Sabtu, Januari 28, 2023
BerandaBerita JabarLabel Donatur Korban Gempa Cianjur Dicopot, Ini Reaksi Gubernur Jabar

Label Donatur Korban Gempa Cianjur Dicopot, Ini Reaksi Gubernur Jabar

harapanrakyat.com,- Label identitas tenda yang berasal dari donatur korban gempa Cianjur dicopot sejumlah orang. Video pencabutan label tenda tersebut viral di media sosial.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil bereaksi keras terhadap aksi tersebut. Ridwan Kamil menyesalkan pencabutan label identitas di tenda pengungsian Kabupaten Cianjur.

Dalam akun Instagram pribadinya, Ridwan Kamil menegaskan, meski bukan saudara seiman, namun tetap bersaudara dalam kebangsaan dan kemanusiaan.

Ridwan Kamil menilai label sebagai identitas donatur pemberi bantuan di tenda korban gempa Cianjur adalah sesuatu yang wajar.

Pemasangan label tersebut merupakan salah satu bentuk laporan atau pertanggungjawaban kepada donatur yang menitipkan bantuan.

Baca Juga: Trauma Healing, Gubernur Jabar Ajak Anak Korban Gempa Cianjur Bernyanyi

Ridwan Kamil menilai sila kedua Pancasila, Kemanusian yang Adil dan Beradab harus dijunjung dan dipraktekkan.

“Bantuan kemanusiaan tidak boleh ternodai oleh unsur kebencian golongan,” tulis Ridwan Kamil dalam akun Instagramnya, Minggu (27/11/2022).

Apalagi, lanjut Ridwan Kamil, bencana seperti halnya gempa Cianjur tidak pilih-pilih. Semua orang dari golongan manapun terkena dampak gempa di Cianjur.

Begitu juga dengan donatur, pemberi bantuan tersebut juga tidak pilih-pilih dan berasal dari semua golongan tak melihat keyakinan atau agamanya.

Ridwan Kamil juga sudah meminta kepolisian menindak aksi pencabutan label identitas di tenda pengungsian Kabupaten Cianjur.

“Saya meminta kepolisian khususnya Kapolda Jabar untuk menindaklanjuti hal ini, agar tidak terulang kembali,” tutupnya. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)