Minggu, November 27, 2022
BerandaBerita BisnisJenis Grafik Saham Lengkap dengan Cara Membacanya

Jenis Grafik Saham Lengkap dengan Cara Membacanya

Jenis grafik saham sebaiknya diketahui oleh para investor. Grafik memiliki peran penting dalam dunia saham sesuai jenisnya. Apalagi dalam dunia investasi ada banyak jenis grafik yang bisa dijadikan pilihan untuk bisa membaca pergerakan harga.

Sayangnya setiap jenis grafik tidak cocok untuk investasi dan trading di Bursa Efek Indonesia. Namun ada beberapa jenis grafik yang cocok untuk trading di bursa lain.

Baca Juga: Prinsip Bermain Saham Bagi Investor Pemula Agar Beruntung

Jenis Grafik Saham dan Cara Membacanya

Grafik saham memiliki arti sebuah penyajian data pergerakan harga yang tampil melalui bentuk gambar. Grafik memiliki peran penting bagi para trader maupun investor. Sehingga lebih mudah dalam melakukan analisis saham.

Grafik menunjukkan pergerakan harga saham sebagai tolak ukur kinerja dari saham itu sendiri. Menggunakan pergerakan saham dalam rentan waktu tertentu termasuk fluktuasi, harga, serta informasi titik tertinggi dan juga terendah saham. Adapun beberapa jenis grafik tersebut yaitu:

1. Candlestick Chart atau Grafik Saham Lilin

Jenis grafik saham yang satu ini merupakan komponen harga sama dengan bar chart. Ada harga tertinggi, terendah, pembukan, dan penutupan pada periode waktu tertentu.

Kemudian satu candlestick akan mewakili satu periode yang menunjukkan satu hari. Bagian utama dari grafik Candlestick Chart yaitu body, ekor candle, dan warna yang menunjukkan merah atau hijau.

2. Line Chart

Grafik saham garis paling dasar. Line chart ini menunjukkan data secara terus-menerus atau berkelanjutan selama periode waktu tertentu.

Grafik ini biasa digunakan untuk mengetahui pergerakan saham harian dari hari ke hari.

Baca Juga: Kriteria Saham Fundamental Bagus Bagi Investor Pemula

3. Grafik Saham Batang atau Bar Chart

Setiap batang menunjukkan harga pembukaan, tertinggi, terendah, dan penutupan yang menunjukkan harga setiap harinya.

Cara Membaca Grafik Saham

Membaca grafik saham tentu tidak sama. Semua tergantung dari jenis grafik saham itu sendiri. Sebagai investor atau trader sebaiknya tahu bagaimana cara yang tepat membaca grafik.

Dengan Anda tahu tentu mampu menganalisis teknikal pergerakan harga saham setiap harinya. Line chat atau grafik garis cara membacanya cukup mudah. Sebab grafik tersebut hanya menunjukkan harga penutupan saham.

Sedangkan untuk cara membaca grafik batang, setiap batang menunjukkan harga untuk periode tertentu. Untuk garis vertikal menunjukkan harga tertinggi dan terendah.

Sedangkan garis horizontal yang berada di sebelah kiri garis vertikal menunjukkan harga pembukaan. Sedangkan untuk garis horizontal kecil di sebelah kanan garis vertikal menunjukkan harga penutupan.

Baca Juga: Saham yang Naik Tidak Wajar, Masuk dalam Radar Pantauan

Mengingat investasi saham cukup populer dan diminati, sebaiknya tahu bagaimana cara untuk mengetahui pergerakan harganya. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan membaca grafik saham.

Setelah Anda tahu jenis grafik saham dan cara membacanya, maka akan tahu seberapa penting perannya dalam dunia saham. Investasi akan lebih mudah berjalan dan menguntungkan. (R10/HR-Online)

Diskominfo Kota Banjar