Minggu, November 27, 2022
BerandaBerita TerbaruJumlah Anak Nabi Adam, Ini Menurut Beberapa Kitab Tarikh

Jumlah Anak Nabi Adam, Ini Menurut Beberapa Kitab Tarikh

Jumlah anak Nabi Adam perlu diketahui. Terdapat riwayat yang berbeda mengenai jumlah putra dan putri pasangan Nabi Adam AS serta Siti Hawa. Nabi Adam Alaihis salam merupakan nabi sekaligus manusia pertama. 

Nabi Adam adalah bapak dari semua umat manusia. Allah SWT menciptakan Nabi Adam menggunakan tangan-Nya sendiri dengan keistimewaannya. Allah lalu menciptakan Hawa sebagai pasangannya, dari tulang rusuk kiri Adam. 

Keduanya lalu turun ke bumi usai melanggar larangan Allah, yakni memakan buah Khuldi. Allah SWT menikahkan Nabi Adam dengan Siti Hawa. Nah, dari hasil pernikahan tersebut yang selanjutnya menambah jumlah populasi manusia di muka bumi.

Baca Juga: Putra Nabi Yakub, Ini Kisah dan Hikmah yang Bisa Kita Petik!

Berapa Jumlah Anak Nabi Adam dan Siti Hawa Sebenarnya?

Dari perkawinan Nabi Adam dan Siti Hawa lahirlah keturunan yang jumlahnya terus mengalami pertambahan sampai sekarang ini. Konon, Siti Hawa senantiasa melahirkan anak kembar pria dan wanita pada setiap kehamilannya.

Putra pertama Nabi Adam dan Siti Hawa namanya adalah Qabil. Qabil kembaran dengan putri sulungnya yang bernama Qalima. Sementara itu, putra bungsu mereka namanya adalah Ummu Mughits.

Selama ini kemungkinan sebagian besar hanya tahu nama anak dari Nabi Adam AS dengan Siti Hawa yakni Qabil dan Habil saja. Bahkan, Anda mungkin tak pernah tahu siapa nama saudara wanita mereka berdua.

Seperti dalam kisahnya, Qabil sudah membunuh Habil yang merupakan kejadian pembunuhan manusia pertama di dunia. Apakah sesudah itu Nabi Adam dan Siti Hawa punya anak lagi? 

Apakah seluruh umat manusia nasabnya hanya kepada Qabil saja? Berapa jumlah anak Nabi Adam dengan Siti Hawa?

Sesudah kematian Habil di dalam tragedi pembunuhan oleh Qabil, Allah SWT menganugerahi Nabi Adam Alaihis Salam seorang putra. Namanya adalah Syith. Syits adalah hadiah dari Allah SWT kepada Nabi Adam AS yang merasa sedih lantaran kehilangan putra tercintanya.

Sebagian ahli sejarah mengemukakan, bahwasanya Syits lahir beberapa tahun sesudah kematian Habil. Ahli sejarah juga menyebutkan bahwa semua umat manusia yang ada hari ini asalnya merupakan keturunan Syits.

Baca Juga: Putra Nabi Nuh yang Durhaka, Kan’an Tak Mau Ikuti Ajaran Ayahnya

Jumlah Keturunan Nabi Adam AS

Ahli sejarah mengungkapkan apabila Nabi Adam AS tidak wafat sebelum ia melihat seluruh keturunannya yang jumlahnya mencapai 400 ribu jiwa. Lalu, berapa jumlah anak Nabi Adam yang sesungguhnya?

Banyak surat di dalam Al Quran yang menyebutkan bahwasanya manusia yang hidup hingga sekarang ini merupakan keturunan Nabi Adam AS. Memang ada sebagian pihak yang menentang.

Akan tetapi, mudah untuk umat Islam mempercayai hal tersebut. Pasalnya sumbernya langsung dari firman Allah SWT.

Para ahli sejarah di dalam kitab Tarikhnya membahas tentang jumlah anak Nabi Adam AS. Menurut salah satu pendapat, jumlah keturunan nabi Adam AS 40 orang.

Sementara itu, pendapat yang lainnya menyebutkan terdapat ratusan orang. Di dalam Qashash al-Anbiya, Ibnu Katsir menjelaskan, Imam Abu Ja’far bin Jarir menuturkan sebagian pembahasan sejarah di dalam kitab Tarikhnya. Bahwasanya Siti Hawa melahirkan anak-anak keturunan nabi Adam AS sejumlah 40 anak dengan 20x kehamilan. 

Ibnu Ishaq juga mengemukakan pendapat yang sama. Wallahu a’lam. Ada juga pendapat lain yang menyebutkan, bahwasanya keturunan nabi Adam AS jumlahnya 240 orang.

Di mana Siti Hawa mengandung sebanyak 120 kali. Sehingga pada setiap kehamilannya Hawa melahirkan 2 anak kembar. Baru sesudahnya, lahirlah anak-anak keturunan Nabi Adam AS dan Siti Hawa di muka bumi ini.

Baca Juga: Nabi yang Diangkat ke Langit Adalah Isa As Putra dari Maryam

Firman Allah SWT

Jumlah keturunan Nabi Adam AS dan Hawa pun kian bertambah banyak seiring waktu. Demikianlah penjelasan dari Ibnu Katsir. Hal tersebut selaras dengan firman Allah SWT di dalam Al Quran yang berbunyi:

“Wahai umat manusia, bertakwalah engkau kepada Tuhanmu yang sudah menciptakannya dari diri yang satu (Adam), kemudian Dia (Allah SWT) ciptakan pasangan darinya (Hawa). Dari keduanya, Allah SWT mengembangbiakkan pria dan wanita yang jumlahnya banyak.” (QS An Nisa ayat 1)

Seperti yang sudah dibahas di atas, anak pertama Nabi Adam AS dan Siti Hawa yaitu Qabil dengan Iqlima. Sementara anak terakhirnya adalah Abdul Mughits dan Amatul Mughis.

Tetapi, nama anak Nabi Adam yang di sebutkan di dalam riwayat secara pasti ada 5, yakni Qabil, Habil, Iqlima, Labuda, serta Syith.

Nah, itu tadi merupakan informasi terkait jumlah anak Nabi Adam. Terlepas dari angka pastinya, terdapat beberapa nama anak nabi Adam AS dan Siti Hawa yang memang sudah pasti tercatat dalam riwayat. (R10/HR-Online)

Diskominfo Kota Banjar