Rabu, Februari 8, 2023
BerandaBerita TerbaruFungsi Fitur Traction Control pada Mobil, Penting untuk Keamanan!

Fungsi Fitur Traction Control pada Mobil, Penting untuk Keamanan!

Fungsi fitur Traction Control pada mobil cukup banyak. Sudah banyak mobil yang memiliki fitur Traction Control satu ini. Keberadaan fitur mobil ini sangatlah membantu dalam berkendara.

Keamanan dalam berkendara adalah suatu hal yang sangat penting. Oleh karena itu, kendaraan saat ini banyak yang membawa fitur keamanan dengan teknologi terbaru.

Salah satu yang sudah banyak mobil miliki adalah Traction Control. Ini merupakan fitur yang akan memberikan kenyamanan dalam berkendara.

Baca Juga: Fungsi Fitur Cruise Control dan Cara Penggunaannya

Fungsi Fitur Traction Control pada Mobil yang Wajib Anda Tahu!

Sebenarnya pabrikan mobil sudah menyediakan berbagai fitur yang menunjang keamanan para pengendaranya. Seperti misalnya dengan kehadiran fitur-fitur canggih.

Fitur yang saat ini sudah banyak dimiliki oleh mobil modern adalah Traction Control. Ini merupakan fitur keamanan yang pabrikan berikan.

Dengan kehadiran fitur ini, maka nantinya kegiatan berkendara akan menjadi lebih nyaman dan keamanan pengendara bisa lebih terjamin.

Apa Itu Traction Control pada Mobil?

Meski sudah banyak hadir di berbagai mobil, tetapi tidak sedikit juga yang masih belum mengetahui definisi dari fitur ini.

Traction Control merupakan sebuah sistem kontrol traksi yang menjadi fungsi kedua dari anti-lock braking system pada sebuah kendaraan.

Tujuan dari fitur ini tentunya adalah untuk mencegah hilangnya traksi yang ada di roda kendaraan. Fungsi fitur Traction Control pada mobil ini membantu menjaga stabilitas ketika tengah menikung tajam.

Karena pada saat menikung tajam, maka pengemudi harus menjaga pada akselerasi kemudi dan juga pengeremannya. Di sinilah Traction Control dapat membantu pengemudi tetap stabil mengarahkan mobilnya.

Baca Juga: Cara Tune Up Mobil Sendiri, dengan Langkah Mudah Tanpa Biaya Mahal

Fungsi dari Traction Control

Jika Anda salah satu pengemudi mobil, maka sebaiknya mengetahui kegunaan atau fungsi dari fitur ini. Berikut ini beberapa fungsinya:

1. Meminimalisir Risiko Tergelincir

Fungsi dari Traction Control yang pertama adalah meminimalisir risiko mobil tergelincir ketika berada di belokan yang sangat tajam.

Hal ini karena Traction Control akan mencegah terjadinya slip pada ban. Dengan begitu, maka Anda tidak perlu khawatir ketika melaju pada belokan yang menikung.

Kemampuan ini juga memudahkan saat ingin berkendara di jalanan yang basah. Degan Traction Control, maka akselerasi bisa lebih mudah dan aman.

2. Membantu Saat Belok

Sebagaimana diulas di atas, fungsi fitur Traction Control pada mobil adalah meminimalisir risiko tergelincir, tak terkecuali ketika berbelok.

Selan itu, fitur ini juga memungkinkan pengemudi untuk lebih mudah saat melewati belokan. Fitur ini akan mengerem secara lembut saat pengemudi tidak sengaja menekan pedal gas terlalu cepat.

3. Menyesuaikan Putaran Roda

Saat sensor mendeteksi ada satu atau lebih roda yang berputar lebih cepat, maka Traction Control akan langsung bekerja. Dengan begitu, semua roda akan berjalan secara selaras.

4. Sebagai Sistem Pengereman Roda

Perlu Anda ketahui juga bahwa fitur Traction Control ini juga berperan penting dalam sistem pengereman langsung terhadap tiap roda mobil.

Jika bekerja pada rem roda depan, maka fitur ini akan mencegah terjadinya oversteer. Sedangkan untuk rem roda belakang, maka bisa mencegah terjadinya understeer.

Tidak hanya itu, sistem Traction Control juga berguna untuk menurunkan tenaga mesin hingga mobil nantinya bisa terkendali lagi.

Baca Juga: Tanda Rem Mobil Masuk Angin dan Mengatasinya dengan Teknik Bleeding

Cara Aktifkan Traction Control

Perlu Anda ketahui bahwa untuk merasakan fungsi fitur Traction Control pada mobil, maka harus mengaktifkannya terlebih dahulu.

Dengan mengaktifkan fitur ini, maka berkendara akan terasa lebih nyaman. Adapun sebenarnya cara mengaktifkan fitur Traction Control ini terbilang cukup mudah.

Anda hanya perlu menekan tombol mengaktifkan yang biasanya terletak di dekat roda kemudi. Hanya dengan menekannya, maka fitur ini sudah bisa bekerja secara otomatis.

Memang keberadaan fitur ini sangat membantu pengemudi. Namun begitu, Anda harus mematikan fitur ini di beberapa kondisi, seperti saat melewati tanjakan.

Sebaiknya Anda mematikan fitur Traction Control saat berada di tanjakan agar penyaluran tenaga bisa lebih maksimal dan mobil tidak kesulitan melaju. Anda juga perlu menjaga injakan pedal gas agar ritme putaran mesin tidak terlalu tinggi.

Adapun fungsi fitur Traction Control pada mobil tidak selalu ada. Beberapa mobil masih tidak memiliki fitur ini, terutama jika itu merupakan keluaran lama. (R10/HR-Online)