Kamis, Desember 1, 2022
BerandaBerita TerbaruHonda Civic RS e:HEV Rilis di Malaysia, Indonesia Sebentar Lagi?

Honda Civic RS e:HEV Rilis di Malaysia, Indonesia Sebentar Lagi?

Honda Civic RS e:HEV selalu berhasil membuat kagum. Tampaknya kini Civic RS e:HEV semakin mendekati Indonesia. Setelah meluncur di Negeri Gajah Putih Thailand, kini mobil dari Honda ini menyapa pasar Malaysia.

Di Malaysia, Honda meluncurkan Civic RS e:HEV terbaru untuk melengkapi varian RS kedua. Ya, Malaysia menjadi salah satu negara yang menjual mobil satu ini dengan dua versi.

Dua versi dari Civic RS e:HEV yang hadir di Malaysia tersebut adalah bermesin turbo dan juga bermesin hybrid e:HEV.

Baca Juga: All New Honda ZR-V Mulai Dijual Tahun Depan di Jepang

Honda Civic RS e:HEV Hadir di Malaysia

Pada 16 November lalu, Honda Malaysia mendapat giliran peluncuran mobil terbaru, yaitu Civic RS e:HEV. Sebelumnya, mobil ini juga sudah meluncur di Thailand terlebih dahulu pada Juni lalu.

Meluncurnya Civic RS e:HEV ini bisa saja menjadi tanda bahwa kemunculannya di Indonesia akan terjadi dalam waktu dekat ini.

Chief Executive Officer dan Managing Director Honda Malaysia, Hironobu Yoshimura mengatakan bahwa mobil yang satu ini menjanjikan pengalaman berkendara superior untuk para konsumen Civic.

Tentunya teknologi hybrid pada mobil ini bukanlah hal baru untuk Honda Malaysia. Karena sudah diperkenalkan kepada masyarakat sejak 2007 lalu dengan peluncuran Civic Hybrid pertama.

Baca Juga: Honda WR-V 2023 Hadir Setara Amaze, Banyak Fitur Canggih

Desain Sport Premium

Mobil sedan ramah lingkungan milik Honda satu ini semakin memperkuat jajaran Honda Civic dan memenuhi jajaran e:HEV Honda.

Civic RS e:HEV muncul dengan desain sporty premium yang sangat mewah. Mobil ini mendapatkan beberapa aksen krom pada bagian fasadnya dan juga emblem khas e:HEV tampak dari depan ke belakang.

Apabila berbicara mengenai nuansa kabin, maka Honda Civic RS e:HEV memiliki rancangan dengan konsep “Fine Morning” yang bertujuan untuk menciptakan rasa nyaman.

Interior mobil menekankan kegunaan garis ramping dan juga prestisius dengan bahan berkualitas tinggi. Selain memberi aksen sporty, jok Civic RS e:HEV menggunakan kulit sintetis dengan warna merah pada jahitannya.

Dengan model pelipatan 60:40, hal ini bisa memperbesar ruangan dan tambahan ventilasi AC belakang serta dua port USB.

Baca Juga: Honda Civic Type R 2023 Debut di AS, Justru Semakin Simpel?

Perbedaan Mesin Turbo dan Hybrid

Civic RS terdiri dari dua varian, yaitu bermesin turbo dan juga hybrid. Keduanya memiliki perbedaan mulai dari mesin dan sistem penggerak.

Civic RS mesin turbo menggunakan mesin empat silinder VTEC TURBO dengan kapasitas 1.498 cc yang mampu menghasilkan tenaga 179 dk dan torsi 240 Nm.

Tenaga mesin turbo ini tersalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis CVT.

Di sisi lain, Civic RS e:HEV mendapatkan mesin empat silinder siklus Atkinson dengan kapasitas 1.993 cc dan dua motor listrik. Mesin ini menghasilkan tenaga 140 dk dan torsi 189 Nm.

Tetapi, dengan bantuan motor listrik, tenaganya bisa mencapai 181 dk dan torsi 315 Nm. Klaimnya, Honda Civic RS e:HEV dapat berakselerasi lebih kencang dari RS mesin turbo dengan 0-100 km/jam dalam waktu 7,9 detik. (R10/HR-Online)