Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaTeknologiAplikasiFitur Polling WhatsApp, Pengertian dan Cara Menggunakannya

Fitur Polling WhatsApp, Pengertian dan Cara Menggunakannya

Fitur polling WhatsApp resmi dirilis baik pada ruang pribadi maupun grup. Fitur polling ini sudah tersedia di WhatsApp seluruh dunia. Sehingga Anda pun bisa dengan mudah mengakses fitur tersebut setelah melakukan pembaruan aplikasi ke versi terbarunya.

Sebelumnya fitur WhatsApp ini hanya tersedia untuk versi beta. Namun kini tidak, fitur polling juga hadir dengan fungsi kurang lebih 12 opsi pilihan yang tercantumkan.

Hasil polling pun dapat terlihat oleh seluruh anggota grup, tidak hanya pembuatnya saja. Agar lebih jelas tentang fitur ini dan cara penggunaannya bisa simak terus penjelasannya.

Baca Juga: Cara Membuat Nada Dering WA dengan Suara Google

Kehadiran Fitur Polling WhatsApp Terbaru

Siapa yang tidak mengenal aplikasi WhatsApp atau WA. Hampir semua pengguna media sosial di dunia tahu dengan aplikasi yang satu ini. Dengan penggunanya yang cukup banyak, WhatsApp kembali menghadirkan fitur baru demi memberikan kepuasan pada pelanggan.

Kini adanya polling WhatsApp atau jajak pendapat bisa digunakan oleh pengguna WA di seluruh dunia. WA menjadi aplikasi kirim pesan yang terus memperbarui fiturnya untuk bisa memberikan pengalaman terbaik bagi penggunanya.

Dengan kehadiran fitur polling ini semakin membantu baik untuk pengguna iOS maupun Android. Dengan adanya fitur tersebut pengguna akan lebih mudah dalam pengambilan keputusan.

Apa itu Fitur Polling WA?

Dari sekian banyaknya fitur yang ada pada aplikasi WA, kini datang lagi yang baru. Fitur polling WhatsApp atau jajak pendapat ini menjadi cara sistematis yang dimanfaatkan untuk mengumpulkan berbagai informasi .

Fitur yang satu ini bisa pengguna manfaatkan untuk mengajukan pertanyaan dan mendapatkan jawaban dalam sebuah percakapan. Dengan fitur tersebut akan jauh lebih mudah dalam pengambilan keputusan yang berkaitan dengan grup.

Misalnya ketika memilih destinasi liburan dan sebagainya. Dalam obrolan grup WhatsApp fitur ini menyediakan tanpa batas tidak hanya pada admin grup saja. Akan tetapi setiap anggota bisa menggunakan fitur tersebut.

Pengguna bisa mendapatkan hingga 12 opsi jawaban. Sehingga sangat berfungsi ketika berdiskusi dengan menentukan pilihan suara terbanyak.

Baca Juga: Fitur Anti Cepu WhatsApp Akhirnya Hadir, Sudah Bisa Dicoba!

Cara Menggunakan Fitur Polling

Sebenarnya kehadiran fitur polling WhatsApp cukup membantu. Apalagi ketika ada pertanyaan tentang berbagai diskusi untuk bersama yang membuatnya semakin mudah dalam menentukan pilihan. Polling akan terbaharui setiap vote atau ada pilihan baru.

Sehingga hasil dari polling akan selalu update. Hasil polling hanya bisa terlihat bagi mereka yang masuk dalam satu grup tersebut. Karena fiturnya yang cukup menarik, penggunaannya jauh lebih mudah. Anda cukup ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Langkah pertama Anda bisa buka grup WA yang diinginkan.
  2. Selanjutnya untuk langkah kedua ketuk ikon Attachment atau lampiran.
  3. Silahkan pilih opsi pools atau polling yang muncul jika aplikasi WA sudah memilikinya.
  4. Memasukkan judul dan opsi polling.
  5. Bisa coba tekan tombol kirim untuk posting polling di grup WA.

Cara Membuat Polling WhatsApp di Android Maupun iOs

Setelah Anda tahu bagaimana cara menggunakan fitur polling kini saatnya tahu cara pembuatannya. Meski tergolong sederhana, namun tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Anda bisa melakukan cara ini agar dapat merasakan fitur menarik yang membantu menyelesaikan satu masalah terkait dengan pendapat sebuah grup WA. Adapun cara pembuatan polling WA yaitu:

1. Membuat polling WhatsApp di Android

Caranya cukup mudah, yakni dengan langkah berikut:

  1. Silahkan buka aplikasi WA
  2. Masuk dan buka ruang obrolan grup atau individu untuk memulai jajak pendapat atau polling.
  3. Silahkan pilih tombol lampiran. Tentukan menu poll dan ketik pertanyaan Anda pada menu ajukan pertanyaan.
  4. Sertakan pilihan jawaban, jika selesai tekan send atau kirim.

2. Membuat Polling WhatsApp di iOS

Untuk membuat polling WA dengan iOS, yakni:

  1. Langkah awal bisa buka aplikasi WA di perangkat iOS. Buka ruang obrolan grup atau individu untuk memulai polling.
  2. Silahkan pilih tombol “+” dan temukan menu poll.
  3. Jika sudah bisa ketik pertanyaan pada menu ajukan pertanyaan, jangan lupa sertakan jawaban.
  4. Jika proses selesai bisa kirim.

Baca Juga: Fitur WhatsApp Business Search, Fungsi dan Penggunaannya

Saat ini keberadaan fitur polling semakin membantu pengguna aplikasi dalam pengambilan keputusan baik di grup maupun individu. Anda pun bisa menggunakannya baik melalui ponsel Android maupun iOS.

Apalagi cara menggunakan dan membuat fitur polling WhatsApp tergolong cukup mudah. Bagi pengguna aplikasi WhatsApp bisa manfaatkan fitur demi kepentingan bersama maupun pribadi. (R10/HR-Online)