Minggu, November 27, 2022
BerandaBerita TerbaruFungsi Koil pada Sepeda Motor, Komponen Vital dalam Pengapian

Fungsi Koil pada Sepeda Motor, Komponen Vital dalam Pengapian

Fungsi koil pada sepeda motor sangat penting. Sebagaimana yang kita tahu bahwa koil merupakan salah satu komponen vital pada sepeda motor dengan fungsi tersendiri. Untuk mengetahui fungsi komponen motor ini, Anda bisa simak ulasan berikut.

Baca Juga: Jenis Busi Motor yang Jarang Diketahui Lengkap dengan Fungsinya!

Mengenal Fungsi Koil pada Sepeda Motor

Koil adalah komponen yang mendukung proses pengapian. Tanpa adanya koil, maka proses pengapian sepeda motor tidak bisa berlangsung secara optimal. Akibatnya, sepeda motor tak bisa hidup dan Anda gunakan untuk berkendara sebagaimana mestinya.

Terlepas dari fungsi utama tersebut, koil masih memiliki beragam kegunaan lainnya. Lantas apa saja fungsi koil?

Mengubah Tegangan Listrik

Salah satu fungsi koil pada sepeda motor yaitu mengubah tekanan listrik yang mulanya 12 volt dari aki jadi ribuan volt.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa di setiap kendaraan terdapat tegangan yang kapasitas besar kecilnya tak sama. Kapasitasnya tergantung dari jumlah parameter.

Tegangan listrik yang ada maupun hasil dari koil pada sepeda motor juga beragam. Ada tegangan listrik yang 5.000 volt sampai dengan 30.000 volt.

Menariknya lagi, koil yang tertanam pada kendaraan berspesifikasi mumpuni mampu berkapasitas 40.000 volt.

Mengatur Api

Selain mengubah tegangan listrik, fungsi koil pada sepeda motor juga berperan penting dalam mengatur api. Dalam hal ini, volume yang ada di sepeda motor tak terlalu tinggi ataupun terlalu rendah berkat koil.

Penggunaan koil dalam pengaturan pengapian mampu membuat volume api lebih stabil.

Karena volume apinya stabil, maka mesin bisa menyala dengan baik. Menyadari fungsi yang satu ini, tak bisa kita pungkiri bahwa koil sangatlah penting.

Apabila koil terdeteksi mengalami kerusakan atau hampir aus, pastikan untuk segera memperbaikinya.

Baca Juga: Cara Mengganti Busi Motor yang Benar, Ikuti Tahapan Berikut Ini!

Menaikkan Listrik

Fungsi koil pada sepeda motor selanjutnya yaitu bisa menaikkan listrik yang berasal dari aki secara optimal. Perlu untuk Anda ketahui bahwa Engine Control Module atau CDI akan terus mengalir sampai ke area busi. Hal ini karena koil tak bisa bekerja sendirian.

Untuk menjalankan semua fungsinya dengan baik, koil memerlukan alternator. Dengan bantuan tersebut, maka koil bisa meneruskan percikan api yang ada di ruang bahan bakar.

Adanya percikan api, maka busi bisa membuat mesin motor menyala dengan tegangan listrik tinggi sesuai kebutuhan pengendara.

Jenis Koil Sepeda Motor

Setelah mengetahui apa saja fungsi koil pada sepeda motor, tak kalah penting pula untuk memahami ragam jenisnya.

Pada dasarnya, koil yang ada pada sepeda motor terbagi menjadi tiga tipe. Sebut saja tipe canister, moulded, dan koil gabungan. Tiap tipe tersebut memiliki kelebihan dan bentuk tersendiri.

Koil dengan tipe canister memiliki inti besi di tengahnya dan terbalut kumparan sekunder. Sementara untuk kumparan primer bisa Anda temukan di sisi luar kumparan sekunder.

Dalam pemanfaatannya, tipe canister biasanya terisi oli agar peredaman panas dari koil bisa berlangsung lebih optimal. Semua komponennya terakit di satu rumah pada logam canister.

Berlanjut ke koil dengan tipe moulded. Inti besi pada tipe ini berselimut kumparan primer, sementara kumparan sekundernya ada di sisi luar.

Bisa dibilang bahwa tipe koil ini berbanding terbalik dengan koil tipe canister. Perlu untuk Anda ketahui bahwa tipe yang satu ini termasuk populer karena memiliki konstruksi yang tahan dan kuat.

Mengenai perakitannya, semua komponen dibungkus dalam resin agar tahan getaran. Sudah bukan rahasia lagi bahwa sepeda motor kerap bergetar atau terguncang ketika digunakan dalam berkendara. Terlebih lagi jika digunakan untuk melewati medan jalan yang kurang rata.

Beralih ke koil tipe gabungan. Koil yang juga populer dengan sebutan koil batang ini menyatu dengan tutup busi.

Tipe koil ini memiliki ukuran besar dengan berat lebih ringan daripada tipe moulded. Sebagai koil terpopuler, tipe yang satu ini menguntungkan penggunanya karena tak membutuhkan kabel tegangan tinggi.

Baca Juga: Cara Cek Koil Motor Injeksi dengan Mudah, Pemula Wajib Tahu Ini!

Kini Anda sudah tahu apa saja fungsi dari koil. Tak bisa kita pungkiri bahwa kegunaan komponen yang satu ini sangat penting bukan?

Selain fungsi koil pada sepeda motor, Anda juga bisa tahu apa saja jenisnya. Harapannya, review di atas bisa menambah referensi ataupun wawasan Anda terhadap komponen sepeda motor. (R10/HR-Online)

Diskominfo Kota Banjar