Kamis, Februari 2, 2023
BerandaBerita CiamisKPM BLT dan BBM di Kelurahan Ciamis Berikan Bantuan Korban Gempa Cianjur

KPM BLT dan BBM di Kelurahan Ciamis Berikan Bantuan Korban Gempa Cianjur

harapanrakyat.com,- Sejumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT dan juga BBM di Kelurahan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, memberikan bantuan untuk korban gempa bumi Kabupaten Cianjur. Selain itu mereka juga memberikan bantuan buat korban bencana di Ciamis.

Lurah Ciamis, Wahyu GS mengatakan, pengumpulan uang bantuan ini merupakan gagasan dari forum RT/RW, LPM serta Karang Taruna. Ini sebagai bentuk kepedulian dari masyarakat di lingkungan Kelurahan Ciamis.

“Jadi ini inisiatif dari masyarakat, tanpa ada paksaan sama sekali,” katanya, Selasa (29/11/2022).

Menurutnya, bahwa sejumlah KPM BLT dan BBM yang memberikan untuk korban bencana Cianjur dan Ciamis ini tidak ditentukan besarannya.

“Jadi seikhlasnya saja. Karena ini bentuk kepedulian terhadap saudara-saudara kita di Cianjur,” ujarnya.

Baca Juga: Bantuan 61 Koli Pakaian untuk Korban Gempa Cianjur Dikirimkan Pemdes Andapraja Ciamis

Sampai saat ini, sambungnya, bantuan dari masyarakat yang menerima bantuan BLT dan BBM untuk korban gempa Cianjur sudah terkumpul Rp 5.397.500.

Ia menuturkan, bahwa uang sejumlah tersebut berasal dari sebagian penerima BLT dan BBM, dari total yang menerima bantuan sebanyak 970 KPM.

“Tapi itu juga ada yang memberi dan juga ada yang tidak. Karena kami tidak memaksa warga untuk memberikan bantuan. Kita hanya menerima seikhlasnya saja,” tuturnya.

Wahyu mengungkapkan, bantuan tersebut saat ini belum disalurkan. Pasalnya, pihaknya masih menunggu bantuan lagi dari Forum RT/RW, LPM serta Karang Taruna serta masyarakat lainnya, yang ingin membantu korban gempa Cianjur.

“Kalau target itu kita Rp 10 juta untuk bantuan. Jadi kita masih menunggu lagi sisanya, saat ini masih belum terkumpul. Ya mudah-mudahan bisa segera terkumpul,” ungkapnya.

Wahyu berharap, dengan adanya bantuan dari masyarakat di Kelurahan Ciamis untuk para korban gempa Cianjur dan juga bencana di Ciamis ini, bisa sedikit meringankan beban para korban.

“Mudah-mudahan bantuan ini sedikit meringankan beban para korban gempa bumi Cianjur,” pungkasnya. (Ferry/R5/HR-Online/Editor-Adi)