Sabtu, November 26, 2022
BerandaBerita TerbaruDoa Setelah Sholat Jenazah, Mohonkan Ampun untuk si Mayit

Doa Setelah Sholat Jenazah, Mohonkan Ampun untuk si Mayit

Doa setelah sholat jenazah penting untuk diketahui. Sebab, setelah mengerjakan sholat jenazah, kita dianjurkan untuk membaca doa. Sholat jenazah merupakan salah satu proses yang mesti dikerjakan saat ada orang Islam yang meninggal.

Hukum menunaikan sholat jenazah yaitu fardhu kifayah. Hal ini berarti, kewajiban seorang muslim akan gugur apabila ada yang menunaikannya di suatu tempat. 

Tetapi, sebagai umat muslim, hendaknya tetap mengerjakan sholat jenazah apabila tahu saudara atau tetangganya meninggal dunia. Melakukan sholat jenazah sendiri punya beberapa keutamaan.

Doa Setelah Sholat Jenazah, Berikut Bacaannya!

Seperti penjelasan sebelumnya, sholat jenazah untuk umat Islam hukumnya adalah fardhu kifayah. Nah, sesudah mengerjakan sholat jenazah, ada doa yang dapat juga kita amalkan.

Karena hukumnya fardhu kifayah, maka apabila terdapat sebagian kaum muslimin yang memenuhinya, orang yang tidak mengerjakannya tidak berdosa.

Baca juga: Doa Maryam Agar Mudah Melahirkan, Jangan Tinggalkan!

Akan tetapi, apabila sama sekali tidak ada yang menunaikannya, maka semua kaum muslimin di sekitarnya bakal terkena dosa.

Di dalam sebuah hadits riwayat Muslim, Nabi Muhammad SAW bersabda terkait keistimewaan menunaikan sholat jenazah. Salah satunya adalah memberi syafaat untuk orang yang kita sholatkan tersebut.

“Tidaklah seorang muslim meninggal dunia, kemudian kaum muslimin yang berjumlah hingga seratus orang mensholatkannya, seluruhnya berdoa untuknya. Maka niscaya mereka dapat memberi syafaat bagi si mayit.”

Syarat Sah Mengerjakan Sholat Jenazah

Sebelum mengetahui bacaan doa setelah sholat jenazah, untuk melaksanakan sholat jenazah tentu ada beberapa syarat sah yang wajib kita penuhi.

  • Sama halnya dengan mengerjakan sholat yang lain, menunaikan sholat jenazah juga mesti menutup aurat, suci dari hadas kecil dan besar, suci badan, pakaian, maupun sholatnya, serta menghadap ke kiblat.
  • Jenazah sudah dalam keadaan suci dan berkafan
  • Posisi jenazah terletak di sebelah kiblat orang yang mensholatkannya. Kecuali jika sholat kita lakukan di dekat makamnya atau sholat ghaib.

Doa Sesudah Mensholatkan Jenazah

Ada perbedaan pelafalan doa setelah sholat jenazah untuk laki-laki dan perempuan. Oleh sebab itu, pada saat Anda mengerjakan sholat jenazah jangan sampai salah atau terbalik di dalam melafalkannya. 

Baca juga: Bacaan dan Doa Mandi Wajib Lengkap dengan Tata Caranya

Berikut merupakan lafal bacaan doa sesudah sholat jenazah untuk mayit laki-laki.

Sedangkan bacaan doa sesudah sholat jenazah untuk mayit perempuan adalah sebagai berikut.

Keutamaan Mengerjakan Sholat Jenazah

Nah, setelah mengetahui bagaimana bacaan doa setelah sholat jenazah, baik untuk mayit laki-laki maupun wanita, mari kita bahasa mengenai keutamaan mengerjakan sholat jenazah ini.

Sebelum mensholatkannya, hal yang mesti kita utamakan lebih dulu yaitu pengurusan jenazah. Pasalnya, sebuah hadits mengungkapkan, hal itu hendaknya kita lakukan dengan sesegera mungkin.

Baca juga: Doa Sayyidul Istighfar Menjanjikan Surga Bagi yang Mengamalkannya

Di dalam hadits dari Abu Hurairah Radiyallahu ‘anhu yang bertutur bahwasanya Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Bersegeralah kamu di dalam hal mengurusi jenazah. Sebab, apabila ia termasuk jenazah yang saleh, maka artinya kamu menyegerakan kebaikan untuknya.

Namun, apabila tidak masuk ke dalam golongan jenazah yang saleh (buruk), artinya kamu meletakkan keburukan dari pundakmu.” (HR Muttafaq ‘alaih).

Selain itu, bagi umat muslim yang menunaikannya, sholat jenazah mempunyai keutamaan atau fadhilah yang begitu besar. Berikut ini beberapa keutamaan mengerjakan sholat jenazah.

Pahalanya Sebesar Gunung Uhud

Pahala mensholatkan tentu saja tidak sama dengan mengiringi serta mengantarkan sampai ke pemakaman. Meskipun sama-sama besar, namun gambaran pahala mensholatkan jenazah sebesar gunung Uhud.

Hal tersebut sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW, yang berbunyi:

“Siapa saja yang mensholatkan jenazah serta tidak mengiringkan ke pemakaman, ia bakal mendapatkan pahala sebesar 1 qirath.  Apabila ia juga mengiringinya sampai ke pemakaman, ia bakal mendapatkan 2 qirath.

Kemudian ada yang bertanya, “Apa itu dua qirath?”, Rasulullah SAW menjawab, “yang paling kecil di antaranya sebesar gunung Uhud,” (HR Muslim).

Pahala untuk Jenazah Mengalir

Tidak hanya untuk orang yang mensholatkan lalu membacakan doa setelah sholat jenazah saja, ternyata ada juga keutamaan untuk jenazah yang kita sholatkan.

Terlebih lagi apabila jamaah yang mensholatkan jenazah terdiri dari 40 orang atau lebih. Sehubungan dengan hal tersebut, Nabi Muhammad SAW bersabda yang bunyinya:

“Tidaklah seorang muslim yang meninggal, kemudian 40 orang yang tidak berbuat syirik terhadap Allah SWT sedikitpun mensholatkannya. Melainkan Allah SWT bakal memperkenankan syafaat atau doa mereka baginya,” (HR Muslim).

Doa setelah sholat jenazah kita lafalkan ini dalam ajaran Islam berguna untuk memohonkan ampun untuk si mayit dari segala dosa. Selain itu juga kesalahan serta agar mayit tersebut terhindar dari siksa kubur maupun neraka. (Muhafid/R6/HR-Online)

Diskominfo Kota Banjar