Sabtu, November 26, 2022
BerandaBerita TerbaruKlub Terpopuler di Asia, Persib Bandung Urutan 3, Kalahkan Persija?

Klub Terpopuler di Asia, Persib Bandung Urutan 3, Kalahkan Persija?

Klub sepak bola dari Jawa Barat, Persib Bandung berhasil masuk tiga besar klub terpopuler di Asia. Ranking tim sepakbola terpopuler tersebut dari Deportes & Finanzas. Persib Bandung menyabet predikat terpopuler untuk bulan Oktober 2022.

Deportes & Finanzas mengeluarkan rilis tersebut pada Selasa, 15 November 2022 melalui Instagram resminya.

Klub sepak bola kebanggaan Bandung ini masuk dalam jajaran paling populer di Asia dalam hal jumlah interaksi di platform Instagram.

Siapa Klub Sepak Bola Terpopuler di Asia?

Menurut data yang Deportes & Finanzas tunjukkan, Persib Bandung memiliki 11,5 juta interaksi pada Oktober 2022 saja.

Angka yang luar biasa ini menjadikan Persib masuk jajaran paling populer di Asia mengalahkan tim sepak bola lainnya.

Klub kebanggaan masyarakat Jawa Barat ini memiliki 6,1 juta pengikut, dan 13,5 ribu pesan di Instagram. Dalam setiap postingannya, Persib kerap mendapat dukungan dari suporter.

Sayangnya ada dua klub lain di atas Persib yang lebih banyak berkomunikasi dengan suporter. Peringkat teratas klub sepak bola terpopuler di Asia adalah Kerala Blasters dari India, dengan 24,7 juta interaksi.

Baca Juga: Duel Liverpool vs Manchester City Liga Inggris Pekan Ini, Laga Penuh Gengsi

Walaupun banyak interaksinya, akan tetapi pengikut Kerala Blasters jauh lebih sedikit hanya 3,2 juta atau hampir setengahnya dari Persib Bandung.

Kerala Blasters sendiri merupakan klub yang berbasis di Kochi, Kerala. Klub ini main untuk Liga Super India.

Selain itu, tim asal India ini tergolong baru, karena didirikan pada 27 Mei 2014. Namun, interaksi Instagram mereka lebih banyak dua kali lipat dari Persib Bandung. Tidak heran menjadikannya nomor satu klub sepak bola terpopuler di Asia.

Bagaimana dengan Persija?

Selain Persib Bandung, ada 1 tim sepak bola Indonesia yang masuk 3 besar sebagai paling populer versi Deportes & Finanzas. Klub tersebut adalah rival abadi Persib, yakni Persija Jakarta, yang menempati urutan kedua.

Tim asal Ibu Kota Indonesia tampaknya sangat sibuk untuk berinteraksi dengan fans-nya. Interaksi mereka di Instagram adalah 13,2 juta, lebih banyak 2 juta dari Maung Bandung.

Persija saat ini memiliki Instagram dengan 3,4 juta pengikut dan 10,3 ribu postingan. Persib dan Persija dikenal sebagai dua klub yang memiliki banyak suporter.

Baca Juga: Hasil Liga Champions Eropa: 5 Tim Lolos Cepat, Barca H2C

Meski Persib merupakan salah satu dari tiga klub terpopuler di Asia setelah Persija dan Kerala Blasters, namun basis suporter Maung Bandung tak bisa dianggap remeh.

Pasalnya, di luar followers dan sosial media mereka, supporter mereka bisa dibilang lebih powerfull. Hal itu disampaikan Direktur Persib Teddy Tjahjono di Youtube Jebreeetmedia TV belum lama ini.

Dia mengklaim Persib memiliki 22 juta penggemar, yang menempatkannya sebagai nomor satu di Asia dan 23 di dunia.

“Jika melihat dari sisi jumlah fans, maka klub kami menjadi terbesar di Indonesia bahkan Asia, dan 23 di dunia,” kata Teddy.

Oleh karena itu, sambung Teddy, bahwa setiap kali Maung bandung bermain, jadwal penayangannya selalu prime time atau jam tayang utama.

Klub sepak bola terpopuler di Asia versi Deportes & Finanzas memang berpatokan pada Instagram. Sedangkan untuk media sosial lainnya seperti Facebook, Persib Bandung tidak kalah hebat. Sampai saat ini akun resmi Persib Bandung memiliki 10 juta lebih pengikut. (Revi/R5/HR-Online/Editor-Adi)

Diskominfo Kota Banjar