganggu. Sebab akan ada banyak pemberitahuan.

Jika Anda salah satu pengguna Telegram yang merasa terganggu dengan pemberitahuan ini bisa lakukan cara menonaktifkannya.

  1. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan membuka dan menjalankan aplikasi Telegram.
  2. Setelah itu, pastikan Anda login ke akun Telegram milik sendiri.
  3. Tekan tombol 3 garis pada bagian pojok kiri atas dari aplikasi. Teka opsi setting > private and security dan tap pilihan tersebut.
  4. Setelah melakukan seting bisa geser layar bagian bawah dan silahkan cari menu dengan tulisan Sinkronisasi
  5. Kontak > geser ke kiri untuk menonaktifkannya.
  6. Selain itu, Anda pun bisa menekan tombol hapus kontak tersinkronkan.
  7. Dengan mengikuti langkah ini kontak yang tersinkronkan akan terhapus dari server Telegram.

Cara sinkronisasi kontak Telegram bisa Anda lakukan dengan mudah. Bahkan untuk menonaktifkannya pun tergolong sederhana jika pengguna tidak ingin terganggu dengan pemberitahuan yang biasanya sering muncul. (R10/HR-Online)