Kamis, Februari 2, 2023
BerandaBerita TerbaruJendela Rumah Minimalis, Model Lebih Keren Meski Simpel

Jendela Rumah Minimalis, Model Lebih Keren Meski Simpel

Jendela rumah minimalis dapat mempercantik hunian. Siapa sangka, Anda bisa memaksimalkan gaya minimalis dari jendela. Pastinya gaya jendela ini sangat cocok untuk Anda terapkan pada rumah desain minimalis.

Kesan minimalis pada hunian saat ini kian populer. Bahkan, trend rumah minimalis ini seakan tidak lekang oleh waktu.

Semakin banyak rumah dengan gaya minimalis di Indonesia. Untuk bisa menciptakan gaya minimalis, maka Anda harus benar-benar memperhatikan segala komponen di dalamnya, termasuk dengan gaya jendela.

Baca Juga: Pintu Garasi Minimalis Berikan Kesan Elegan dan Modern Sebuah Hunian

Inspirasi Jendela Rumah Minimalis

Secara fungsi, rumah adalah tempat untuk berlindung dari berbagai macam cuaca. Dengan rumah juga kita bisa mengistirahatkan tubuh.

Oleh karena itu, rumah menjadi salah satu dari kebutuhan pokok manusia. Memang tidak ada aturan yang mewajibkan membuat rumah semenarik mungkin.

Meski demikian, kini desain rumah semakin bervariasi demi kenyamanan penghuninya, salah satunya desain minimalis. Gaya minimalis ini memberikan kesan simpel pada rumah.

Agar kesan minimalis semakin terasa, maka Anda harus bisa menyesuaikan elemen di dalamnya, termasuk pada jendela.

Apa Fungsi dari Jendela Rumah?

Jendela menjadi salah satu elemen penting yang harus ada pada sebuah rumah. Fungsi dari jendela adalah sebagai ventilasi udara.

Selain itu, jendela juga menjadi sumber pencahayaan alami pada rumah. Dengan kehadiran jendela, maka pertukaran udara di dalam rumah bisa menjadi lebih lancar.

Jendela juga sebenarnya bisa untuk menunjang keindahan atau estetika tampilan rumah. Pengaruh dari jendela ini terbilang cukup besar.

Ada begitu banyak desain model jendela yang populer. Salah satu yang banyak orang pilih adalah jendela rumah minimalis.

Baca Juga: Desain Rumah Minimalis Modern Terkesan Unik dan Menarik

Model Jendela Minimalis

Jika Anda menginginkan tampilan jendela yang minimalis di rumah, maka bisa menerapkan beberapa model di bawah ini:

.1. Jendela Rumah Bentuk Bulat Cantik

Alih-alih berbentuk kotak, Anda bisa menerapkan jendela yang bulat. Jendela berbentuk bulat ini terlihat tidak membosankan.

Kesan cantik dan unik akan Anda dapatkan dengan jendela model ini. Keunggulan dari model jendela ini adalah tidak pasaran.

2. Jendela Rumah Melengkung

Jendela melengkung juga bisa Anda gunakan. Bentuk jendela ini memberikan efek yang tidak kalah indah.

Jika Anda memiliki rumah dengan gaya interior klasik, maka model jendela satu ini sangat cocok untuk digunakan pada ruangan-ruangan di rumah.

3. Jendela Model Sliding

Kalau jendela sliding ini memberikan kesan yang modern dan pastnya praktis. Saat ini juga tidak sedikit masyarakat Indonesia yang menggunakan jenis jendela satu ini.

Hal itu karena memang jendela sliding sangat efektif dan menarik dari segi tampilannya.

4. Jendela Single Hung

Meski dengan engsel, tetapi jendela single hung dapat Anda geser. Jika Anda ingin yang lebih besar, maka bisa memilih double hung yang kedua sisinya dapat terbuka.

5. Jendela Skylight

Jika Anda sangat memperhatikan estetika atau aspek keindahan, maka bisa mengaplikasikan model jendela satu ini. Jendela skylight biasanya terpasang di bagian atas rumah sehingga bisa mendapatkan pemandangan langit yang menakjubkan.

6. Wall Window

Jendela rumah minimalis ini berfungsi untuk menggantikan posisi dinding. Anda bisa menerapkan model wall window apabila ingin membuat ruangan terlihat lebih luas.

Pasangkan wall window pada salah satu ruangan yang menghadap luar. Dengan begitu, maka pemandangan akan terlihat sangat jelas.

7. Jendela Transom

Transom adalah jendela yang memiliki bentuk beragam, yakni bulat, elips, dan persegi panjang. Model transom ini cocok untuk Anda yang menginginkan pemandangan luar karena memiliki space yang lebar.

Baca Juga: Skylight Rumah Minimalis Untuk Jalan Cahaya Alami

Berapa Ukuran Jendela Rumah Minimalis?

Secara umum, ukuran dari jendela rumah ini sangatlah bervariasi. Ukuran jendela rumah bahkan bisa berbeda di setiap ruangan.

Untuk di ruang tamu, ukuran jendela minimalis yang ideal adalah 80 cm x 180 cm. Untuk ruang tidur, biasanya jendela akan berukuran 60 cm x 80 cm.

Sedangkan untuk dapur dan kamar mandi, biasanya akan menggunakan jendela yang berukuran 60 cm x 30 cm. Namun begitu, Anda bisa menyesuaikan ukuran jendela dengan ukuran ruangan di dalam rumah itu sendiri.

Jangan sampai Anda membuat jendela rumah minimalis dengan ukuran yang terlalu besar. Sebaiknya Anda juga berkonsultasi terlebih dahulu dengan arsitek rumah yang sudah lebih profesional. (R10/HR-Online)