Senin, Desember 5, 2022
BerandaBerita BanjarHujan Deras Mengguyur Kota Banjar Sebabkan TPT Ambruk dan Pohon Tumbang

Hujan Deras Mengguyur Kota Banjar Sebabkan TPT Ambruk dan Pohon Tumbang

harapanrakyat.com,- Hujan deras mengguyur Kota Banjar, Jawa Barat, menyebabkan TPT ambruk dan pohon tumbang menimpa rumah warga. Peristiwa itu terjadi Kamis (24/11/2022) sore, sekitar pukul 16.00 WIB.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjar, Kusnadi, melalui Kepala Seksi Darlog Yudi Andiana mengatakan, tembok penahan tanah (TPT) kurang lebih 3 meter itu milik Rina Kurniawati, warga Cipadung, Kelurahan/Kecamatan Purwaharja.

TPT tersebut ambruk setelah diguyur hujan deras. Kemudian, material tanahnya menimpa rumah Iwi (85), yang berada di bawahnya. Akibat kejadian itu rumah Iwi mengalami kerusakan pada bagian samping kiri atau dapur.

“Setelah mendapatkan informasi kami langsung menuju ke lokasi untuk melakukan asesmen mengenai kejadian tersebut,” kata Yudi Andiana, Kamis (24/11/2022).

Ia menjelaskan, pada saat kejadian pemilik rumah sedang berada di ruangan depan sehingga tidak menimbulkan korban jiwa. Pemilik rumah hanya mengalami kerugian materi akibat rumahnya tertimpa material tanah.

Baca Juga: Warga Terdampak Banjir di Kota Banjar Sudah Kembali ke Permukiman 

Selain peristiwa TPT ambruk, hujan deras dan angin kencang juga mengakibatkan pohon tumbang menimpa satu rumah warga.

Pohon tumbang yang menimpa rumah warga itu terjadi di Lingkungan Pangadegan, Kelurahan Hegarsari, Kecamatan Pataruman.

Menurut Yudi, karena tidak kuat menahan angin kencang, pohon jenis Peundeuy tumbang dan menimpa rumah milik warga.

“Pohon tersebut tumbang menimpa rumah bagian samping kanan dan mengalami kerusakan ringan. Tidak ada korban jiwa maupun luka, pemilik rumah hanya mengalami kerugian materi,” terangnya.

Dari kejadian TPT ambruk dan pohon tumbang itu, Yudi mengimbau masyarakat agar selalu waspada dengan kondisi cuaca saat ini.

Jika terjadi bencana alam agar secepatnya melaporkan ke BPBD Kota Banjar dengan menghubungi nomor telepon (0265) 743561. (Sandi/R3/HR-Online/Editor-Eva)