Kamis, Desember 1, 2022
BerandaBerita TerbaruDetik Kabisat 2035 Resmi Dibatalkan, Apa yang Akan Terjadi?

Detik Kabisat 2035 Resmi Dibatalkan, Apa yang Akan Terjadi?

Detik kabisat 2035 harus batal. Para ilmuwan membatalkan detik kabisat yang sebelumnya akan mereka lakukan pada tahun 2035. Apa sebenarnya arti dari detik kabisat yang para ilmuwan rencanakan ini?

Anda mungkin sudah sering mendengar istilah tahun kabisat. Ya, tahun kabisat adalah di mana ada satu hari tambahan pada bulan Februari yang terjadi setiap empat tahun sekali.

Ternyata tidak hanya tahun kabisat, ternyata juga ada istilah detik kabisat. Para ilmuwan merencanakan detik kabisat tersebut dan harus mereka batalkan.

Baca Juga: Pengertian Radiasi Hawking, Ada Apa dengan Lubang Hitam?

Ilmuwan Sepakat Batalkan Detik Kabisat 2035

Waktu adalah suatu hal yang unik. Kini waktu yang kita ketahui adalah berdasarkan rotasi Bumi terhadap Matahari.

Di Bumi, satu tahun adalah sama dengan 365 hari dengan setiap harinya adalah 24 jam. Namun, setiap 4 tahun sekali hari akan bertambah menjadi 366.

Pada saat itu merupakan tahun kabisat. Mungkin hal mengenai tahun kabisat ini sudah sangat umum Anda ketahui, berbeda dengan istilah detik kabisat.

Sama seperti tahun kabisat, definisi dari detik kabisat adalah penambahan satu detik ke dalam kalender.

Baca Juga: Panjang Hari Bumi Meningkat, Alasannya Masih Jadi Misteri!

Definisi Detik Kabisat

Detik kabisat adalah ketika terjadi penyisipan satu detik ke dalam kalender yang bertujuan agar standar waktu yang ilmuwan siarkan hampir cocok dengan nilai waktu Matahari rata-rata.

Jadi, detik kabisat ini memang ditambahkan secara berkala ke jam selama setengah abad terakhir untuk memenuhi perbedaan antara waktu atom yang tepat dan rotasi Bumi yang lebih lambat.

Pada saat detik kabisat terjadi, maka waktu akan bertambah satu detik dalam waktu 24 jam. Selama ini detik kabisat mungkin tidak disadari banyak orang.

Akan tetapi, detik kabisat akan menimbulkan masalah untuk berbagai sistem yang membutuhkan aliran waktu yang tepat dan tidak terputus. Contohnya seperti perangkat lunak, telekomunikasi, perdagangan, navigasi satelit, dan bahkan perjalanan luar angkasa.

Baca Juga: Bumi Berputar Lebih Cepat daripada Setengah Abad Silam, Ini Dampaknya

Dampak Pembatalan Detik Kabisat

Detik kabisat telah menyebabkan banyak masalah untuk International Bureau of Weights and Measures (BIPM) yang bertanggung jawab untuk Coordinated Universal Time (UTC), waktu standar yang secara resmi dan internasional mengatur jam.

Itulah kenapa, detik kabisat 2035 rencananya akan ilmuwan hentikan. Hal ini sudah disahkan oleh 59 negara anggota BIPM dan pihak lainnya pada General Conference on Weights and Measures.

Pertemuan ini memang berlangsung setiap 4 tahun sekali di Istana Versailles, Perancis. Adapun terakhir kali detik kabisat ini terjadi adalah pada tahun 2016.

Partizi Tavella, Kepala Departemen Waktu BIPM mengatakan bahwa keputusan bersejarah ini akan memungkinkan aliran detik yang terus berlanjut tanpa terputus saat ini adalah karena detik kabisat yang tidak teratur.

Perubahan ini akan efektif pada atau sebelum tahun 2035. Karena detik kabisat 2035 batal, maka perbedaan antar waktu atom dan astronomi ini akan dibiarkan tumbuh, yakni ke nilai lebih besar dari satu detik. (R10/HR-Online)