Senin, Desember 5, 2022
BerandaBerita PangandaranDrainase Tak Terawat, Jalan di Pangandaran Ini Banjir Cileuncang

Drainase Tak Terawat, Jalan di Pangandaran Ini Banjir Cileuncang

harapanrakyat.com,- Drainase tak terawat mengakibatkan banjir cileuncang di sejumlah titik jalan Cibatu-Bangunjaya, Desa Bojongkondang, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Mahmud salah seorang pengguna jalan mengatakan, hampir setiap turun hujan, jalan raya Cibatu-Bangunjaya, tergenang air.

“Ini jelas akibat saluran air di kiri dan kanan jalan tak terawat, ada lebih dari 5 titik air hujan yang masuk ke badan jalan jika terjadi hujan. Bahkan hampir menyerupai aliran sungai,” katanya, Kamis (24/11/2022).

Baca Juga: Tagana Pangandaran Kirim Tim Bantu Korban Gempa Cianjur

Mahmud mengaku miris melihat beberapa saluran air yang tidak terawat. Apalagi ditambah sampah campur tanah yang menyumbat aliran air.

Menurutnya, kondisi tersebut terjadi setiap turun hujan, namun belum ada upaya dari pemerintah desa untuk membersihkan saluran air tersebut.

“Kondisi seperti ini hampir terjadi setiap turun hujan, namun tidak ada upaya dari pihak pemerintah desa setempat. Padahal jika ada gerakan kerja bakti untuk membersihkan saluran air kejadian seperti ini akan sedikit teratasi,” paparnya.

Mahmud menambahkan, banjir cileuncang yang selalu terjadi saat turun hujan sangat membahayakan bagi para pengguna jalan. Selain itu cileuncang juga bisa membuat jalan cepat rusak.

“Pihak pemerintah desa sebaiknya memerintahkan warganya untuk memperbaiki saluran air di pinggir jalan, agar hal serupa tidak selalu terulang, jangan hanya menunggu bantuan dari pemerintah daerah saja,” pungkasnya. (Enceng/R7/HR-Online/Editor-Ndu)