Rabu, November 30, 2022
BerandaBerita CiamisDamkar Ciamis Evakuasi Ular Sanca Batik yang Sembunyi di Kandang Ayam

Damkar Ciamis Evakuasi Ular Sanca Batik yang Sembunyi di Kandang Ayam

harapanrakyat.com,- Warga Dusun Cikananga, Desa Selamanik, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, geger dengan penemuan ular sanca batik berukuran besar bersembunyi pada kandang ayam, Rabu (16/11/2022). Pemilik kandang ayam pun kemudian meminta bantuan Damkar Ciamis untuk mengevakuasinya.

Nana Rukmana, pemilik kandang ayam, mengaku kaget ketika hendak memberi pakan ayam yang berada di belakang rumah. Ia kaget melihat seekor ular Sanca yang terlihat agresif berada dalam kandang ayam.

Nana pun khawatir ular sanca berukuran besar dan panjang yang terlihat sangat agresif itu menyerang dan menggigit. Karena saking takutnya, maka spontan berteriak sehingga warga setempat pun berdatangan ke lokasi.

“Saya langsung teriak karena kaget setelah melihat ular sanca berukuran besar dan panjang. Jenisnya kemungkinan ular sanca batik,” ujar Nana.

Baca Juga: Pria di Ciamis Menangkap Ular Sanca 3 Meter dengan Tangan Kosong

Meski warga berdatangan, namun tak ada seorang pun yang berani menangkapnya. Warga pun langsung menghubungi Pos WMK Pemadam Kebakaran Kawali minta untuk mengevakuasinya.

“Alhamdulillah petugas Pos WMK Kawali sigap dan langsung datang ke lokasi. Petugas pun berhasil mengevakuasi ular berukuran besar dan panjang itu dalam waktu 15 menit,” ujarnya.

Nana memperkirakan ular sanca batik tersebut kerap memangsa ternak ayam milik warga.

Petugas Pos WMK Damkar Kawali Kabupaten Ciamis Adam mengatakan ular sanca jenis batik tersebut memiliki ukuran panjang 4 meter. Beruntung ular tersebut berhasil dievakuasi. Mengingat ular tersebut cukup agresif dan membahyakan serta kerap memakan ternak warga.

“Ya, akan membahayakan sebab selain ukurannya sangat besar dan panjang juga sangat agresif,” ungkapnya.

Petugas damkar kemudian mengamankan ular sanca tersebut dan akan menyerahkannya ke BKSDA Ciamis. (Edji/R9/HR-Online/Editor-Dadang)