Sabtu, November 26, 2022
BerandaBerita TerbaruKhasiat Buah Zuriat untuk Kesehatan, Bisa Buat Promil!

Khasiat Buah Zuriat untuk Kesehatan, Bisa Buat Promil!

Khasiat buah zuriat ternyata bagus untuk kesehatan tubuh. Zuriat merupakan salah satu jenis buah unik dengan banyak khasiat yang wajib Anda tahu. Maka dari itu, ketahui apa saja manfaat buah ini untuk kesehatan.

Buah zuriat (Hyphaene thebaica) merupakan jenis buah yang banyak tumbuh di negara-negara timur, seperti Mesir. Bahkan, masyarakat Mesir banyak yang menjadikan buah ini untuk minuman tradisional.

Tak hanya itu saja, masyarakat juga banyak menjadikan buah ini sebagai ekstrak untuk mendapatkan berbagai macam manfaat.

Baca Juga: Manfaat Jambu Biji yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Beragam Khasiat Buah Zuriat

Buah zuriat merupakan buah yang asalnya dari Timur Tengah. Banyak orang yang mencari buah satu ini untuk mendapatkan manfaatnya.

Buah zuriat ciri-cirinya yaitu mempunyai bulat dengan ukuran sekitar 6 x 5 cm. Warna buah ini kuning hingga coklat. Rasa buahnya juga rasa manis, bahkan ada yang mengatakan jika rasanya seperti halnya roti jahe.

Ada 3 jenis buah zuriat yang perlu Anda tahu, antara lain buah zuriat Mesir, zuriat Madinah, dan buah zuriat Sudan.

Untuk zuriat Madinah cirinya yaitu buah berwarna coklat kehitaman. Lalu untuk zuriat Mesir dan Sudan berwarna coklat muda. Aroma buah ini pun mirip sekali dengan aroma kopi.

Adapun khasiat buah zuriat untuk kesehatan antara lain adalah sebagai berikut ini:

Meningkatkan Kesuburan

Buah zuriat sangat terkenal manfaatnya untuk meningkatkan kesuburan, baik itu kesuburan pada pria maupun wanita. Seperti yang kita tahu, mengonsumsi makanan yang kaya zat antioksidan bisa membuat kesuburan seseorang menjadi meningkat.

Nah, zat antioksidan ini bisa Anda dapatkan dari ekstrak buah zuriat. Zat dalam buah ini mampu meminimalisir dampak buruk dari radikal bebas yang bisa mengakibatkan munculnya stres oksidatif yang bisa memicu berbagai masalah.

Dengan mengonsumsi buah zuriat yang kaya akan zat antioksidan ini secara rutin, maka kualitas sel telur pada wanita bisa meningkat. Bahkan, siklus menstruasi Anda juga bisa menjadi lebih teratur.

Baca Juga: Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan dan Kandungannya

Membantu Turunkan Kolesterol

Khasiat buah zuriat selanjutnya yaitu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada dalam tubuh. Dengan kandungan zat antioksidan yang tinggi, buah zuriat bermanfaat membantu tubuh menurunkan kadar kolesterol jahat.

Tak hanya itu saja, buah ini juga bisa meningkatkan kadar kolesterol baik yang ada dalam tubuh.

Maka dari itu, bagi Anda yang merupakan penderita kolesterol tinggi atau ingin terhindar dari gangguan kesehatan tersebut, Anda bisa mencoba mengonsumsi buah zuriat ini.

Menjaga Kesehatan Jantung

Khasiat buah zuriat selanjutnya yaitu bisa untuk menjaga kesehatan organ jantung. Jantung adalah organ tubuh yang vital dan wajib untuk menjaga kesehatannya agar bisa berfungsi dengan optimal.

Seperti yang kita bahas sebelumnya, kesehatan jantung bisa meningkat apabila kadar kolesterol bisa terkontrol dengan baik.

Sebab, kolesterol tidak menempel dan mengendap lagi pada bagian dinding pembuluh darah atau arteri. Sedangkan, kolesterol yang mengendap tersebut mampu menyumbat aliran darah.

Pada saat pergerakan darah dalam tubuh Anda terbilang lancar, maka organ jantung bisa menjalankan tugas dan fungsinya dengan lebih optimal lagi.

Ketika fungsi jantung bisa berjalan dengan optimal, Anda bisa terhindar dari risiko penyakit kardiovaskular yang dinilai mematikan. Penyakit mematikan tersebut antara lain seperti penyakit jantung dan juga stroke.

Untuk menghindari munculnya penyakit yang membahayakan tersebut, ada baiknya jika Anda mengonsumsi buah zuriat ini secara rutin dengan cara yang tepat.

Baca Juga: Manfaat Nanas Madu untuk Kesehatan, Miliki Kandungan Nutrisi Beragam!

Cara Mengonsumsi Buah Zuriat

Buah zuriat dari Timur Tengah ini memang banyak diketahui menyimpan sejuta manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Agar bisa memperoleh khasiatnya tersebut, maka sebaiknya mengonsumsi buah zuriat dengan cara yang baik dan benar.

Caranya cukup mudah, Anda tinggal membelah buah tersebut menjadi dua bagian. Setelah itu, Anda bisa merebus buah zuriat tersebut. Dengan mengonsumsi air rebusannya, maka Anda bisa mendapatkan manfaatnya.

Selain itu, cara mengonsumsi buah zuriat lainnya bisa Anda lakukan dengan cara merebus bagian kulit, biji, atau merebus semua bagiannya. Setelah itu, Anda bisa meminum air rebusan buah tersebut.

Jika tidak ingin repot, Anda bisa membeli buah zuriat ini dalam bentuk serbuk. Serbuk buah ini tinggal Anda seduh dengan menggunakan air panas.

Dengan pengolahan yang baik dan benar, Anda akan mendapatkan banyak khasiat dari buah zuriat ini. (R10/HR-Online)

Diskominfo Kota Banjar