Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita CiamisJembatan Penghubung 2 Desa di Cipaku Ciamis Rusak, Pengguna Jalan Terancam

Jembatan Penghubung 2 Desa di Cipaku Ciamis Rusak, Pengguna Jalan Terancam

harapanrakyat.com,- Jembatan penghubung 2 desa di Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, sudah lama mengalami kerusakan. Saat ini kondisi kerusakan Jembatan Cidahu sudah cukup parah. Bagian sisinya ambruk dan terdapat retakan pada bagian badan jalan.

Para pengguna pun khawatir jembatan yang menjadi penghubung 2 desa antara Desa Bangbayang dan Desa Gereba, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis itu tiba-tiba ambruk.

Muhtar ( 35), salah seorang penggunaan jalan asal Desa Bangbayang mengatakan, kerusakan Jembatan Cidahu sudah berlangsung lama.

Tingginya intensitas hujan dan banyaknya kendaraan bermuatan berat yang melintas membuat kerusakan jembatan kian bertambah parah. Selain bagian sisi jembatan ambruk, keretakan juga terlihat pada bagian badan.

“Kalau tidak secepatnya diperbaiki, maka tidak menutup kemungkinan jembatan penghubung 2 desa ini ambruk secara keseluruhan. Apalagi sudah ada retakan pada bagian badan jalan,” katanya, Minggu (13/11/2022).

Baca Juga: Tim Inafis Polres Ciamis Olah TKP Jembatan Gantung Ambruk

Sebelum hal yang tidak diharapkan terjadi, sebagai pengguna jalan Muhtar berharap Jembatan Cidahu di Cipaku bisa segera mendapatkan perbaikan.

Karena menurutnya, jika kerusakannya berlarut-larut dalam kondisi seperti itu, tidak menutup kemungkinan bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan. Keselamatan pengguna jalan pun terancam.

“Ya, dapat kita pastikan apabila kerusakannya dibiarkan terlalu lama, Jembatan Cidahu bakal ambruk,” ujar Muhtar.

Pengguna jalan lainnya, Oyon mengatakan, Jembatan Cidahu di Cipaku tak hanya sebagai akses penghubung 2 desa maupun penghubung antar kecamatan. Akan tetapi jembatan yang berada di jalan kabupaten tersebut bisa menjadi jalan alternatif menuju Kota Tasikmalaya.

“Banyak kendaraan yang melewati jalur Kawali-Sadananya. Selain jarak tempuhnya menjadi dekat, pengendara juga terhindar dari kemacetan,” katanya.

Oyon menambahkan, banyak kendaraan yang melintas pada siang maupun malam hari. ia berharap pemerintah bisa segera membangun Jembatan Cidahu yang representatif demi keamanan dan kenyamanan pengguna jalan. (Dji/R3/HR-Online/Editor-Eva)