Sabtu, November 26, 2022
BerandaBerita TerbaruHP Sering Mati Sendiri, Cek Apa Saja Penyebabnya!

HP Sering Mati Sendiri, Cek Apa Saja Penyebabnya!

HP sering mati sendiri menjadi permasalahan serius yang menimpa pengguna gadget. Ada berbagai faktor yang membuat HP bisa mati sendiri dan sering terjadi secara mendadak. Jika Anda juga mengalami masalah HP tersebut, ada baiknya untuk mengetahui sebenarnya apa yang jadi penyebabnya.

Baca Juga: Cara Menghemat Baterai HP agar Awet dan Berfungsi Optimal

Kenali Penyebab HP Sering Mati Sendiri

Ponsel yang sering mati sendiri jelas mengganggu pengguna saat mengoperasikannya. Akan terasa jengkel memang jika ponsel baru Anda gunakan untuk pekerjaan, menyelesaikan tugas, browsing, ataupun hiburan tiba-tiba mati.

Supaya permasalahan ini bisa segera Anda tangani dan tak terjadi lagi, pastikan mengetahui penyebabnya dengan menyimak ulasan berikut.

Salah satu penyebabnya yaitu banyaknya file sampah yang menumpuk di ponsel. File sampah ini juga terkenal dengan cache. Apabila file sampahnya tak pernah Anda hapus, maka akan membuat kinerja ponsel jadi terasa berat.

Banyak File Sampah

Akibatnya, ponsel bisa mengalami permasalahan seperti mati secara tiba-tiba. Sebagian pengguna mengalami ponsel yang bisa restart sendiri.

Dalam artian, ponsel tersebut akan mati kemudian hidup kembali dengan rentang waktu tertentu.

Kondisi Baterai

Lantas bagaimana dengan masalah HP sering mati sendiri padahal baterai masih banyak? Pada dasarnya, selain karena adanya banyak file sampah yang menumpuk, permasalahan HP ini juga bisa terjadi dari kondisi baterainya. Bisa saja HP Anda mati secara mendadak karena baterai sudah aus atau drop.

Pada umumnya, permasalahan ini terjadi karena ponsel yang Anda gunakan sudah berusia lama. Adapun untuk cara mengatasi HP mati sendiri karena kondisi seperti ini, Anda bisa mengganti baterai dengan yang baru.

Supaya tak mengalami lagi masalah tersebut, setelah ganti baterai, pastikan Anda menjaga keawetan baterai dengan memperhatikan cara pengecasan hingga penggunaannya yang jangan sampai berlebihan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Ponsel Terendam Banjir dengan Langkah Sederhana

Kemasukan Air

Penyebab HP mati sendiri juga sering terjadi karena kemasukan air. Bukan suatu hal yang aneh apabila air bisa menyebabkan konslet di dalam ponsel.

Konslet ini bisa membuat komponen di dalam ponsel menjadi rusak sehingga tak heran jika tiba-tiba mati.

Ketika Anda tak sengaja menumpahkan air ke ponsel atau kehujanan, lebih baik untuk membiarkannya mengering terlebih dahulu sebelum mengoperasikannya.

Jangan sepelekan kerusakan hardware karena bisa membuat Anda keluar banyak biaya untuk perbaikan. Apalagi jika tidak bisa Anda perbaiki, mau tak mau harus membeli ponsel baru.

Kerusakan Sistem Aplikasi

Kerusakan sistem aplikasi juga bisa membuat HP kerap mati sendiri. Adapun tanda adanya kerusakan pada sistem aplikasi yaitu munculnya notifikasi error ataupun force close ketika menjalankan aplikasi.

Hal ini bisa saja terjadi apabila file aplikasinya tidak kompatibel dengan ponsel, rusak, ataupun tak lengkap.

Overheat

Penyebab lainnya kenapa HP sering mati sendiri yaitu overheat atau panas berlebih. Ponsel bisa kepanasan apabila Anda terlalu berlebihan dalam menggunakannya.

Jangan memaksakan ponsel untuk melakukan kinerja di luar spesifikasinya. Misalnya saja untuk memainkan game berat padahal bukan ponsel gaming.

Selain itu, saat penggunaan ponsel, pastikan Anda tidak memakan waktu lama. Pada dasarnya, semakin lama Anda mengoperasikannya, maka ponsel akan lebih mudah panas. Saat ponsel panas, Anda pun jangan memaksakan diri untuk menggunakannya.

Ponsel yang overheat bisa membuat banyak komponen di dalamnya menjadi rusak. Mulai dari prosesor, RAM, dan masih banyak lagi. Maka tak heran jika ponsel tiba-tiba mati.

Alangkah baiknya apabila Anda mengatur waktu untuk pengoperasian ponsel. Di samping itu, gunakanlah ponsel sesuai dengan spesifikasinya.

Lebih baik pula Anda mengaktifkan mode hemat daya, meminimalisir kecerahan layar, dan menutup aplikasi yang sudah tak digunakan.

Cara mengatasi HP sering mati sendiri juga bisa Anda lakukan dengan mematikan GPS, bluetooth, ataupun WiFi saat tak digunakan.

Baca Juga: Penyebab HP Cepat Panas dan Solusi Mengatasinya, yuk Simak!

Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari masalah tersebut. Penggunaan HP pun bisa kembali lancar sebagaimana mestinya seperti biasanya.

Tak bisa kita pungkiri bahwa ada banyak penyebab ponsel sering mati sendiri. Pastikan Anda mengetahui apa saja penyebabnya, sehingga lebih mudah dalam menemukan solusi terbaik. Dalam mencermati beberapa hal tersebut, pastinya Anda tak akan terganggu lagi dengan masalah HP sering mati sendiri. (R10/HR-Online)

Diskominfo Kota Banjar