Sabtu, November 26, 2022
BerandaBerita JabarJabar Data Viz Festival Comptition Memasuki Babak Final

Jabar Data Viz Festival Comptition Memasuki Babak Final

harapanrakyat.com,- Pelaksanaan Jabar Data Viz Festival (JDVF) Competition yang digelar Diskominfo Jabar lewat Jabar Digital Service kini memasuki babak final.

Dari 500 orang yang mendaftar, ada 205 peserta yang telah mengirim karya visualisasi data berbagai sektor. Ada 20 visualisasi data yang terpilih melalui proses penilaian yang ketat oleh juri internal. 10 kategori publik dan 10 kategori pelajar masuk dalam babak final JDVF Competition.

Para kreator 10 besar yang terpilih telah mempresesentasiian karya visualisasi datanya kepada 4 juri profesional melalui daring pada 12-13 November 2022 lalu.

Kadiskominfo Jabar Ika Mardiah mengatakan dari 20 visualisasi data Jabar Data Viz Festival tersebut sangat menarik.

“Saya melihat tidak hanya bagus dari segi teknik visualisasi data, tapi topik serta cara penyampaiannya pun menarik. Nantinya data ini pun akan kami sampaikan kepada instansi terkait,” ungkap Ika.

Salah satunya mengenai data kekerasan. Salah satu peserta kategori pelajar menyajikan dashboard data kekerasan di Jabar. Dalam saya tersebut korban kasus kekerasan dominan adalah perempuan.

Baca Juga: Aplikasi Teman Kerja Diskominfo Sedang Dalam Pengembangan

“Jumlah kasus kekerasan tahun 2020 sampai 2021 ada 3.521 kasus dan 79 persen korbannya adalah perempuan. Data ini dapat membantu pemerintah dalam menekan angka kekerasan,” ungkapnya.

Ada juga visualisasi data dari sektor pertanian yang menunjukan angka kenaikan ekspor sayuran pada tahun 2021. Meski pada tahun 2020 turun akibat pandemi Covid-19.

Menurut Ika, Jabar Data Viz Festival ini tidak hanya sekadar kompetisi. Namun hasil visualisasi data dari para peserta akan menjadi masukan dan kritikan. Hal ini bermanfaat bagi Pemprov Jabar untuk melihat secara komperhensif.

“Walaupun kami punya tim data sendiri, namun tentu ada batasan. Belum semua data masuk dalam dasboard. Dengan kompetisi ini melalui data yang kridible sudah terjamin. Data tersebut berasal dari portal open data Jabar. Tentunya akan kami manfaatkan sebagai bahan pengambilan kebijakan dalam berbagai sektor,” ucapnya.

Jabar Data Viz Festival Competition Berhadiah Total Rp 75 Juta

JDVF Competition adalah bentuk keseriusan Pemprov Jabar untuk mentransformasikan tata kelola data secara pentaheliks. Sehingga dengan kompetisi ini bisa meningkatkan literasi dan kepercayaan masyarakat terhadap data publik.

Adapun hadiah dalam kompetisi ini cukup menarik. Juara pertama kategori pelajar mendapat hadiah Rp 10 juta, juara dua Rp 6 juta dan juara ketiga Rp 3 juta, serta juara favorit Rp 1,5 juta.

Kategori umum, juara pertama mendapat hadiah Rp 15 juta, juara dua Rp 10 juta dan juara tiga Rp 5 juta, sementara juara favorit Rp 2,5 juta.

Selain hadiah uang tunai, pemenang juga akan mendapat credit for cloud service dengan total Rp 67,5 juta dan sertifikat penghargaan. Pengumuman pemenang kompetisi rencananya akan dilaksanakan pada 19 November 2022. (R9/HR-Online/Editor-Dadang)

Diskominfo Kota Banjar