Kamis, Desember 1, 2022
BerandaBerita CiamisDukung Ketahanan Pangan Masyarakat, Kodim 0613/Ciamis Bersama Distan Sosialisasikan Pemanfaatan Bios 44

Dukung Ketahanan Pangan Masyarakat, Kodim 0613/Ciamis Bersama Distan Sosialisasikan Pemanfaatan Bios 44

harapanrakyat.com,- Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ciamis berkolaborasi dengan KODIM 0613/Ciamis menyelenggarakan Sosialisasi Pemanfaatan Bios 44 sebagai Dekomposer pada Tanaman Pangan, Perkebunan, Peternakan dan Perikanan untuk Mendukung Ketahanan Pangan di wilayah KODIM 0613/Ciamis, bertempat di Aula DPKP Kabupaten Ciamis, Selasa (8/11/2022).

Dandim 0613 Ciamis, Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi,S.I.P M.I mengatakan, petani saat ini sedang dihadapkan pada kondisi dimana iklim semakin sulit diprediksi dan kondisi lahan yang mulai kritis.

Sementara di sisi lain, kebutuhan akan pangan semakin meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk.

Oleh karena itu, peningkatan produksi dan produktivitas tanaman pangan, perkebunan, peternakan dan perikanan menjadi sebuah keharusan dalam rangka menjaga keutuhan negara.

Karena stabilitas ketahanan pangan merupakan indikator ketahanan negara.

“Hal inilah yang melatarbelakangi Kodim 0613/Ciamis ingin berkolaborasi dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ciamis dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan masyarakat,” ujar Dandim saat membuka kegiatan.

Adapun Bios 44 kata Wahyu, merupakan temuan Pangdam III Siliwangi, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Kunto Arief Wibowo pada saat beliau bertugas di Sumatera Selatan tahun 2015.

Saat itu terjadi kebakaran lahan hutan  yang menimbulkan polusi udara.

“Berkat Bios 44 ini, permasalahan lahan gambut di Sumatera Selatan dapat terselesaikan dan  lahan menjadi subur. Temuan BIOS 44 ini berupa cairan yang dapat mencegah kebakaran lahan gambut, sehingga pada tahun 2018, Pelaksanaan Asian Games di Sumatera Selatan dapat terbebas dari asap kebakaran hutan sampai dengan saat ini,” kata Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi.

Baca juga: Dinas Pertanian Ciamis Informasikan Kebijakan Baru tentang Pupuk Bersubsidi

Dandim 0613 Ciamis Sebut Bios 44 Suburkan Tanaman

Lanjutnya, Bios 44 ini merupakan pupuk organik, perpaduan beberapa mikroorganisme yang bisa membantu menyuburkan tanaman dan mengembalikan kesuburan tanah.

Ia menyebut jika pupuk Bios 44 sudah teruji dan telah dibuktikan di sejumlah daerah, dan pupuk ini berfungsi dengan baik menyuburkan tanaman.

“Jadi lewat kegiatan ini, saya berharap sinergitas Babinsa dan para penyuluh pertanian di lapangan dapat lebih meningkat demi terwujudnya ketahanan pangan,” jelasnya.

Tentunya, tambah Dandim, pupuk Bios 44 ini sangat cocok untuk petani agar bisa meningkatkan hasil pertanian.

Dalam kesempatan tersebut, Aef Saefulloh, S.Sos., M.Si menyampaikan apresiasinya kepada Kodim 0613 Ciamis yang sudah turut serta terlibat dalam pembangunan pertanian guna mewujudkan ketahanan pangan di Kabupaten Ciamis.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Ciamis, kami sampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Bapak Dandim beserta jajarannya yang sudah turut serta membangun pertanian guna mewujudkan ketahanan pangan di Kabupaten Ciamis,” katanya. (Fahmi/R8/HR Online/Editor Jujang)