Rabu, Februari 8, 2023
BerandaBerita TerbaruCiri Perubahan Kimia dan Contohnya, Beda dengan Perubahan Fisika

Ciri Perubahan Kimia dan Contohnya, Beda dengan Perubahan Fisika

Ciri perubahan kimia terlihat jelas. Perlu digarisbawahi, ciri yang ada pada perubahan kimia berbeda dengan perubahan fisika. Materi dalam ilmu kimia ini bisa dengan mudah ditemukan pada jenjang Sekolah Menengah Pertama.

Baca Juga: Kelarutan Garam dalam Air dan Reaksi Pengendapan, Ini Penjelasannya!

Mengenal Ciri Perubahan Kimia

Sebelum membahas ciri, tentu penting untuk mengenal sebenarnya apa itu perubahan kimia. Perubahan kimia ialah perubahan yang dialami oleh suatu zat. Perubahan ini berlangsung dari sifat kimia hingga menghasilkan zat baru.

Sesuai dengan namanya, zat baru ini memang membawa struktur molekul yang berbeda dari sebelumnya.

Dalam perubahan yang terjadi, terdapat proses penyusunan ulang atom. Nantinya terlahir perubahan sifat kimia lengkap dengan komposisinya.

Setelah mengetahui definisinya, kini saatnya mengulas seperti apa ciri perubahan kimia. Adapun salah satunya yaitu terbentuk zat baru. Hal ini sebagaimana yang sudah kita singgung dalam pengertian perubahan kimia tadi.

Ciri selanjutnya, partikelnya mempunyai sifat berbeda dari sebelumnya. Bahkan terbentuk gas dan endapan. Terlihat pula ada perubahan suhu dan warna. Perubahannya memang tak hanya dari segi fisik saja, akan tetapi juga susunan molekulnya.

Perubahan kimia juga bercirikan tak bisa dikembalikan. Ciri ini terkenal sebagai sifat irreversible. Tak kalah menarik untuk Anda pahami juga bahwa perubahan kimia timbul karena proses pengaratan, pembakaran, pembusukan, pengenziman, sampai dengan pemasakan.

Contoh Perubahan Kimia

Pembahasan lainnya yang jangan sampai Anda lewatkan yaitu contoh perubahan kimia. Agar Anda lebih memahami materi dalam ilmu kimia ini, pastikan tahu apa saja contohnya. Berikut beberapa contohnya.

Saat Memasak

Salah satu contohnya bisa Anda tahu dari aktivitas memasak. Mulai dari merebus telur, menggoreng ayam, dan masih banyak lagi.

Pembusukan

Pembusukan bisa menyebabkan perubahan kimia. Misalnya saja roti yang busuk karena adanya mikroorganisme pembusuk.

Sebut saja bakteri dan jamur yang bersarang di dalamnya. Bukan hanya roti, ciri perubahan kimia karena pembusukan ini juga bisa terlihat dari jenis makanan lainnya.

Baca Juga: Hukum Faraday Kimia Elektrolisis: Pengertian, Jenis dan Rumusnya

Pembakaran

Ada banyak contoh perubahan kimia karena pembakaran. Salah satunya ialah membakar kertas sampai menjadi abu.

Selain itu, bisa juga membakar kayu hingga jadi arang. Dari proses pembakaran tersebut, fisik sekaligus struktur kimia bendanya berubah total.

Karat

Karat juga jadi contoh perubahan kimia. Pada umumnya, benda yang bisa mengalami karat itu berbahan dasar besi.

Salah satunya ialah paku. Saat paku sudah berkarat, maka akan mudah bengkok.

Karat pada paku ini bisa terjadi karena terkena air, tak terkecuali dengan air hujan. Selain paku, contoh benda lainnya yang bisa berkarat dan mengalami perubahan kimia yaitu gerbang, pagar, balkon, talang atap, dan masih banyak lagi.

Fermentasi

Anda tentu sudah tak asing dengan istilah fermentasi bukan? Proses ini biasa kita temukan dalam membuat tape singkong.

Namun nyatanya contoh perubahan kimia akibat peristiwa fermentasi bukan hanya itu. Contoh lainnya ditemukan pada pembuatan kecap dan keju.

Perbedaan Perubahan Kimia dan Fisika

Tak sedikit yang masih bingung dalam membedakan mana ciri perubahan kimia dan mana perubahan fisika. Kesempatan kali ini pun tak akan disia-siakan untuk membahasnya secara detail. Pada dasarnya, perbedaan keduanya sudah terlihat jelas dari definisi secara umum.

Sebagaimana yang kita tahu bahwa perubahan kimia adalah perubahan yang membuat perubahan struktur kimia benda. Jauh berbeda dengan perubahan fisika. Perubahan fisika tak akan mengubah struktur kimia benda.

Selain dari pengertian, perbedaan antara perubahan kimia dan fisika juga bisa Anda lihat dari contoh. Untuk contoh perubahan kimia sudah bisa Anda ketahui dari pembahasan di atas. Sementara untuk perubahan fisika seperti halnya air berubah jadi es.

Contoh lainnya, air berubah jadi uap air ketika dipanaskan. Bisa kita tarik kesimpulan bahwa perubahan fisika hanya mengubah bentuknya saja.

Baca Juga: Pengertian Kinetika Kimia Laju Reaksi, Apa Faktor Utamanya?

Dengan memahami hal tersebut, harapannya tak ada lagi yang merasa bingung dengan perubahan kimia dan fisika.

Setelah menyimak review di atas, kini Anda sudah paham tentang ciri perubahan kimia pastinya. Tak hanya ciri, diharapkan Anda juga bisa lebih mudah memahami apa saja contoh perubahan kimia. Bahkan mendapatkan kemudahan dalam membedakannya dengan perubahan fisika. (R10/HR-Online)