Kamis, Desember 1, 2022
BerandaBerita TerbaruFakta Unik Katak Kayu, Bangkit dari Kematian Usai Membeku

Fakta Unik Katak Kayu, Bangkit dari Kematian Usai Membeku

Fakta unik katak kayu menarik untuk dibahas. Sebab, ternyata katak kayu mempunyai beberapa fakta unik yang masih jarang diketahui. Salah satu fakta unik dari makhluk hidup tersebut adalah mampu membeku ketika musim dingin.

Mungkin selama ini yang Anda tahu, makhluk hidup yang menghuni daerah dengan cuaca dingin merupakan sesuatu dengan bulu tebal atau memiliki tanduk. Akan tetapi, lain halnya dengan alias katak kayu Alaska.

Katak kayu adalah spesies pohon dengan populasi menyebar, mulai dari daerah Georgia, Amerika Serikat sampai ke wilayah Kanada, hingga ke lingkar kutub utara.

Baca Juga: Hewan Paling Bau di Dunia yang Harus Dihindari Saat Bertemu!

Fakta Unik Katak Kayu, Bisa Tahan Pipis Sampai 8 Bulan

Untuk kita, menahan pipis atau buang air kecil selama beberapa jam saja bisa menjadi masalah. Akan tetapi, kata kayu justru mampu menahan pipis bahkan sampai 8 bulan lamanya.

Kemampuan tersebut ternyata adalah salah satu cara untuk binatang amfibi ini bisa bertahan hidup. Katak kayu merupakan jenis binatang yang hidup di kawasan Alaska. 

Hewan ini mempunyai tubuh tidak begitu besar, yakni kira-kira 8,25 centimeter. Sedangkan untuk berat katak kayu ini adalah sekitar 8 gram.

Untuk ciri fisik yang lain dari binatang amfibi ini yaitu mempunyai kulit berwarna coklat yang menyerupai kayu. Di bagian wajah, ada kulit yang warnanya gelap seperti topeng.

Selain mampu menahan pipis sampai berbulan-bulan, terdapat sejumlah fakta unik yang lain mengenai binatang satu ini.

Membeku Ketika Musim Dingin

Fakta unik katak kayu yang pertama adalah membeku di musim dingin. Seperti yang diulas sebelumnya, katak kayu hidup di kawasan Alaska yang terkenal punya suhu rendah.

Ketika musim dingin tiba, suhu di wilayah Alaska dapat mencapai kira-kira minus 62 derajat Celcius. Guna beradaptasi dari keadaan cuaca tersebut, katak kayu punya cara yakni melakukan hibernasi.

Terdapat banyak binatang yang melakukan hibernasi panjang, contohnya marmut atau beruang. Tetapi, cara yang berbeda dilakukan oleh binatang kecil. Hewan amfibi tersebut berhibernasi dengan cara membekukan dirinya.

Ketika membeku, katak kayu bakal berhenti bernafas serta detak jantungnya pun berhenti. Kendati demikian, katak kayu tidak mati. Binatang tersebut menghasilkan zat antibeku khusus yang dapat menjaga sel di dalam tubuh tidak membeku.

Baca Juga: Fakta Menarik Tentang Kelinci, Punya Penglihatan Luar Biasa?

Bangkit dari Kematian Sesudah Membeku

Katak kayu ini mampu bertahan hidup walaupun seluruh tubuhnya membeku pada saat musim dingin tiba. Kemudian katak kayu tersebut bakal hidup normal kembali sesudah musim semi tiba.

Menurut sebuah riset, katak kayu ini bakal bertahan di dalam kisaran suhu antara minus 9 hingga 18 derajat celcius. Selama berminggu-minggu katak kayu melakukan hibernasi ketika musim dingin.

Sebagaimana poin sebelumnya, di saat hibernasi lebih dari 80% tubuh katak membeku, Detak jantung maupun nafasnya akan berhenti.

Aktivitas metabolisme hingga produksi kotorannya pun nyaris berhenti total. Katak kayu akan menemui proses membeku-mencair di dalam hidupnya saat musim dingin.

Ternyata, hewan ini mampu menghindari kematian berkat Cryoprotectant. Cryoprotectant merupakan larutan yang mengandung glukosa serta urea. 

Larutan tersebut akan menurunkan temperatur membeku dari jaringan tubuh katak kayu tersebut. Cryoprotectant tersebut bisa membantu sel untuk menghadang penyusutan karena temperatur di bawah titik nol ini.

Ketika matahari mulai muncul atau musim dingin berakhir, katak kayu bakal mencair lalu mencari makan dan meneruskan hidup.

Tahan Pipis 8 bulan

Sebagaimana sudah disinggung sebelumnya, tahan pipis hingga 8 bulan adalah salah satu fakta unik katak kayu. Selama hibernasi panjang tersebut, katak kayu juga tidak melakukan buang air kecil.

Tidak hanya selama beberapa jam, tetapi sampai 8 bulan lamanya binatang tersebut tidak pipis. Air urin pada katak kayu tersebut ternyata bermanfaat untuk melindungi tubuh selama berhibernasi.

Sehingga, sesudah musim dingin usai, katak kayu dapat kembali hidup. Berdasarkan riset, katak kayu punya pseudomonas yang fungsinya mendaur ulang urin.

Nah, urin daur ulang tersebut akan punya peranan penting di dalam memproteksi sel pada tubuh hewan ini.

Bisa Bertelur Sampai Ribuan

Fakta unik katak kayu selanjutnya adalah bisa mengeluarkan telur sampai ribuan jumlahnya. Katak kayu biasanya akan mencair lalu meneruskan hidup kembali di bulan Februari.

Kemudian di bulan Maret, binatang kecil ini bakal mulai mencari pasangan guna berkembangbiak. Katak kayu jantan bakal mengeluarkan suara khas guna menarik perhatian si katak kayu betina.

Katak kayu betina mampu mengeluarkan telur dengan jumlah ratusan sampai 3.000 telur. Seluruh telur tersebut akan menetas antara 9-30 hari kemudian.

Binatang ini akan menetas jadi kecebong kemudian berubah jadi katak. Sesudah jadi katak, biasanya binatang tersebut hanya mampu bertahan hidup tidak lebih dari 3 tahun.

Baca Juga: Burung Pemakan Buah Paling Tua di Bumi, Seperti Apa?

Mampu Mengenali Keluarga

Hal unik yang lain dari binatang kecil ini yakni adanya ikatan antar keluarga. Keunikan tersebut tampak ketika katak kayu masih dalam bentuk kecebong.

Di dalam sebuah kolam, mungkin saja ada begitu banyak telur yang berasal dari beberapa indukan. Akan tetapi, kecebong-kecebong tersebut akan saling mencari saudaranya.

Para kecebong dari katak kayu ini cenderung akan berkumpul dengan saudara-saudara kandungnya. Mereka akan hidup secara berkelompok sampai berubah jadi katak.

Nah, itulah beberapa fakta unik katak kayu yang dapat membeku kemudian hidup kembali. Proses hibernasi binatang amfibi ini memang cukup unik hingga menjadikan jantungnya berhenti berdetak. (R10/HR-Online)