Sabtu, November 26, 2022
BerandaBerita TerbaruDesain Ruang Tamu Minimalis Elegan dengan Beragam Inspirasi

Desain Ruang Tamu Minimalis Elegan dengan Beragam Inspirasi

Desain ruang tamu minimalis bisa dengan berbagai gaya. Ruang tamu minimalis ini menjadi pilihan desain yang tepat untuk ruangan sempit. Dengan desain minimalis, ruang tamu akan terlihat tetap elegan.

Kini masalah utama dalam membangun hunian adalah ruang yang terbatas. Harga tanah yang semakin tinggi membuat banyak orang memilih untuk membeli yang tidak terlalu luas.

Itu menjadi salah satu alasan kenapa desain minimalis ini menjadi trend umum di masyarakat. Menggunakan desain minimalis dapat membuat ruangan sempit menjadi tampak indah.

Baca Juga: Ruang Tamu Lesehan Karpet, Hadirkan Kesan Santai dan Ceria!

Tips Membuat Desain Ruang Tamu Minimalis

Ruang tamu adalah bagian dari rumah. Sesuai dengan namanya, di ruangan ini Anda akan menerima tamu dari luar.

Apabila Anda ingin membangun kesan yang baik terhadap tamu, maka desain ruang tamu harus diperhatikan. Ruangan yang sempit nyatanya bukanlah sebuah masalah.

Ada begitu banyak inspirasi desain minimalis yang dapat Anda terapkan pada ruang tamu. Terlebih lagi saat ini desain ruang tamu yang semakin populer.

Bagaimana Menata Ruang Tamu yang Sempit?

Interior adalah suatu hal penting yang harus Anda perhatikan dalam mendesain ruangan, begitu juga dengan ruang tamu. Jika bisa, Anda perlu mendesainnya semenarik mungkin.

Anda bisa menata ruang tamu yang sempit dengan gaya desain ruang tamu minimalis berikut ini:

1. Menggunakan Interior Bernuansa Hitam Putih

Apabila ingin tampilan yang simpel tetapi elegan, Anda bisa menerapkan nuansa hitam putih atau monokrom pada ruang tamu. Gunakan poa catur dan zebra agar mendapatkan nuansa hitam putih.

Keeleganan ini tidak terlihat berlebihan. Sehingga, rasanya akan lebih sederhana dan juga nyaman.

2. Dekat dengan Taman Indoor

Inspirasi lain yang dapat Anda gunakan adalah mendesain ruang tamu dengan taman indoor. Hal ini bertujuan agar memberikan kesan lebih nyaman.

Dengan desain ini, maka ruang tamu akan terasa begitu natural dan alami. Desain minimalis elegan yang satu ini tidak terlihat membosankan.

Baca Juga: Cara Menata Ruang Tamu Rumah Kayu yang Unik dan Estetik

3. Menggunakan Sekat

Selanjutnya, Anda bisa membuat sekat untuk memisahkan ruang tamu dengan ruang keluarga atau yang lainnya. Hal ini akan membuat ruang tamu terasa lebih luas.

Penggunaan sekat akan memberikan efek lebih luas daripada dinding. Anda bisa menggunakan sekat yang terbuat dari bahan kayu.

4. Dominasi Interior Kayu

Desain ruang tamu minimalis selanjutnya adalah penggunaan interior kayu seperti rumah ala Jepang. Anda bisa mengaplikasikan hal lainya yang terbuat dari kayu, seperti meja atau kursi.

5. Menggunakan Dinding Batu Alam

Dinding batu alam akan membuat ruang tamu tampak lebih elegan. Anda bisa menggunakan jenis batu alam yang sesuai selera.

Meski harganya lebih mahal daripada wallpaper, tetapi batu alam lebih eksklusif dan memberikan kesan tidak biasa.

Apa Saja Hiasan di Ruang Tamu?

Dalam menerapkan desain ruang tamu minimalis, Anda juga bisa menambahkan beberapa hiasan di dalamnya. Beberapa hiasan yang bisa Anda berikan adalah:

  • Galeri di dinding yang berisi berbagai bingkai foto Anda.
  • Mural atraktif yang sesuai dengan tema atau konsep ruangan, contohnya seperti wall sticker.
  • Menambahkan rak terbuka yang menempel pada dinding untuk menyimpan berbagai koleksi.
  • Tanaman hias indoor yang akan membuat ruang tamu terlihat menyegarkan.
  • Sofa yang nyaman dengan motif polos.

Baca Juga: Motif Wallpaper untuk Ruang Tamu Sempit, Ini Rekomendasinya!

Apa Bedanya Ruang Keluarga dan Ruang Tamu?

Banyak yang masih belum menyadari bahwa ruang tamu dan ruang keluarga adalah dua hal berbeda. Ruang tamu, seperti namanya, merupakan ruangan di dalam rumah yang berfungsi untuk menyambut tamu.

Ketika tamu datang berkunjung, maka ruang tamu ini menjadi tempat pertama yang akan mereka datangi di rumah. Sedangkan ruang keluarga, merupakan ruangan untuk keluarga.

Ruang keluarga ini biasanya berada setelah ruang tamu, di mana anggota keluarga sering menghabiskan waktu mereka. Umumnya rumah akan memiliki ruang tamu dan ruang keluarga yang berbeda.

Hanya saja, tidak sedikit juga yang menyatukan antara ruang keluarga dan ruang tamu. Jadi, Anda hanya perlu menyesuaikan dengan luas lahan dan budget yang dimiliki.

Karena sangat penting, maka pastikan desain ruang tamu minimalis Anda tidak sembarangan. Gunakan inspirasi desain di atas sebagai inspirasi Anda dalam menciptakan ruang tamu yang indah dan nyaman. (R10/HR-Online)

Diskominfo Kota Banjar