Kamis, Desember 8, 2022
BerandaBerita NasionalJalin Kemitraan, Huawei dan AMSI Kembangkan Kompetensi Digital Media Siber di Indonesia

Jalin Kemitraan, Huawei dan AMSI Kembangkan Kompetensi Digital Media Siber di Indonesia

harapanrakyat.com,- Huawei dan AMSI (Asosiasi Media Siber Indonesia) menjalin kemitraan untuk mengembangkan keterampilan dan kompetensi digital media siber bidang TIK menuju pengembangan jaringan di Tanah Air, yang sepenuhnya terhubung. Serta memberikan informasi yang cerdas kepada masyarakat.

Huawei sendiri sebagai solusi TIK terkemuka di dunia. Sinergitas antara Huawei dan AMSI tersebut ditegaskan melalui Nota Kesepahaman yang ditandatangani oleh Huawei dan AMSI dalam acara Indonesia Digital Conference 2022, di Jakarta.

Penandatanganan Nota Kesepahaman disaksikan oleh Vice President Huawei Asia Pacific Public Affairs and Communications, Jun Zhang. Kemudian, Vice President Director of the Board, Business Environment Huawei Indonesia, James Sun. Serta Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut.

Sedangkan, Nota Kesepahaman ditandatangani oleh Director of Government Affairs Huawei Indonesia, Yenty Joman, dan Sekretaris Jenderal AMSI, Wahyu Dhyatmika.

Dengan terjalinnya kerjasama ini, Huawei akan memberikan pengetahuan ICT kepada awak media. Serta melaksanakan program khusus untuk meningkatkan kapasitas awak media pada bidang teknologi.

Baca Juga: Huawei Qingyun L4 10 Hadir Dengan Prosesor Buatan Sendiri

Program tersebut mencakup berbagi pengetahuan mengenai TIK, seperti AI, cloud, 5G, keamanan siber, dan mengunjungi Pusat Inovasi Huawei.

Kemudian, AMSI yang saat ini memiliki anggota lebih dari 410 penerbit yang tersebar di 24 provinsi se-Indonesia, mendukung program-program Huawei tersebut. Termasuk pengembangan bagi 100.000 talenta digital, tanggung jawab sosial perusahaan, Seeds for the Future, serta Huawei ICT Competition.

Dalam kata sambutannya, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik, Kemkominfo RI, Usman Kansong berharap kerjasama ini bisa memberdayakan media siber khususnya. Juga meningkatkan kapabilitas SDM Indonesia umumnya.

Kemitraan Huawei dan AMSI Kembangkan Digital Media Siber di Indonesia

Sementara itu, Vice President Huawei Asia Pacific Public Affairs and Communications, Jun Zhang mengatakan, kerjasama antara Huawei dan AMSI ini menjadi momen bersejarah dalam perkembangan digital bagi industri media di Indonesia.

Menurutnya, pada era transformasi digital ini, industri media di masa depan akan sangat berkaitan dengan kapasitas digitalisasi. Karena itulah, kolaborasi antara Huawei dan AMSI dalam pengembangan digital media siber sangat penting. 

Baca Juga: AMSI Award 2022, Harapanrakyat.com Raih Penghargaan Inovasi Teknologi Terbaik

Huawei memiliki teknologi terdepan pada cloud, AI, dan lain sebagainya. Pihaknya pun berharap jalinan kemitraan ini bisa membantu media lebih banyak lagi untuk memanfaat transformasi digital secara maksimal.

“Bersama AMSI tentunya Huawei yakin dan sudah siap menjalin kolaborasi yang lebih banyak lagi guna membantu pengembangan industri digital media,” kata Jun Zhang.

Huawei Komitmen Dukung Percepatan Digitalisasi

Sudah 22 tahun lebih Huawei berkomitmen mendukung Indonesia dalam percepatan digitalisasi dengan membangun infrastruktur TIK.

Tujuan dari pembangunan ini untuk menghubungkan yang sebelumnya belum terhubung atau connect the unconnected. Serta melakukan pembinaan terhadap talenta digital. 

Dalam waktu 5 tahun, Huwaei telah memberikan pelatihan kepada 70.000 lebih talenta dari target 100.000 talenta.

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut memuji kontribusi yang Huawei berikan bagi perkembangan media online Tanah Air.

“Ekosistem media siber Indonesia saat ini butuh perbaikan yang komprehensif dan substansial agar bisa terus menghadirkan jurnalisme siber terpercaya, bertanggungjawab, dan berkualitas. Berkembang secara sehat serta berkelanjutan,” katanya.

Karena kecanggihan teknologi akan memberdayakan media siber untuk tetap bertahan, bahkan menjadi lebih berkembang. (R3/HR-Online/Editor-Eva)