Rabu, Februari 1, 2023
BerandaBerita BisnisKeberhasilan Investasi SDM Berpengaruh pada Perusahaan

Keberhasilan Investasi SDM Berpengaruh pada Perusahaan

Keberhasilan investasi SDM untuk memperkuat bisnis perusahaan. SDM merupakan kunci keberhasilan kemajuan investasi sebuah perusahaan. Hingga saat ini banyak yang beranggapan jika investasi SDM menjadi beban.

Padahal anggapan itu sebenarnya tidak benar. Justru dengan SDM atau Sumber Daya Manusia perusahaan dapat maju dan berkembang.

Baca Juga: Investasi Generasi Sandwich di Bibit yang Aman, Ini Alasannya

Keberhasilan Investasi SDM untuk Perusahaan

Investasi SDM dan pengembangan industri harus dapat berjalan secara paralel. Investasi ini harus terus terdorong dengan memperbaiki sistem ketenagakerjaan. Sehingga memungkinkan orang dapat bekerja dan perusahaan berkembang.

Di negara Eropa sendiri sekitar 70% investasi SDM dilakukan oleh dunia bisnis. Sehingga negara-negara maju di Eropa yang memiliki peran penting dalam investasi tersebut.

Di Indonesia sendiri investasi SDM (Sumber Daya Masyarakat) seharusnya menjadi tumpuan bangsa. Sehingga bangsa Indonesia bisa maju dan berkembang yang menjadikan negara makmur dan berkeadilan.

Sebenarnya SDA (Sumber Daya Alam) tidak bisa lagi negara andalkan karena keterbatasan yang bisa habis. Sehingga menimbulkan ketidakadilan antar generasi.

Investasi SDM menjadi kunci keberhasilan negara agar dapat berkembang dan mampu bersaing dengan negara lain. Karena alasan inilah pihak pemerintah hingga saat ini berkomitmen untuk melakukan investasi SDM.

Untuk mengukur keberhasilan investasi SDM sudah tersedia dalam berbagai ukuran. SDM yang bisa berfungsi seiring berjalannya waktu dan meningkatnya profesionalisme pengelolaan SDM.

Baca Juga: Keuntungan Investasi Jalan Tol Masih Cukup Tinggi di Indonesia

Mengukur Keberhasilan Investasi

Keberhasilan investasi SDM dapat terukur melalui biaya pengembangan kompetensi per pegawai. Perusahaan harus bisa memperhitungkan dengan cermat mengenai biaya tersebut.

Biaya peningkatan SDM harus seimbang dengan peningkatan SDM. Sehingga pegawai akan memperoleh gaji yang terus naik, namun performa justru menurun. Sebagian perusahaan beranggapan jika gaji karyawan adalah biaya SDM.

Padahal biaya SDM ini dapat meliputi kenaikan upah minimum suatu wilayah. Peningkatan kompetensi seluruh sektor. Perusahaan harus menghitung persentase biaya SDM perusahaan daripada omset atau grosir profit.

Baca Juga: Investasi untuk Freelancer yang Tepat, Pastikan Tahu Tipsnya

Cara Cepat Investasi SDM

Salah satu cara cepat investasi SDM yaitu melalui pendidikan vokasi dan pemagangan. Keberhasilan investasi SDM dapat perusahaan lihat setelah pelatihan menjadi terobosan agar kompetensi pelatihan bisa menyesuaikan perubahan karakter industri.

Pemagangan menjadi investasi yang jauh lebih murah dibanding dengan merekrut pegawai baru kurang pengalaman. SDM dan dunia usaha bisa berjalan secara berimbang dan saling mendukung.

Apalagi dengan kemajuan dunia teknologi saat ini mengharuskan SDM siap bekerja secara matang untuk bisa mengikuti perubahan. Karena alasan inilah mengapa SDM menjadi salah satu yang berperan penting bagi keberhasilan perusahaan.

Dengan adanya investasi SDM yang berpengalaman dengan kinerja yang baik, membantu perusahan dalam menjalankan bisnisnya. Bahkan untuk merekrut karyawan baru penting adanya pengecekan kualitas dari SDM itu sendiri.

Jika pegawai dalam perusahaan berkualitas akan sebanding dengan kinerja dan gaji yang akan diperoleh. Keberhasilan investasi SDM pun akan dirasakan oleh perusahaan itu sendiri. (R10/HR-Online)