Minggu, November 27, 2022
BerandaBerita NasionalKisah Azka Bocah Cianjur, Selamat Usai 3 Hari di Bawah Reruntuhan Material...

Kisah Azka Bocah Cianjur, Selamat Usai 3 Hari di Bawah Reruntuhan Material Rumahnya

harapanrakyat.com,- Azka bocah Cianjur dikabarkan selamat setelah berjuang bertahan hidup di bawah tumpukan material rumahnya selama 3 hari, imbas dari bencana alam gempa bumi magnitudo 5,6 di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, pada Senin (21/11/2022) lalu.

Bernama lengkap Dede Azka, usia 5 tahun. Ia merupakan warga Kampung Rawa Cina, Desa Nagrak, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Saat gempa bumi mengguncang rumahnya seolah ada keajaiban bagi Azka. Tembok rumahnya yang roboh tidak menimpa tubuhnya karena terhalang oleh reruntuhan tembok lain.

Azka pun akhirnya selamat setelah Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasinya dari bawah reruntuhan material bangunan rumahnya, pada Rabu (23/11/2022), pukul 11.15 WIB.

Namun, berbeda dengan nasib ibunya yang sebelumnya telah menghembuskan nafas terakhir. Begitu juga dengan neneknya, hingga kini masih dalam proses pencarian.

Baca Juga: Gubernur Jabar Ikuti Pemakaman dan Doakan Anak Korban Gempa di Cianjur

Azka bocah Cianjur merupakan salah satu dari 151 orang hilang yang masih dalam proses pencarian Tim SAR berdasarkan data dari BNPB beberapa waktu lalu.

Proses Evakuasi Azka Bocah Cianjur

Pada hari Rabu 23 November 2022, sekitar pukul 07.00 WIB, Tim SAR gabungan mendatangi lokasi Desa Nagrak, Kabupaten Cianjur.

Desa tersebut merupakan salah satu desa paling parah terdampak gempa yang masih banyak orang hilang tertimbun reruntuhan bangunan.

Warga sekitar turut mendampingi kedatangan Tim SAR dalam proses pencarian. Salah satunya paman Azka bernama Wahyudin (29).

Ia menunjukan titik lokasi kamar Azka, yang diduga keponakannya itu masih berada di ruangan tersebut saat gempa.

Baca Juga: Peduli Korban Gempa Cianjur, Demokrat Jabar Salurkan Berbagai Bantuan

“Azka biasanya sering istirahat di kamarnya sendiri kalau jam segitu,” terang Wahyudin.

Tanpa berpikir panjang, Tim SAR langsung membobol tembok kamar Azka bocah Cianjur yang tertimbun reruntuhan bangunan bagian lain rumahnya.

Tak lama berselang, ada reruntuhan yang sedikit bergerak. Petugas menduga ada tanda-tanda orang yang membutuhkan pertolongan. Pada saat itu pula, Tim SAR menemukan Azka dalam kondisi terkulai lemas.

Dalam Penanganan Medis di RSUD Cianjur

Tak lama berselang setelah Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasinya, Azka pun langsung dibawa ke RSUD Cianjur menggunakan ambulans untuk mendapatkan penanganan medis.

Paman dan bibinya ikut mengantar Azka ke RSUD. Hingga kini, Azka bocah Cianjur sudah dalam penanganan tim medis. (Aji/R3/HR-Online/Editor-Eva)

Diskominfo Kota Banjar