Kamis, Februari 2, 2023
BerandaBerita CiamisKobaran Api Hanguskan Dua Rumah di Kawali Ciamis, Diduga Ini Penyebabnya

Kobaran Api Hanguskan Dua Rumah di Kawali Ciamis, Diduga Ini Penyebabnya

harapanrakyat.com,- Kobaran api hanguskan dua unit rumah milik warga Dusun Banjarwaru, Desa/ Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Peristiwa kebakaran tersebut terjadi Selasa (29/11/2022) sekitar pukul 02.00 WIB.

Pantauan HR Online, dua rumah tersebut ludes terbakar dan nyaris rata dengan tanah.

Baca Juga: Kompor Gas Meledak, Rumah Warga Ciamis Ludes Terbakar

Sementara untuk penyebab kebakaran, belum diketahui secara pasti. Namun dugaan sementara, sumber api berasal dari konsleting arus listrik.

Kepala Desa Kawali, Hendriyuana Sunarya membenarkan, adanya bencana korban  kebakaran yang melanda kedua warganya.

Korban adalah Hadimi dan Cucup. Keduanya merupakan warga Dusun Banjarwaru RT 02/08, Desa Kawali.

“Akibat kebakaran tersebut, rumah milik Hadimi nyaris rata dengan tanah. Sedangkan kobaran api yang hanguskan rumah milik Cucup, mengalami kerusakan berat mencapai 50 persen,” katanya kepada HR Online, Selasa (29/11/2022).

Baca Juga: Warung Pom Mini Terbakar di Ciamis, Pemilik Kena Luka Bakar

Lanjut  Hendriyuana menambahkan, berdasarkan dari keterangan korban Cucup, sumber api berasal dari rumah milik Hadimi. Karena jarak rumahnya berdekatan, maka kobaran api menjalar ke rumahnya.

Berbagai upaya untuk memadamkan api telah dilakukan. Akan tetapi, adanya tiupan angin menyebabkan api sulit padam.

“Sehingga rumah milik Hadimi nyaris rata dengan tanah, sedangkan rumah Cucup mengalami rusak berat,” ujarnya.

Atas peristiwa tersebut, pihaknya telah melakukan tindakan berupa laporan, mengevakuasi dan membersihkan lokasi dan pencegahan risiko dampak dari kebakaran.

Hal lainnya meninjau lokasi. Kemudian, melakukan assessment untuk tindak lanjut penanganan yang efisien dan efektif. Pemerintah Desa Kawali juga memberikan paket bantuan kepada korban kebakaran sebagai tindakan penanganan sementara.

“Dugaan sementara kobaran api yang hanguskan dua rumah milik warga itu akibat konsleting arus pendek listrik,” pungkas Hendriyuana. (Dji/R5/HR-Online/Editor-Adi)