Minggu, November 27, 2022
BerandaBerita TerbaruFungsi Lubang Kecil pada Rem Cakram, Cek agar Tak Penasaran!

Fungsi Lubang Kecil pada Rem Cakram, Cek agar Tak Penasaran!

Fungsi lubang kecil pada rem cakram mengundang rasa penasaran pemilik kendaraan. Pada rem cakram memang ada lubang kecil dengan fungsi tersendiri, baik itu di sepeda motor maupun mobil. Untuk mengetahui sebenarnya apa fungsi komponen motor tersebut, Anda bisa ikuti pembahasan di bawah ini.

Baca Juga: Komponen Rem Cakram Motor Lengkap dengan Fungsi-fungsinya!

Mengenal Fungsi Lubang Kecil pada Rem Cakram

Perlu untuk Anda ketahui bahwa lubang kecil yang ada pada rem cakram memiliki beragam peran. Secara keseluruhan, inti dari fungsinya ialah mendukung kinerja rem cakram sehingga berkendara terasa aman dan nyaman.

Media Pemuaian Piringan

Salah satu fungsi lubang kecil yang ada pada rem cakram yaitu sebagai media penting dalam melakukan pemuaian piringan. Saat rem cakram Anda fungsikan untuk pengereman, maka panasnya akan memuai ke bagian horizontal. Dengan demikian, disc pad tak akan terlalu terbebani.

Berkat adanya komponen tersebut, maka rem cakram bisa melakukan pengereman secara optimal sehingga Anda tak akan terganggu ketika tengah berkendara.

Oleh karena itu, apabila tidak ada komponen lubang kecil ini, maka Anda akan kesulitan dalam mengerem kendaraan. Akibatnya, laju kendaraan tak akan terkendali dengan baik.

Membantu Proses Pendinginan

Sebagaimana yang sudah kita singgung di atas bahwa rem cakram bisa menghasilkan panas ketika pengguna fungsikan untuk mengerem.

Hal ini karena adanya gesekan keras yang terjadi antara rem cakram dengan kampas rem dalam menghentikan roda kendaraan. Karena alasan tersebut, maka suhu cakram akan meninggi.

Namun Anda tak perlu khawatir, komponen tersebut tak akan mengalami overheat atau aus karena ada lubang kecil yang mampu membantu proses pendinginan cakram.

Suhu cakram pun tak akan melebihi batas dan tetap stabil. Lubang-lubang kecil yang ada di rem cakram akan mempermudah pelepasan panas dari gesekan.

Baca Juga: Minyak Rem Motor, Segera Ganti Saat Kondisinya Seperti Ini!

Memperbesar Geseran

Fungsi lainnya dari lubang kecil di rem cakram yaitu memperbesar geseran atau friksi yang terjadi. Berkat adanya lubang kecil pada rem cakram, maka komponen pengereman tersebut bisa bergeser secara mudah dalam meningkatkan kinerjanya.

Berbeda halnya apabila tidak ada lubang kecil, maka rem cakram akan terasa berat ketika Anda fungsikan untuk mengerem.

Menampung Kotoran

Lubang kecil yang ada pada rem cakram juga memiliki fungsi untuk menampung kotoran. Tak sedikit pemilik kendaraan yang belum mengetahui fungsi satu ini.

Adapun kotoran yang dimaksud yaitu debu ataupun kotoran lainnya yang menempel di kendaraan.

Fungsi ini bisa Anda buktikan sendiri dengan mencermati saat membersihkan kendaraan. Pada lubang kecil ini pasti Anda akan menemukan banyak kotoran yang tertinggal.

Berkat adanya lubang kecil, maka kotoran yang menempel tak akan menyebar ke bagian lain sehingga mengganggu tampilan kendaraan.

Selain mengganggu tampilan kendaraan, kotoran ini juga menyebabkan kinerjanya menjadi terhambat. Hal ini juga bisa merusak kenyamanan Anda selama berkendara.

Supaya fungsi lubang kecil semakin optimal, Anda bisa membersihkannya ketika mencuci kendaraan.

Saat lubang kecil sudah tak menampung kotoran lagi, maka akan lebih mudah dalam menangkap kotoran-kotoran baru yang menempel pada kendaraan. Anda tentu sangat terbantu dengan adanya komponen lubang kecil pada rem cakram ini bukan?

Baca Juga: Rem Motor Berbunyi, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cara Merawat Rem Cakram

Supaya sektor pengeraman tetap bisa berfungsi secara optimal, pastikan Anda memberikan perawatan secara rutin pada komponen tersebut.

Adapun salah satu caranya yaitu membersihkan rem cakram secara berkala. Rem cakram seringkali tertempel noda ataupun kotoran, sehingga harus dibersihkan supaya berfungsi lagi dengan baik.

Selain rutin membersihkan, Anda juga bisa menjaga kondisi rem cakram dengan memperhatikan kebiasaan selama berkendara.

Pastikan Anda tidak terlalu sering mengerem secara mendadak. Kebiasaan ini akan membuat rem cakram bekerja terlalu ekstra sehingga lebih mudah aus.

Jika sudah aus, maka mau tak mau Anda harus memperbaikinya. Apabila kerusakannya sudah terlalu parah, jelas Anda perlu menggantinya dengan rem cakram yang baru. Hal ini mengharuskan Anda keluar biaya tambahan.

Melalui review di atas, kini Anda sudah tahu apa saja fungsi lubang kecil pada rem cakram. Mengingat pentingnya fungsi tersebut, pastikan Anda menjaganya dengan baik supaya tetap bisa berfungsi sebagaimana mestinya. (R10/HR-Online)

Diskominfo Kota Banjar