Kamis, Desember 1, 2022
BerandaBerita TerbaruKelebihan dan Kekurangan Atom Dalton, Model Paling Sederhana

Kelebihan dan Kekurangan Atom Dalton, Model Paling Sederhana

Kelebihan dan kekurangan atom Dalton ada dalam pembahasan ilmu Kimia. Sama halnya teori Kimia lainnya, atom Dalton memiliki kelebihan dan kekurangan yang menarik diketahui. Bagi Anda yang ingin mengetahui pembahasan lengkap materi Kimia ini, maka bisa simak ulasan berikut.

Baca Juga: Jenis Atom Karbon dalam Senyawa Hidrokarbon, Wajib Tahu!

Ragam Kelebihan dan Kekurangan Atom Dalton

Perlu untuk Anda ketahui bahwa teori atom Dalton merupakan model atom paling sederhana. Sesuai dengan namanya, teori ini dikemukakan oleh ilmuwan Inggris yang bernama John Dalton. Dalam teori ini, John Dalton berpatokan pada teori dari Democritus dan Leucippus.

John Dalton mengibaratkan atom seperti halnya bola pejal yang tak memiliki muatan. Atomnya tak dapat dibagi lagi dan berasal dari unsur Kimia tertentu dengan massa maupun sifat sama. Jenis atomnya bisa berbeda apabila memiliki unsur kimia yang beda pula.

Teori atom John Dalton ini sendiri jadi teori tertua yang menjelaskan mengenai atom. Setelah mengetahui sekilas teorinya, jangan lewatkan ulasan mengenai kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Teori Atom Dalton

Sebelum kekurangan, ada banyak kelebihan dan keistimewaan yang tersemat pada teori atom Dalton untuk Anda tahu. Salah satunya yaitu bisa menerangkan hukum Lavoisier.

Hukum ini menerangkan tentang kekekalan massa. Selain itu, teori atom Dalton juga bisa menerangkan hukum Proust. Hukum ini berupa perbandingan tetap.

Kelebihan selanjutnya yaitu teori Dalton memungkinkan ilmuwan untuk mengembangkannya jika melihat bentuk modelnya.

Apabila menganalisis dari sisi ilmu pengetahuan, maka para ilmuwan berpotensi untuk melakukan perbaikan pendapat John Dalton. Dengan begitu, teorinya bisa menjadi lebih logis.

Bukan hanya itu saja, teori atom Dalton juga memiliki keunggulan lain yaitu bisa memotivasi lahirnya bibit atom baru. Dengan adanya hal tersebut, maka bisa menutup kekurangan yang ada di teori atom Dalton. Hal ini membuat ilmu Kimia menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Keunggulan lainnya dari teori atom Dalton yakni memungkinkan teori atom mengalami perkembangan secara terus-menerus sampai dengan sekarang. Perlu untuk Anda ketahui, setelah teori John Dalton, masih ada teori lainnya.

Sebut saja teori atom Thomson, Rutherford, hingga Bohr. Dengan adanya teori-teori yang berkembang tersebut, jelas bisa membantu sekaligus menyempurnakan teori atom sebelumnya.

Baca Juga: Sifat Senyawa Ion: Bagian Atom yang Bermuatan Elektron, Ini Contohnya!

Kekurangan Teori Atom Dalton

Teori atom milik John Dalton tidak hanya memiliki kelebihan saja, melainkan juga kekurangan dan kelemahan.

Salah satu kelemahannya yaitu nyatanya atom masih bisa terbagi lagi jadi partikel dengan ukuran lebih kecil. Partikel tersebut bernama subatomik.

Kekurangan lainnya, teori atom Dalton tak bisa menerangkan secara pasti bagaimana sifat listrik atom. Seiring dengan kemajuan zaman pun, atom bisa mengalami perkembangan.

Bahkan atom bisa berubah jadi atom unsur lainnya jika memperoleh reaksi nuklir sehingga bertentangan dengan pendapat Dalton di teori ini.

Melalui teori atom, John Dalton berpendapat bahwa perbandingan senyawa ialah perbandingan bulat.

Akan tetapi, ada fakta bahwa banyak senyawa yang mempunyai perbandingan bilangan sedikit merepotkan. Dalam artian, perbandingan bilangan tersebut tidak bulat, tidak mudah, dan tak sederhana.

Kelemahan yang tak kalah penting untuk Anda ketahui lainnya yaitu pendapat John Dalton dalam teori ini dipatahkan karena ada isotop yang bisa membuat setiap atom tak benar-benar sama.

Isotop memperlihatkan bahwa atom hanya mempunyai kesamaan pada nomor atomnya. Akan tetapi, massa atom tersebut berbeda.

Baca Juga: Teori Atom Rutherford: Sejarah, Isi, Serta Kekurangan dan Kelebihannya

Bunyi Teori Atom Dalton

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan teori atom Dalton, ada baiknya Anda pahami inti dari bunyi teori tersebut. Teori ini menjelaskan bahwa semua materi di dunia berasal dari kumpulan atom. Atom tersebut pun tak bisa dibagi lagi.

Masing-masing atom dari senyawa tertentu membawa sifat, karakteristik, dan massa berbeda sesuai dengan senyawanya. Setiap senyawa juga memiliki atom berbeda. Selain itu, ada dua atom yang bisa membentuk senyawa bahkan molekul.

Dalam teori ini juga menjelaskan bahwa partikel penyusun atom membawa zat selaras. Atom yang tak sejenis juga bisa membentuk senyawa dan menggunakan perbandingan sederhana.

Kini Anda sudah tahu apa saja kelebihan dan kekurangan atom Dalton lengkap dengan bunyi teorinya. Pastikan Anda mempelajari dan memahaminya dengan baik supaya menambah wawasan mengenai ilmu Kimia. (R10/HR-Online)