Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaBerita CiamisCuaca Ekstrem Masih Terjadi, Bupati Ciamis Imbau Masyarakat untuk Selalu Waspada

Cuaca Ekstrem Masih Terjadi, Bupati Ciamis Imbau Masyarakat untuk Selalu Waspada

harapanrakyat.com,- Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya mengatakan, bahwa saat ini cuaca ekstrem masih terjadi.

Oleh karena itu, ia mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada dan berhati-hati. Mengingat cuaca saat ini sedang musim penghujan, jadi rawan akan bencana alam.

“Hati-hati akan hujan, banjir, tanah longsor, pergerakan tanah dan juga angin kencang. Kita harus tetap waspada,” kata Herdiat setelah menyaksikan pertandingan sepak bola antara Kabupaten Ciamis melawan Kota Bandung di Stadion Galuh Ciamis, Rabu (16/11/2022).

Baca Juga: Gerakan World Cleanup Day Ajak Masyarakat Ciamis Bijak Kelola Sampah

Sedangkan untuk tanggap darurat saat ada kejadian bencana, Herdiat menyebut bahwa Pemerintah Kabupaten Ciamis sudah baik dan quick respon.

“Kami sudah baik dan quick respon ketika ada kejadian bencana alam. Satu atau dua jam kita sudah tangani, sudah ke lapangan. Apa yang dibutuhkan dan perlukan kita layani, termasuk ada masyarakat yang perlu dievakuasi,” ucapnya.

Baca Juga: Meski Hujan, Peserta Jalan Santai Hari Jadi Ciamis Tetap Semangat

Sebelumnya, pada hari Selasa (15/11/2022) kemarin, akibat cuaca ekstrem yang masih terjadi yaitu hujan deras disertai angin kencang, puluhan rumah warga di Kecamatan Purwadadi mengalami kerusakan.

Tidak hanya itu, akibat hujan dan angin kencang tersebut juga menumbangkan pohon kelapa dan menimpa rumah warga di Kecamatan Lakbok.

Akibat kejadian tersebut, Pemkab Ciamis melalui instansi terkait langsung mendatangi lokasi, untuk melakukan penanganan terhadap musibah bencana alam tersebut. (Ferry/R5/HR-Online/Editor-Adi)