Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita BisnisInvestasi Sukuk Ritel ST009 Sudah Terbit, Imbal Hasilnya 6,15 Persen

Investasi Sukuk Ritel ST009 Sudah Terbit, Imbal Hasilnya 6,15 Persen

Investasi sukuk ritel ST009 bisa memberikan hasil imbal yang menarik. Sukuk Tabungan (ST) dengan seri ST009 saat ini telah diterbitkan oleh Pemerintah melalui Kementerian Keuangan. ST009 menjadi SBN atau Surat Berharga Negara Ritel seri terakhir yang pemerintah terbitkan pada tahun 2022.

Instrumen investasi ini termasuk aman, cuan dan anti riba. Untuk penawarannya berlangsung selama 20 hari, pada 11 hingga 30 November 2022. ST009 hadir dengan menawarkan imbal hasil 6,15% per tahun.

Baca Juga:  Peluang Investasi Perak Cukup Tinggi dengan Harga yang Stabil

Penawaran Investasi Sukuk Ritel ST009 yang Menarik

Saat ini di tengah tren kenaikan suku bunga acuan, cuan investasi ST009 terlihat lebih menarik. Sebab, bisa naik saat suku bunga Bank Indonesia naik, bahkan tidak bisa turun saat suku bunga BI turun.

Masa penawaran ST009 yang akan berlangsung selama 20 hari, mulai dari 11 November hingga 30 November 2022.

Sukuk Tabungan merupakan produk investasi syariah dari pemerintah. ST009 disebut juga sebagai Surat Berharga Syariah Negara atau SBSN dan memiliki jangka waktu 2 tahun.

Meski tidak bisa menjualnya sebelum jatuh tempo, namun investasi ini bisa cair awal, yakni pada 12 bulan setelah terbit.  

Investasi ini turut mengusung tema green sukuk atau sukuk yang berorientasi terhadap pembangunan pada proyek ramah lingkungan (hijau), yakni dalam rangka mengantisipasi terhadap dampak perubahan iklim serta menurunkan emisi karbon.

Baca Juga: Investasi Valas saat Dolar Naik, Jangan Takut Pilih Instrumen Ini

Siapa yang Bisa Membeli?

Semua Warga Negara Indonesia (WNI) yang sudah memiliki KTP, kini bisa membeli ST009. Menurut Bareksa, SBN Ritel termasuk investasi Sukuk Tabungan ST009, cocok untuk semua investor. Baik dengan profil risiko konservatif, moderat, serta agresif.

Salah satu alasan utama, membeli SBN Ritel termasuk Sukuk Ritel dan ST009, yakni diterbitkan dan dijamin oleh Negara. Oleh karena itu, ST009 bisa menjadi pertimbangan untuk diversifikasi aset.

Cara Beli ST009 

Saat ini tersedia kemudahan untuk berinvestasi SBN Ritel ST009, investasi secara online dengan melalui layanan Bareksa.

Bagi investor pemula, sebelum bisa membeli ST009, investor perlu membuat akun atau daftar akun SBN melalui Bareksa. Berikut ini adalah cara daftar akun SBN melalui Bareksa untuk Anda ikuti.

  1. Langkah pertama, login aplikasi Bareksa menggunakan email dan password terdaftar.
  2. Selanjutnya, pilih SBN dari halaman utama (home), lihat bagian SBN.
  3. Setelah itu, akan tampil deskripsi SBN. Investor kemudian bisa pilih Pelajari Dulu, atau jika sudah merasa yakin bisa klik langsung Mulai Investasi SBN.
  4. Berikutnya akan tampil data rekening investor. Investor bisa memilih rekening yang tersedia atau menambah rekening baru.
  5. Jika menambah rekening baru, pastikan nama pemilik rekening sesuai dengan nama pada e-KTP. Anda bisa centang kesepakatan dan klik Konfirmasi.
  6. Proses pembukaan akun SBN akan membutuhkan waktu sekitar 2×24 jam. Investor akan memperoleh notifikasi, setelah prosesnya selesai.

Baca Juga: Keuntungan Investasi Sukuk Tabungan di SBN Ritel 2022

Agar tidak ketinggalan masa penawaran, akan lebih baik segera mendaftarkan akun SBN. Sebab, proses verifikasi pendaftaran akun akan membutuhkan waktu.

Investasi sukuk ritel ST009 termasuk sebuah paket lengkap yang aman, cuan, sesuai syariah, dan anti riba. Bahkan berwawasan pelestarian lingkungan yang turut membiayai pembangunan nasional, lebih khususnya proyek ramah lingkungan. (R10/HR-Online)