Rabu, Februari 8, 2023
BerandaBerita TerbaruFungsi Antena pada Serangga dan Bentuknya, Kenali Lebih Dekat!

Fungsi Antena pada Serangga dan Bentuknya, Kenali Lebih Dekat!

Fungsi antena pada serangga ternyata beragam. Dalam anatomi serangga, ada antena pada bagian atas kepala yang memiliki fungsi tersendiri. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut seputar anatomi makhluk hidup tersebut, Anda simak saja ulasan di bawah ini.

Baca Juga: Fakta Unik Katak Kayu, Bangkit dari Kematian Usai Membeku

Mengenal Fungsi Antena pada Serangga

Antena adalah bagian tubuh yang berperan penting sebagai indera pada serangga. Namun nyatanya bukan hanya itu saja fungsi yang dimiliki antena. Mau tahu apa saja fungsi tersebut?

Mendeteksi Sentuhan dan Getaran

Salah satu fungsi antena yaitu untuk mendeteksi sentuhan. Tak terkecuali pula dengan getaran. Hal ini memungkinkan serangga bisa mengetahui kondisi sekitar.

Dengan fungsi yang satu ini, bisa kita bilang bahwa antena membuat serangga lebih peka terhadap lingkungan di sekelilingnya.

Pergerakan Udara dan Suhu

Selain mendeteksi sentuhan dan getaran, fungsi antena pada serangga juga berkaitan dengan pergerakan udara. Dalam hal ini, antena juga berfungsi untuk mendeteksi suhu.

Bisa kita tarik kesimpulan bahwa antena memiliki kemampuan untuk mendeteksi kelembaban, kecepatan angin, hingga arah. Dengan begitu, serangga bisa lebih memahami udara maupun suhu di sekitarnya.

Mengenali Bau dan Rasa

Serangga bisa lebih mudah mengenali bau maupun rasa yang ada di dekatnya dengan memanfaatkan antena. Pada dasarnya, antena memang sebagai organ perasa sekaligus peraba material.

Tak heran apabila serangga mampu mengetahui benda di dekatnya hanya dari bau maupun rasanya.

Fungsi yang satu ini terlihat jelas pada lalat rumah. Karena mampu mengenali bau dan rasa, antena juga memudahkan dalam menemukan sumber makanan.

Maka dari itu, jangan heran apabila lalat rumah mampu menemukan makanan yang Anda sembunyikan.

Alat Pendengar

Selama ini kita tahu bahwa telinga berperan penting sebagai organ pendengar. Namun tahukah Anda bahwa ternyata antena pada serangga memiliki fungsi sebagai alat pendengar. Kemampuan ini dikenal dengan istilah chordotonal.

Menemukan Pasangan

Antena pada serangga juga bisa Anda gunakan untuk menemukan pasangan. Adapun salah satu contohnya yaitu kupu-kupu.

Kupu-kupu jantan bisa mendeteksi keberadaan kupu-kupu betina berdasar partikel feromon seksual dari lawan jenisnya. Bukan hanya menemukan pasangan, antena juga bisa serangga gunakan untuk memegang pasangan ketika perkawinan (kopulasi).

Media Komunikasi

Antena nyatanya juga bisa serangga fungsikan sebagai media komunikasi. Tentu saja hanya sesama anggota koloni saja yang mampu memahami komunikasi melalui antena tersebut. Salah satu contohnya ialah kemampuan pada semut.

Baca Juga: Cara Laba-Laba Mengeluarkan Jaring dari Dalam Tubuhnya

Menangkap Mangsa

Serangga bisa mudah menangkap mangsa berkat bantuan antena. Fungsi antena yang satu ini terlihat jelas pada serangga belalang sembah.

Bentuk Antena pada Serangga

Fungsi antena pada dasarnya disesuaikan dengan jenis serangganya. Hal inilah yang membuat fungsi antena cukup bervariasi.

Di balik peran yang beragam, antena pada serangga juga memiliki berbagai bentuk. Berikut beberapa diantaranya. Pastikan tak ada poin yang Anda lewatkan.

Plumose

Jenis antena pada serangga yang satu ini memiliki bentuk berupa cabang halus dan tampak seperti bulu. Mengenai contoh serangga yang memiliki antena dengan bentuk plumose yaitu ngengat dan nyamuk.

Capitate

Bentuk antena serangga selanjutnya yaitu capitate. Antena pada serangga ini memiliki tonjolan bulat di bagian ujungnya dengan fungsi khusus.

Sementara untuk contoh serangga yang mempunyai antena dengan bentuk capitate yaitu kumbang.

Aristate

Bentuk antena serangga ini tak kalah menarik untuk Anda ketahui. Aristate merupakan antena yang mempunyai satu segmen besar dengan bulu atau rambut. Anda bisa menemukan bentuk antena ini pada lalat.

Clavate

Bentuk antena ini menyerupai pentungan. Hal ini karena bentuk antenanya kian membesar apabila melihatnya sampai ke ujung dengan bertahap.

Anda bisa menemukan antena dengan bentuk ini pada serangga kumbang Clavate Tortoise Beetle.

Baca Juga: Fase Pertumbuhan Bakteri, Apa Saja Itu? Yuk Simak di Sini!

Flabellate

Antena flabellate memiliki bentuk mirip dengan kipas. Perihal contoh serangga yang memiliki antena dengan bentuk flabellata yaitu beberapa kelompok serangga dalam Hymenoptera, Coleoptera, hingga Lepidoptera.

Setelah menyimak review di atas, tentu Anda sudah paham mengenai fungsi antena pada serangga bukan? Selain fungsi, Anda juga lebih mengenal bagaimana bentuk antena. Harapannya, pembahasan tersebut bisa menambah wawasan Anda seputar anatomi makhluk hidup, khususnya serangga. (R10/HR-Online)